Sholat Jenazah: Doa dan Tata Cara Sholat Jenazah

Posted on

Sholat jenazah adalah salah satu bentuk ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslim ketika ada saudara, teman, atau kerabat yang meninggal dunia. Sholat jenazah merupakan bentuk penghormatan terakhir bagi orang yang telah meninggal dunia dan juga sebagai doa agar Allah SWT mengampuni dosa-dosanya dan memberikan tempat yang baik di akhirat.

Doa-doa dalam Sholat Jenazah

Sebelum memulai tata cara sholat jenazah, ada beberapa doa yang harus dibaca terlebih dahulu. Berikut ini adalah doa-doa yang biasa dibaca dalam sholat jenazah:

1. Takbiratul Ihram

Doa ini dibaca saat memulai sholat jenazah. Takbiratul Ihram adalah doa yang berbunyi “Allahu Akbar” yang artinya Allah Maha Besar.

2. Doa Istiftah

Doa ini dibaca setelah Takbiratul Ihram. Doa ini adalah permohonan agar Allah membuka pintu kebaikan dan menghilangkan segala keburukan. Berikut doa Istiftah:

“Subhanaka Allahumma wa bihamdika wa tabarakasmuka wa ta’ala jadduka wa la ilaha ghairuk”

Artinya, “Maha Suci Engkau Ya Allah, aku memuji-Mu, Mahaberkahlah namamu dan Mahatinggilah kemuliaan-Mu, tidak ada Tuhan selain Engkau.

Pos Terkait:  Mata Kuliah Jurusan Teater: Peluang Karir dan Keahlian yang Diperoleh

3. Doa Tawassul

Doa ini dibaca setelah membaca doa Istiftah. Doa Tawassul adalah permohonan agar Allah memperkenankan segala doa dan hajat kita. Berikut doa Tawassul:

“Allahumma inni as’aluka wa atawajjahu ilaika bismi nabiyyika Muhammad sallallahu ‘alaihi wasallam, ya Muhammad inni qad tawajjahtu bika ila rabbi fi hajati hadzihi lituqda li”

Artinya, “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu, dan aku menghadapkan wajahku kepada-Mu dengan menyebut nama Nabi-Mu Muhammad saw, wahai Muhammad, aku telah memohon kepada-Mu untuk menyampaikan permohonanku kepada Rabbku supaya ia dikabulkan.

4. Doa Ibrahimiyyah

Doa ini dibaca setelah membaca doa Tawassul. Doa Ibrahimiyyah adalah permohonan agar Allah memberikan rahmat dan keberkahan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Berikut doa Ibrahimiyyah:

“Allahumma salli ala muhammadin wa ala ali muhammadin kama sallaita ala ibrahima wa ala ali ibrahima innaka hamidun majid”

Artinya, “Ya Allah, berilah shalawat kepada Nabi Muhammad saw dan keluarganya, sebagaimana Engkau memberikan shalawat kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia.”

Tata Cara Sholat Jenazah

Setelah membaca doa-doa di atas, berikut ini adalah tata cara sholat jenazah:

1. Shaf dan Takbir Pertama

Pos Terkait:  Berapa Ukuran Tiang Bendera?

Langkah pertama dalam sholat jenazah adalah membentuk shaf atau barisan. Setelah itu, bacalah Takbiratul Ihram dan membaca doa Istiftah.

2. Takbir Kedua

Bacalah Takbir kedua dan membaca doa Tawassul.

3. Takbir Ketiga

Bacalah Takbir ketiga dan membaca doa Ibrahimiyyah.

4. Salam dan Doa

Setelah membaca doa Ibrahimiyyah, bacalah salam sebanyak satu kali pada sisi kanan dan satu kali pada sisi kiri. Setelah itu, bacalah doa untuk orang yang meninggal dunia.

Doa untuk Orang yang Meninggal Dunia

Berikut ini adalah doa untuk orang yang meninggal dunia yang dibaca setelah salam dalam sholat jenazah:

“Allahumma ighfir li hayyina wa mayyitina wa shahidina wa gha’ibina wa saghirina wa khabirina wa dhakarina wa untsana. Allahumma man ahyaitahu minna fa ahyihi alal-Islam wa man tawaffaitahu minna fatawaffahu alal-Iman. Allahumma la tahrimna ajrahu wa la tudhilana ba’dahu”

Artinya, “Ya Allah, ampunilah dosa-dosa mereka yang masih hidup dan yang telah meninggal dunia, yang hadir dan yang tidak hadir, yang kecil dan yang besar, yang laki-laki dan yang perempuan. Ya Allah, bagi yang Engkau berikan kesempatan hidup, jagalah dia dalam agama Islam, dan bagi yang Engkau berikan kematian, matikanlah dia dalam keadaan beriman. Ya Allah, janganlah Engkau menghalangi kami untuk menerima pahalanya dan janganlah Engkau menyesatkan kami setelahnya.”

Pos Terkait:  Tuliskan Perkembangan Jasmani pada Masa Remaja

Kesimpulan

Sholat jenazah adalah salah satu bentuk ibadah wajib bagi umat muslim ketika ada saudara, teman, atau kerabat yang meninggal dunia. Sebelum memulai sholat jenazah, ada beberapa doa yang harus dibaca terlebih dahulu seperti Takbiratul Ihram, doa Istiftah, doa Tawassul, dan doa Ibrahimiyyah. Setelah membaca doa-doa tersebut, sholat jenazah dilakukan dengan membentuk shaf dan membaca Takbiratul Ihram, Takbir kedua, Takbir ketiga, salam, dan doa untuk orang yang meninggal dunia. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan menjadi panduan bagi umat muslim dalam melaksanakan sholat jenazah.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *