Sebutkan Fungsi Beriman kepada Qada dan Qadar

Posted on

Beriman kepada qada dan qadar adalah salah satu rukun iman yang harus dipercayai oleh setiap muslim. Qada dan qadar adalah dua konsep yang berkaitan dengan kepercayaan bahwa Allah SWT yang telah menentukan segala sesuatu yang terjadi di dunia ini, termasuk takdir manusia. Berikut ini adalah beberapa fungsi beriman kepada qada dan qadar.

1. Meningkatkan Keimanan Kita

Kepercayaan pada qada dan qadar dapat membantu meningkatkan keimanan kita pada Allah SWT. Kita percaya bahwa Allah SWT telah mengetahui segala sesuatu yang terjadi di dunia ini, dan bahwa Dia adalah yang mengatur segala sesuatu dengan sebaik-baiknya. Hal ini membuat kita merasa yakin dan tenang dalam menghadapi segala situasi yang mungkin terjadi dalam hidup kita. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman:

“Dan kami telah menjadikan langit sebagai atap yang dilindungi, dan mereka tetap tidak beriman kepada tanda-tanda kekuasaan Allah.”
(QS Al-Anbiya: 32)

2. Menenangkan Hati dan Pikiran

Beriman kepada qada dan qadar juga dapat membantu menenangkan hati dan pikiran kita. Kita tahu bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini telah ditentukan oleh Allah SWT, dan bahwa Dia akan memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya. Kita tidak perlu khawatir atau takut terhadap apa yang mungkin terjadi, karena kita percaya bahwa Allah SWT selalu menyertai kita dalam segala situasi. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman:

“Tidak ada suatu bencana pun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri, melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah, supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira dengan karunia yang diberikan-Nya kepada kamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri.”
(QS Al-Hadid:22-23)

3. Menumbuhkan Rasa Syukur

Beriman kepada qada dan qadar juga dapat menumbuhkan rasa syukur kita kepada Allah SWT. Kita tahu bahwa segala sesuatu yang kita miliki, baik itu kebahagiaan maupun kesedihan, adalah karunia dari Allah SWT. Kita harus selalu bersyukur atas segala yang telah diberikan oleh Allah SWT dan mengambil hikmah dari segala kesulitan yang kita hadapi. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman:

Pos Terkait:  Bagaimanakah Cara Menghitung Volume Batu?

Dan karena sesungguhnya Kami telah menunjukkan jalan (yang benar) kepadanya, baik bersyukur ataukah tidak bersyukur (terhadap nikmat Kami), niscaya sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu), lagi Maha Terpuji.
(QS Al-Insan: 3)

4. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Kepercayaan pada qada dan qadar juga dapat menumbuhkan rasa percaya diri kita. Kita tahu bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini telah ditentukan oleh Allah SWT, dan bahwa Dia selalu memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya. Kita tidak perlu merasa takut atau khawatir dalam menghadapi segala situasi, karena kita percaya bahwa Allah SWT akan senantiasa menyertai kita dan memberikan yang terbaik bagi kita. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman:

“Orang-orang yang beriman dan selalu bertawakkal kepada Allah, niscaya Allah akan memberi petunjuk ke jalan yang lurus bagi mereka.”
(QS Al-Talaq: 2-3)

5. Membantu Menjaga Keseimbangan Hidup

Beriman kepada qada dan qadar juga dapat membantu menjaga keseimbangan hidup kita. Kita tahu bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini telah ditentukan oleh Allah SWT, dan bahwa Dia selalu memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya. Kita tidak perlu merasa terlalu senang atau terlalu sedih dalam menghadapi segala situasi, karena kita percaya bahwa segala sesuatu yang terjadi adalah bagian dari rencana Allah SWT. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman:

“Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan suatu ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.
(QS Al-Talaq: 3)

6. Membantu Menjaga Kesehatan Mental

Beriman kepada qada dan qadar juga dapat membantu menjaga kesehatan mental kita. Kita tahu bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini telah ditentukan oleh Allah SWT, dan bahwa Dia selalu memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya. Kita tidak perlu merasa khawatir atau takut dalam menghadapi segala situasi, karena kita percaya bahwa Allah SWT selalu menyertai kita dan memberikan yang terbaik bagi kita. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman:

“Sesungguhnya Allah selalu bersama orang-orang yang sabar.”
(QS Al-Baqarah: 153)

7. Membantu Menjaga Kebersamaan dan Persatuan

Beriman kepada qada dan qadar juga dapat membantu menjaga kebersamaan dan persatuan. Kita tahu bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini telah ditentukan oleh Allah SWT, dan bahwa Dia selalu memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya. Kita harus belajar untuk menerima segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita, dan menghargai perbedaan yang ada di antara kita. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman:

Pos Terkait:  Mengapa Seorang Hamba Harus Memiliki Rasa Cinta kepada Allah SWT

“Dan jika Allah menghendaki, niscaya kamu sekalian adalah satu umat (saja), tetapi Allah menyesatkan siapa yang Dia kehendaki dan memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan sesungguhnya kamu pasti akan ditanya tentang apa yang telah kamu kerjakan.”
(QS Al-Nahl: 93)

8. Menumbuhkan Rasa Kepedulian terhadap Sesama

Beriman kepada qada dan qadar juga dapat menumbuhkan rasa peduli kita terhadap sesama. Kita tahu bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini telah ditentukan oleh Allah SWT, dan bahwa Dia selalu memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya. Kita harus belajar untuk menghargai keberadaan sesama kita, dan membantu mereka dalam menghadapi segala situasi yang sulit. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman:

“Dan berbuat baiklah, sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.”
(QS Al-Baqarah: 195)

9. Membantu Menjaga Kejujuran dan Ketulusan

Beriman kepada qada dan qadar juga dapat membantu menjaga kejujuran dan ketulusan kita. Kita tahu bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini telah ditentukan oleh Allah SWT, dan bahwa Dia selalu memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya. Kita harus belajar untuk jujur dan tulus dalam segala situasi, karena kita percaya bahwa Allah SWT senantiasa menyertai kita dan akan memberikan yang terbaik bagi kita. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman:

“Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan sombong. Sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan kamu sekali-kali tidak akan sampai setinggi gunung.”
(QS Al-Isra: 37)

10. Menumbuhkan Rasa Keadilan

Beriman kepada qada dan qadar juga dapat menumbuhkan rasa keadilan kita. Kita tahu bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini telah ditentukan oleh Allah SWT, dan bahwa Dia selalu memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya. Kita harus belajar untuk adil dalam segala situasi, dan menghargai hak-hak sesama kita. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman:

“Dan janganlah kamu memutuskan perkara dengan tidak adil. Dan janganlah kamu memihak kepada pihak yang zalim.”
(QS Al-Maidah: 8)

11. Menumbuhkan Rasa Tanggung Jawab

Beriman kepada qada dan qadar juga dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab kita. Kita tahu bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini telah ditentukan oleh Allah SWT, dan bahwa Dia selalu memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya. Kita harus belajar untuk bertanggung jawab atas segala sesuatu yang kita lakukan, karena kita percaya bahwa Allah SWT senantiasa memperhatikan segala tindakan kita. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman:

Pos Terkait:  Bagaimana Perbedaan Sumber Daya Alam Dapat Mendorong Perdagangan Internasional

“Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.”
(QS Al-Rad: 11)

12. Membantu Menjaga Kebersihan Hati

Beriman kepada qada dan qadar juga dapat membantu menjaga kebersihan hati kita. Kita tahu bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini telah ditentukan oleh Allah SWT, dan bahwa Dia selalu memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya. Kita harus belajar untuk menjaga hati kita dari segala macam keburukan, dan selalu mengisi hati kita dengan kebaikan. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman:

“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya itu akan dimintai pertanggungan jawabnya.”
(QS Al-Isra: 36)

13. Membantu Menjaga Kesehatan Fisik

Beriman kepada qada dan qadar juga dapat membantu menjaga kesehatan fisik kita. Kita tahu bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini telah ditentukan oleh Allah SWT, dan bahwa Dia selalu memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya. Kita harus belajar untuk menjaga kesehatan kita dengan baik, dan menghindari segala macam penyakit yang dapat merugikan tubuh kita. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman:

“Dan makanlah dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu, yakni rezeki yang halal lagi baik, dan bersyukurlah kepada Allah, jika kamu benar-benar hanya kepada-Nya menyembah.”
(QS Al-Nahl: 114)

14. Membantu Menjaga Keseimbangan dalam Hidup

Beriman kepada qada dan qadar juga dapat membantu menjaga keseimbangan dalam hidup kita. Kita tahu bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini telah ditentukan oleh Allah SWT, dan bahwa Dia selalu memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya. Kita harus belajar untuk menjaga keseimbangan dalam hidup kita, dan tidak terlalu berlebihan dalam segala hal. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman:

“Dan janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul-Nya, dan janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui.”
(QS Al-Anfal: 27)

15. Menumbuhkan Rasa Cinta kepada Allah SWT

Beriman kepada

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *