Sederhanakan Operasi Aljabar Berikut Ini: a. y3 × 2y7 × (3y)2

Posted on

Aljabar adalah salah satu cabang matematika yang mempelajari tentang bilangan dan variabel. Operasi aljabar seperti perkalian dan pembagian dapat dilakukan pada variabel seperti y, x, atau z. Namun, seringkali operasi aljabar dapat menjadi rumit dan membingungkan.

Sederhanakan operasi aljabar berikut ini: a. y3 × 2y7 × (3y)2. Untuk melakukan operasi ini, kita perlu menggunakan beberapa aturan aljabar dasar.

Aturan Aljabar Dasar

1. Aturan perkalian: a × b = ab

2. Aturan pangkat: a^n × a^m = a^(n+m)

3. Aturan perkalian pangkat: (ab)^n = a^n × b^n

4. Aturan pembagian: a/b = a × 1/b

Sederhanakan Operasi Aljabar

Pertama-tama, kita perlu menghitung y3 × 2y7. Menggunakan aturan perkalian pangkat, kita dapat mengubah operasi ini menjadi (y^3 × 2y^7) = (y^3 × y^7 × 2) = 2y^(3+7) = 2y^10.

Selanjutnya, kita perlu menghitung (3y)2. Menggunakan aturan pangkat, kita dapat mengubah operasi ini menjadi (3y)^2 = 3^2 × y^2 = 9y^2.

Setelah itu, kita perlu menggabungkan hasil dari kedua operasi tersebut. Kita dapat menggabungkan 2y^10 dan 9y^2 dengan menggunakan aturan perkalian, sehingga menjadi 18y^12.

Kesimpulan

Jadi, hasil dari sederhanakan operasi aljabar berikut ini: a. y3 × 2y7 × (3y)2 adalah 18y^12. Dengan menggunakan aturan aljabar dasar seperti aturan perkalian, pangkat, dan pembagian, kita dapat menyederhanakan operasi aljabar yang rumit dan membingungkan.

Pos Terkait:  Langkah Mengukir pada Kayu: Tips dan Trik untuk Pemula

Memahami aturan aljabar dasar sangat penting dalam mempelajari aljabar. Dengan menguasai aturan aljabar dasar, kita dapat menyelesaikan berbagai masalah aljabar dengan mudah dan efisien.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *