Siapa Istri Ishak dalam Alkitab?

Posted on

Alkitab adalah kitab suci umat Kristen yang berisi tentang sejarah, ajaran, dan petunjuk hidup bagi umat manusia. Salah satu tokoh penting dalam Alkitab adalah Ishak, putra Abraham dan Sara. Ishak memiliki istri yang juga disebut dalam Alkitab, namun siapa sebenarnya istri Ishak dalam Alkitab?

Istilah “Istri Ishak” dalam Alkitab

Sebelum membahas siapa istri Ishak dalam Alkitab, perlu dipahami bahwa dalam Alkitab, istri seseorang sering kali hanya disebut sebagai “istri dari si fulan”. Hal ini terlihat dalam Alkitab pada Kitab Kejadian pasal 24:67 yang menyebutkan “Lalu Ishak membawa perempuan itu ke kemah ibunya Sara dan mengambil perempuan itu menjadi istrinya. Ishak mengasihi perempuan itu, dan dengan begitu ia merasa terhibur setelah kepergian ibunya”.

Dalam ayat tersebut, istri Ishak hanya disebut sebagai “perempuan itu” dan tidak disebutkan namanya. Namun demikian, dari ayat tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa Ishak memiliki istri dan ia sangat mencintainya.

Ibu dari Istri Ishak dalam Alkitab

Untuk mengetahui siapa istri Ishak dalam Alkitab, perlu melihat kisah yang terjadi sebelumnya. Pada Kitab Kejadian pasal 24, dikisahkan bahwa Abraham meminta pelayan terpercaya untuk mencari istri bagi Ishak dari orang-orang keturunan Abraham. Pelayan tersebut menemukan seorang perempuan yang bernama Ribka dan membawanya ke Ishak.

Pos Terkait:  Jelaskan Manfaat Makanan yang Halal dan Baik

Namun, sebelum Ribka dipersembahkan kepada Ishak, pelayan tersebut bertemu dengan keluarga Ribka dan berbicara dengan ibunya. Dalam Kitab Kejadian pasal 24:58 disebutkan, “Lalu mereka memanggil Ribka dan berkata kepadanya: “Apakah engkau mau pergi dengan orang ini?” Jawabnya: “Ya, aku mau pergi.””

Dari ayat tersebut, dapat disimpulkan bahwa ibu dari istri Ishak dalam Alkitab adalah Ribka. Namun, dalam Alkitab tidak disebutkan secara spesifik siapa nama istri Ishak.

Karakteristik Istri Ishak dalam Alkitab

Meskipun tidak disebutkan namanya, istri Ishak dalam Alkitab memiliki beberapa karakteristik yang dapat dipelajari dari kisah yang ada. Pertama, istri Ishak merupakan seorang perempuan yang taat kepada Allah. Dalam Kitab Kejadian pasal 24:50, keluarga Ribka menyatakan bahwa kehendak Allah terlihat dalam pernikahan antara Ishak dan Ribka.

Kedua, istri Ishak juga merupakan seorang perempuan yang cantik. Dalam Kitab Kejadian pasal 24:16 disebutkan bahwa Ribka “sangat cantik parasnya”.

Ketiga, istri Ishak adalah seorang perempuan yang setia dan mencintai suaminya. Dalam Kitab Kejadian pasal 24:67, disebutkan bahwa Ishak sangat mencintai istri barunya dan merasa terhibur setelah kepergian ibunya.

Kesimpulan

Siapa istri Ishak dalam Alkitab? Dari kisah yang ada, dapat disimpulkan bahwa istri Ishak adalah Ribka, namun tidak disebutkan secara spesifik siapa nama istri Ishak. Meskipun begitu, istri Ishak memiliki karakteristik yang patut dicontoh, yaitu taat kepada Allah, cantik, dan setia kepada suaminya.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *