Sebutkan Tahapan Gerakan Lengan pada Renang Gaya Dada

Posted on

Pendahuluan

Renang gaya dada adalah salah satu jenis olahraga air yang sangat populer di seluruh dunia. Gaya dada dapat dilakukan oleh siapa saja, baik itu anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Gaya dada juga merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, karena dapat melatih otot-otot tubuh secara menyeluruh.Gerakan lengan pada renang gaya dada sangat penting untuk dikuasai, karena lengan merupakan salah satu bagian tubuh yang paling aktif digunakan saat melakukan gerakan renang. Pada artikel ini, kami akan membahas secara rinci tentang tahapan gerakan lengan pada renang gaya dada.

Tahap Pertama: Posisi Awal

Tahap pertama pada gerakan lengan pada renang gaya dada adalah posisi awal. Pada tahap ini, tubuh berada dalam posisi tengkurap dengan kedua lengan ditekuk ke samping tubuh. Kedua tangan berada di bawah air dengan posisi telapak tangan menghadap ke bawah.

Tahap Kedua: Gerakan Membuka Lengan

Tahap kedua pada gerakan lengan pada renang gaya dada adalah gerakan membuka lengan. Pada tahap ini, kedua lengan dibuka ke samping tubuh secara bersamaan dengan telapak tangan yang menghadap ke samping. Gerakan ini dilakukan dengan kuat dan tegas untuk memberikan dorongan pada tubuh.

Pos Terkait:  Peran dan Tanggung Jawab Anggota Organisasi Menjadi Kontributor yang Bertanggung Jawab dalam Mencapai Tujuan Bersama

Tahap Ketiga: Gerakan Menarik Lengan

Tahap ketiga pada gerakan lengan pada renang gaya dada adalah gerakan menarik lengan. Pada tahap ini, kedua lengan ditarik ke depan tubuh dengan posisi telapak tangan yang masih menghadap ke samping. Gerakan ini dilakukan dengan lembut dan perlahan untuk menghindari terjadinya cedera pada tubuh.

Tahap Keempat: Gerakan Menutup Lengan

Tahap keempat pada gerakan lengan pada renang gaya dada adalah gerakan menutup lengan. Pada tahap ini, kedua lengan ditekuk ke depan tubuh dengan telapak tangan yang menghadap ke samping. Gerakan ini dilakukan dengan kuat dan tegas untuk memberikan dorongan pada tubuh.

Tahap Kelima: Gerakan Mendorong Lengan

Tahap kelima pada gerakan lengan pada renang gaya dada adalah gerakan mendorong lengan. Pada tahap ini, kedua lengan ditekuk ke samping tubuh dengan posisi telapak tangan yang menghadap ke bawah. Gerakan ini dilakukan dengan kuat dan tegas untuk memberikan dorongan pada tubuh.

Tahap Keenam: Gerakan Kembali ke Posisi Awal

Tahap keenam pada gerakan lengan pada renang gaya dada adalah gerakan kembali ke posisi awal. Pada tahap ini, kedua lengan kembali ditekuk ke samping tubuh dengan telapak tangan yang menghadap ke bawah. Gerakan ini dilakukan dengan lembut dan perlahan untuk menghindari terjadinya cedera pada tubuh.

Pos Terkait:  Pengertian Website: Apa Itu Website?

Kesimpulan

Itulah tahapan gerakan lengan pada renang gaya dada. Dengan menguasai gerakan lengan ini, Anda akan bisa melakukan renang gaya dada dengan lebih baik dan efektif. Namun, perlu diingat bahwa latihan yang teratur dan konsisten sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan berenang Anda. Selamat berlatih dan semoga berhasil!

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *