Siapakah Pencipta Lagu Apuse?

Posted on

Lagu Apuse adalah salah satu lagu daerah yang cukup populer di Indonesia. Lagu ini berasal dari daerah Maluku dan memiliki lirik yang cukup menyentuh hati. Namun, siapakah sebenarnya pencipta dari lagu ini? Mari kita simak bersama.

Asal Usul Lagu Apuse

Sebelum membahas siapa pencipta dari lagu Apuse, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu asal usul dari lagu ini. Lagu Apuse berasal dari Bahasa Ambon yang berarti “terbang” atau “terlepas”. Lagu ini menceritakan tentang rindu seseorang kepada kekasihnya yang sudah meninggal dunia.

Lagu Apuse juga sering dinyanyikan pada acara pemakaman atau peringatan hari-hari besar seperti Hari Kemerdekaan. Lagu ini memiliki nada yang sangat khas dan mudah diingat, sehingga banyak orang yang menyukainya.

Siapa Pencipta Lagu Apuse?

Tidak ada satu orang yang dapat dikatakan sebagai pencipta dari lagu Apuse. Lagu ini merupakan lagu rakyat atau lagu tradisional yang telah berusia puluhan bahkan ratusan tahun. Oleh karena itu, sulit untuk menentukan siapa penciptanya dengan pasti.

Pos Terkait:  Apa Tujuan dari Cerita Rakyat?

Namun, ada beberapa sumber yang menyebutkan bahwa lagu Apuse pertama kali dinyanyikan oleh seorang wanita yang bernama Maria Christina Loupatty pada tahun 1950-an. Wanita ini berasal dari Pulau Ambon di Maluku dan memiliki suara yang sangat merdu.

Banyak Yang Mengaransemen Ulang Lagu Apuse

Setelah lagu Apuse menjadi populer, banyak musisi dan penikmat musik yang mengaransemen ulang lagu ini. Beberapa di antaranya adalah grup musik Slank, Andien, dan Tereza.

Tidak hanya itu, lagu Apuse juga sering dibawakan oleh grup musik tradisional seperti Tarian Cakalele dan Tarian Piring. Bahkan, lagu ini pernah menjadi latar belakang musik dalam film Maluku – Tanah Air Beta yang dirilis pada tahun 2016.

Pesan Moral Lagu Apuse

Lagu Apuse memiliki pesan moral yang sangat kuat. Lagu ini mengajarkan kita tentang arti kehilangan dan rindu kepada orang yang kita cintai. Lagu ini juga mengajarkan kita bahwa meskipun seseorang sudah pergi, namun kenangan dan kebaikan yang pernah dilakukan oleh orang tersebut akan selalu terkenang.

Hal ini dapat kita lihat dari salah satu bait dalam lagu Apuse yang berbunyi “jangan kau tangisi lagi, jangan kau ratapi lagi, dia sudah beristirahat di alam baka”. Pesan ini mengajak kita untuk tidak terus meratapi kehilangan seseorang, namun memperingati dan menghargai kenangan yang pernah kita lewati bersama orang tersebut.

Pos Terkait:  3 Proses Pembentukan Urine pada Manusia

Keindahan Lagu Apuse

Lagu Apuse memiliki keindahan yang sangat khas. Lagu ini memiliki nada yang sangat merdu dan lirik yang menyentuh hati. Lagu ini juga memiliki irama yang sangat mudah diingat dan mudah untuk dinyanyikan.

Tidak hanya itu, lagu Apuse juga memiliki keunikan dalam hal penggambaran cerita. Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang rindu kepada kekasihnya yang sudah pergi. Namun, cerita ini digambarkan dengan sangat sederhana dan mudah diingat.

Kesimpulan

Demikianlah artikel mengenai siapa pencipta dari lagu Apuse. Meskipun sulit untuk menentukan siapa penciptanya dengan pasti, namun lagu ini tetap menjadi salah satu lagu daerah yang populer di Indonesia. Lagu Apuse memiliki pesan moral yang kuat dan keindahan yang sangat khas. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kita semua mengenai lagu Apuse.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *