Sejarah Kelahiran, Tujuan, Bentuk Perjuangan dalam Organisasi

Posted on

Organisasi merupakan kelompok manusia yang terdiri dari beberapa individu yang bertujuan untuk mencapai tujuan bersama. Organisasi dapat dibentuk dalam berbagai bentuk, mulai dari organisasi sosial, organisasi politik, organisasi bisnis, hingga organisasi agama. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang sejarah kelahiran, tujuan, dan bentuk perjuangan dalam organisasi.

Sejarah Kelahiran Organisasi

Organisasi telah ada sejak zaman dahulu kala, bahkan sebelum munculnya peradaban manusia modern. Pada zaman prasejarah, manusia hidup dalam kelompok-kelompok kecil untuk memudahkan dalam mencari makanan dan melindungi diri dari bahaya. Kemudian, pada zaman kuno, organisasi muncul dalam bentuk kerajaan dan negara, yang memiliki tujuan untuk memimpin dan mengatur kehidupan masyarakat.

Pada abad ke-18, organisasi modern mulai berkembang dengan adanya revolusi industri di Eropa. Organisasi bisnis yang besar dan kompleks mulai bermunculan, yang membutuhkan manajemen yang efektif untuk mengelola operasional perusahaan. Selain itu, organisasi-organisasi sosial dan politik juga mulai bermunculan untuk memperjuangkan hak-hak dan kepentingan masyarakat.

Pos Terkait:  Biar Lancar dan Percaya Diri, Lakukan 10 Tips Belajar UTBK Berikut Ini

Tujuan Organisasi

Tujuan dari sebuah organisasi dapat bervariasi tergantung dari jenis organisasi tersebut. Namun, secara umum, tujuan organisasi dapat dibagi menjadi tiga kategori, yaitu:

1. Tujuan Ekonomi

Organisasi dengan tujuan ekonomi bertujuan untuk menciptakan keuntungan finansial bagi anggota atau pemiliknya. Contoh dari organisasi jenis ini adalah perusahaan bisnis atau koperasi.

2. Tujuan Sosial

Organisasi dengan tujuan sosial bertujuan untuk memperjuangkan hak-hak dan kepentingan masyarakat. Contoh dari organisasi jenis ini adalah LSM atau organisasi nirlaba yang bergerak di bidang sosial.

3. Tujuan Politik

Organisasi dengan tujuan politik bertujuan untuk mempengaruhi kebijakan pemerintah atau memperjuangkan suatu ideologi. Contoh dari organisasi jenis ini adalah partai politik atau organisasi politik yang bergerak di bidang advokasi.

Bentuk Perjuangan dalam Organisasi

Organisasi dapat memperjuangkan tujuannya dengan berbagai bentuk perjuangan, mulai dari aksi damai, demonstrasi, hingga tindakan kekerasan. Berikut adalah beberapa bentuk perjuangan dalam organisasi:

1. Aksi Damai

Aksi damai adalah bentuk perjuangan yang dilakukan secara damai, tanpa menggunakan kekerasan. Contoh dari aksi damai adalah aksi unjuk rasa, aksi mogok kerja, atau aksi boikot.

2. Demonstrasi

Demonstrasi adalah bentuk perjuangan yang dilakukan dengan mengumpulkan massa dan melakukan aksi protes di depan publik atau kantor pemerintahan. Demonstrasi dapat dilakukan secara damai atau dengan menggunakan kekerasan.

Pos Terkait:  Titik Pertemuan Antara Kolom dan Baris Disebut?

3. Tindakan Kekerasan

Tindakan kekerasan adalah bentuk perjuangan yang dilakukan dengan menggunakan kekerasan fisik atau ancaman kekerasan. Bentuk perjuangan ini dapat sangat merugikan dan membahayakan masyarakat serta keamanan negara.

Kesimpulan

Organisasi merupakan kelompok manusia yang terdiri dari beberapa individu yang bertujuan untuk mencapai tujuan bersama. Tujuan dari sebuah organisasi dapat bervariasi tergantung dari jenis organisasi tersebut, namun secara umum dapat dibagi menjadi tiga kategori, yaitu tujuan ekonomi, tujuan sosial, dan tujuan politik. Organisasi dapat memperjuangkan tujuannya dengan berbagai bentuk perjuangan, mulai dari aksi damai, demonstrasi, hingga tindakan kekerasan. Sebagai anggota organisasi, kita harus memperhatikan etika dan moral dalam berperjuangan demi tujuan organisasi yang diinginkan.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *