Sebutkan Tugas Hakim Garis dalam Permainan Sepak Bola

Posted on

Pengertian Hakim Garis

Hakim garis atau sering disebut sebagai assistant referee adalah seorang wasit tambahan yang berada di luar lapangan. Tugasnya adalah untuk membantu wasit utama dalam memimpin jalannya pertandingan sepak bola.

Tugas Hakim Garis

Sebagai wasit tambahan, berikut ini adalah tugas-tugas yang harus dilakukan oleh seorang hakim garis dalam permainan sepak bola:

1. Memantau Offside

Tugas utama seorang hakim garis adalah memantau posisi pemain saat terjadi serangan yang berbahaya. Salah satu yang harus diperhatikan adalah posisi offside. Hakim garis harus memastikan bahwa pemain yang menerima umpan tidak berada dalam posisi offside saat umpan tersebut dilakukan.

2. Mengambil Keputusan

Hakim garis juga memiliki hak untuk memberikan keputusan dalam pertandingan. Jika wasit utama tidak yakin atau tidak melihat suatu pelanggaran, hakim garis dapat memberikan saran atau memberikan keputusan yang diperlukan.

3. Memastikan Bola Keluar

Ketika bola melewati garis lapangan, hakim garis harus memastikan apakah bola benar-benar keluar atau masih berada di dalam lapangan. Jika bola sudah keluar, maka hakim garis harus memberikan tanda kepada wasit utama untuk memberikan tendangan sudut atau tendangan gawang.

Pos Terkait:  Arti Kata Binasa: Pentingnya Mengetahui Makna Kata Ini

4. Menunjukkan Tanda

Hakim garis harus menunjukkan tanda kepada wasit utama ketika terjadi suatu pelanggaran atau keputusan yang harus diambil. Hal ini bertujuan untuk membantu wasit utama dalam mengambil keputusan yang tepat.

5. Mengawasi Pergantian Pemain

Sebelum pemain melakukan pergantian, hakim garis harus memastikan bahwa pergantian tersebut dilakukan dengan benar. Pemain yang akan diganti harus keluar dari lapangan terlebih dahulu sebelum pemain pengganti masuk ke dalam lapangan.

6. Menjaga Ketertiban

Hakim garis juga harus menjaga ketertiban di dalam lapangan. Jika ada pemain yang melakukan pelanggaran atau perilaku yang tidak sportif, hakim garis harus memberikan saran kepada wasit utama untuk memberikan sanksi yang diperlukan.

7. Memberikan Informasi

Hakim garis harus memberikan informasi kepada wasit utama apabila terjadi suatu hal yang tidak terlihat oleh wasit utama. Misalnya, ketika bola memantul di tiang gawang atau memantul di atas garis gawang.

Kesimpulan

Dalam permainan sepak bola, hakim garis memiliki tugas yang sangat penting dalam membantu wasit utama dalam memimpin jalannya pertandingan. Tugas-tugas yang dilakukan oleh hakim garis antara lain memantau offside, mengambil keputusan, memastikan bola keluar, menunjukkan tanda, mengawasi pergantian pemain, menjaga ketertiban, dan memberikan informasi. Dengan bekerja sama, wasit utama dan hakim garis dapat memastikan jalannya pertandingan sepak bola yang fair dan sportif.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *