Sikap Awal Roll Depan Dapat Dilakukan dengan 2 Cara, Yaitu?

Posted on

Roll depan adalah salah satu teknik dasar dalam senam lantai yang sangat penting untuk dikuasai oleh para atlet atau pecinta senam. Untuk melakukan roll depan dengan baik, sikap awal menjadi kunci utama. Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk mengambil sikap awal roll depan yang benar. Simak penjelasan berikut ini:

Cara Pertama: Berdiri dengan Tangan di Atas Kepala

Cara pertama dalam mengambil sikap awal roll depan adalah dengan berdiri tegak dan kedua tangan diangkat ke atas kepala. Pastikan posisi kaki berada pada lebar bahu dan kedua lutut sedikit ditekuk. Kemudian, rentangkan lengan ke atas dan rapatkan telapak tangan di atas kepala.

Setelah itu, tekuk tubuh ke depan dan sentuhkan kedua tangan ke lantai. Pastikan posisi tangan tetap rapat dan kaki tetap berada pada lebar bahu. Kemudian, dorong tubuh ke depan dengan kuat sehingga badan berputar ke depan dan posisi tubuh berada di atas bahu.

Setelah itu, tekuk kedua kaki dan jatuhkan tubuh dengan lembut ke lantai hingga posisi badan berada di atas punggung. Jangan lupa, rapatkan kedua lengan ke samping tubuh dan pandangi langit-langit agar tubuh tetap stabil dan seimbang.

Pos Terkait:  Apa Arti dari AuB dan AnB?

Cara Kedua: Berdiri dengan Tangan di Sisi Tubuh

Cara kedua dalam mengambil sikap awal roll depan adalah dengan berdiri tegak dan kedua tangan di sisi tubuh. Pastikan posisi kaki berada pada lebar bahu dan kedua lutut sedikit ditekuk. Kemudian, tekuk tubuh ke depan dan sentuhkan kedua tangan ke lantai.

Selanjutnya, dorong tubuh ke depan dengan kuat sehingga badan berputar ke depan dan posisi tubuh berada di atas bahu. Setelah itu, tekuk kedua kaki dan jatuhkan tubuh dengan lembut ke lantai hingga posisi badan berada di atas punggung.

Untuk posisi akhir, rapatkan kedua lengan ke samping tubuh dan pandangi langit-langit agar tubuh tetap stabil dan seimbang.

Manfaat Roll Depan

Roll depan memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat dari roll depan:

1. Meningkatkan kekuatan otot dan fleksibilitas tubuh.

2. Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh.

3. Meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan atletik.

4. Membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan mental.

Kesimpulan

Roll depan adalah teknik dasar dalam senam lantai yang sangat penting untuk dikuasai. Untuk melakukan roll depan dengan baik, sikap awal menjadi kunci utama. Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk mengambil sikap awal roll depan, yaitu dengan berdiri dengan tangan di atas kepala atau tangan di sisi tubuh. Selain itu, roll depan juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti meningkatkan kekuatan otot dan fleksibilitas tubuh serta meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan atletik. Oleh karena itu, rajinlah berlatih roll depan agar dapat melakukan teknik ini dengan baik dan memperoleh manfaat yang optimal bagi tubuh.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *