Sebutkan Contoh Struktur Narasi (Orientasi, Komplikasi, Resolusi)

Posted on

Struktur narasi adalah susunan dari sebuah cerita yang terdiri dari tiga bagian utama, yaitu orientasi, komplikasi, dan resolusi. Dalam narasi, orientasi digunakan untuk memperkenalkan latar belakang cerita dan tokoh-tokoh yang terlibat di dalamnya. Sedangkan, komplikasi digunakan untuk menyajikan masalah utama dalam cerita. Terakhir, resolusi digunakan untuk menyelesaikan masalah yang ada dalam cerita.

Contoh Struktur Narasi 1: Cinderella

Orientasi dalam cerita Cinderella dimulai dengan memperkenalkan latar belakang Cinderella yang tinggal bersama dengan ibu tiri dan saudara-saudaranya yang jahat. Cinderella adalah seorang gadis muda yang baik hati dan selalu sabar dalam menghadapi perlakuan buruk dari keluarganya. Pada suatu hari, kerajaan mengadakan pesta tari yang dihadiri oleh semua gadis di kerajaan, termasuk Cinderella.

Komplikasi dalam cerita Cinderella dimulai ketika Cinderella dilarang untuk pergi ke pesta oleh ibu tirinya. Namun, dengan bantuan peri, Cinderella dapat pergi ke pesta meski hanya untuk beberapa jam. Di pesta, Cinderella bertemu dengan pangeran dan jatuh cinta pada pandangan pertama. Namun, ketika jam menunjukkan pukul 12 malam, Cinderella harus segera pulang karena mantra peri akan habis.

Resolusi dalam cerita Cinderella dimulai ketika pangeran mencari Cinderella yang kehilangan sepatunya di pesta tari. Pangeran memerintahkan semua gadis di kerajaan untuk mencoba sepatu Cinderella. Ketika sampai ke rumah Cinderella, saudara-saudaranya mencoba sepatu tersebut, namun tidak berhasil. Akhirnya, Cinderella mencoba sepatu tersebut dan cocok. Pangeran pun mengetahui bahwa Cinderella adalah wanita yang dicarinya dan mereka hidup bahagia selamanya.

Contoh Struktur Narasi 2: Harry Potter

Orientasi dalam cerita Harry Potter dimulai dengan memperkenalkan latar belakang Harry yang tinggal bersama dengan keluarga Dursley yang membencinya. Harry adalah seorang anak yatim piatu yang mengetahui bahwa ia adalah seorang penyihir setelah menerima surat dari Hogwarts School of Witchcraft and Wizardry. Harry kemudian berangkat ke Hogwarts untuk belajar sihir.

Komplikasi dalam cerita Harry Potter dimulai ketika Harry mengetahui bahwa ia adalah seorang penyihir yang terkenal di dunia sihir. Harry juga mengetahui bahwa ia harus menghadapi Lord Voldemort, penyihir jahat yang ingin membunuhnya. Harry kemudian berteman dengan Ron dan Hermione, dan mereka berusaha untuk menghadapi tantangan-tantangan yang ada di Hogwarts.

Pos Terkait:  Apa Perbedaan WC Toilet dan Kamar Mandi?

Resolusi dalam cerita Harry Potter dimulai ketika Harry dan kawan-kawannya berhasil mengalahkan Voldemort dan menyelamatkan dunia sihir dari kejatuhan. Harry dan Ginny akhirnya menikah dan memiliki tiga anak. Mereka hidup bahagia selamanya.

Contoh Struktur Narasi 3: The Lion King

Orientasi dalam cerita The Lion King dimulai dengan memperkenalkan latar belakang Simba, seekor singa muda yang merupakan pewaris tahta kerajaan Pride Lands. Simba adalah anak dari Mufasa, raja dari Pride Lands. Namun, setelah Mufasa dibunuh oleh Scar, pamannya, Simba melarikan diri dari Pride Lands dan hidup sebagai penjaga hutan bersama dengan teman-temannya, Timon dan Pumbaa.

Komplikasi dalam cerita The Lion King dimulai ketika Simba bertemu dengan Nala, teman masa kecilnya yang memberitahunya bahwa Pride Lands dalam keadaan yang buruk karena Scar telah mengambil alih tahta. Simba kemudian memutuskan untuk kembali ke Pride Lands dan mengambil alih tahta dari Scar.

Resolusi dalam cerita The Lion King dimulai ketika Simba berhasil mengalahkan Scar dan mengembalikan kejayaan Pride Lands. Simba kemudian menjadi raja dari Pride Lands dan hidup bahagia bersama dengan keluarganya.

Contoh Struktur Narasi 4: Beauty and The Beast

Orientasi dalam cerita Beauty and The Beast dimulai dengan memperkenalkan latar belakang Belle, seorang gadis muda yang tinggal di sebuah desa kecil di Prancis. Belle adalah seorang gadis yang pintar dan suka membaca buku. Pada suatu hari, ayah Belle terperangkap di istana milik Beast karena mencuri mawar untuk Belle.

Komplikasi dalam cerita Beauty and The Beast dimulai ketika Belle memutuskan untuk menukar dirinya dengan ayahnya agar ayahnya bisa bebas. Belle kemudian tinggal di istana milik Beast dan berteman dengan para pelayan yang telah diubah menjadi benda oleh kutukan penyihir. Belle kemudian menemukan bahwa Beast sebenarnya adalah seorang pangeran yang telah dikutuk menjadi monster oleh penyihir.

Resolusi dalam cerita Beauty and The Beast dimulai ketika Belle berhasil mencintai Beast dan memecahkan kutukan penyihir. Beast kembali menjadi pangeran dan Belle menjadi ratu dari istana mereka. Mereka hidup bahagia selamanya.

Contoh Struktur Narasi 5: Aladdin

Orientasi dalam cerita Aladdin dimulai dengan memperkenalkan latar belakang Aladdin, seorang anak jalanan yang tinggal di Agrabah. Aladdin adalah seorang anak yang cerdik dan selalu mencari cara untuk bertahan hidup. Pada suatu hari, Aladdin bertemu dengan Jasmine, putri dari Sultan Agrabah, dan jatuh cinta padanya.

Pos Terkait:  Arti Kata Didistribusikan: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

Komplikasi dalam cerita Aladdin dimulai ketika Aladdin bertemu dengan Jafar, penasihat Sultan yang jahat. Jafar ingin mengambil alih tahta Sultan dan memerintah Agrabah. Jafar kemudian menemukan lampu ajaib yang dapat memenuhi semua keinginan. Namun, lampu tersebut hanya dapat diambil oleh orang yang layak dan jujur.

Resolusi dalam cerita Aladdin dimulai ketika Aladdin berhasil mengambil lampu ajaib dan meminta untuk menjadi seorang pangeran yang kaya. Aladdin kemudian menggunakan kekayaannya untuk membantu orang-orang miskin di Agrabah dan memenangkan hati Jasmine. Aladdin juga berhasil mengalahkan Jafar dan menyelamatkan Agrabah dari kehancuran.

Contoh Struktur Narasi 6: Snow White and The Seven Dwarfs

Orientasi dalam cerita Snow White and The Seven Dwarfs dimulai dengan memperkenalkan latar belakang Snow White, seorang putri yang memiliki kulit putih seperti salju dan bibir merah seperti darah. Snow White tinggal bersama dengan ibu tirinya yang jahat. Ibu tirinya cemburu pada Snow White karena Snow White lebih cantik darinya.

Komplikasi dalam cerita Snow White and The Seven Dwarfs dimulai ketika ibu tirinya ingin membunuh Snow White karena ia ingin menjadi wanita tercantik di kerajaan. Snow White melarikan diri ke hutan dan bertemu dengan tujuh kurcaci yang membantunya. Namun, ibu tirinya tidak menyerah dan mencoba membunuh Snow White lagi dengan menyamar sebagai seorang pengemis dan memberikan apel beracun pada Snow White.

Resolusi dalam cerita Snow White and The Seven Dwarfs dimulai ketika Snow White jatuh tertidur karena memakan apel beracun. Kurcaci kemudian menyelamatkan Snow White dan membawanya ke kastil di mana ia dijaga oleh pangeran yang jatuh cinta padanya. Pangeran berhasil membangunkan Snow White dengan ciuman cinta dan mereka hidup bahagia selamanya.

Contoh Struktur Narasi 7: Rapunzel

Orientasi dalam cerita Rapunzel dimulai dengan memperkenalkan latar belakang Rapunzel, seorang putri yang dikurung di menara oleh iblis yang menjadikan dia sebagai anak angkat. Rapunzel memiliki rambut yang panjang dan indah, yang menjadi sumber kekuatan iblis tersebut. Rapunzel bercita-cita untuk bisa melihat dunia luar.

Komplikasi dalam cerita Rapunzel dimulai ketika seorang pangeran lewat di dekat menara tersebut dan mendengar suara Rapunzel yang sedang bernyanyi. Pangeran kemudian memanjat menara untuk bertemu dengan Rapunzel dan mereka jatuh cinta. Namun, iblis yang mengurung Rapunzel tidak setuju dengan hubungan mereka dan mencoba menghalangi mereka.

Resolusi dalam cerita Rapunzel dimulai ketika Rapunzel dan pangeran berhasil melarikan diri dari menara dan menghadapi iblis. Pangeran kemudian berhasil mengalahkan iblis dan Rapunzel menjadi bebas. Mereka hidup bahagia selamanya.

Pos Terkait:  Apa Akibat Jika Kita Tidak Melestarikan Kebudayaan Daerah?

Contoh Struktur Narasi 8: Sleeping Beauty

Orientasi dalam cerita Sleeping Beauty dimulai dengan memperkenalkan latar belakang Princess Aurora, seorang putri yang lahir dengan kutukan yang menyatakan bahwa ia akan tertidur selama seratus tahun pada usia enam belas tahunnya. Kutukan tersebut diberikan oleh Maleficent, penyihir jahat yang tidak diundang dalam pesta perayaan kelahiran Aurora.

Komplikasi dalam cerita Sleeping Beauty dimulai ketika Aurora bertemu dengan pangeran yang jatuh cinta padanya. Namun, Maleficent mencoba menghalangi hubungan mereka dan mencoba membunuh Aurora. Pangeran kemudian berhasil mengalahkan Maleficent dan Aurora tertidur selama seratus tahun.

Resolusi dalam cerita Sleeping Beauty dimulai ketika pangeran berhasil membangunkan Aurora dengan ciuman cinta. Aurora dan pangeran kemudian menikah dan hidup bahagia selamanya.

Contoh Struktur Narasi 9: The Little Mermaid

Orientasi dalam cerita The Little Mermaid dimulai dengan memperkenalkan latar belakang Ariel, seorang putri duyung yang tinggal di bawah laut. Ariel sangat tertarik dengan dunia manusia dan ingin menjadi manusia. Pada suatu hari, Ariel menyelamatkan seorang pangeran yang hampir tenggelam dan jatuh cinta padanya.

Komplikasi dalam cerita The Little Mermaid dimulai ketika Ariel ingin menjadi manusia dan meminta bantuan kepada penyihir laut. Penyihir laut kemudian memberikan Ariel sepasang kaki, namun dengan syarat bahwa Ariel harus memberikan suaranya yang indah sebagai gantinya. Ariel kemudian menjadi manusia dan bertemu dengan pangeran, namun tidak bisa berbicara.

Resolusi dalam cerita The Little Mermaid dimulai ketika Ariel berhasil mengalahkan penyihir laut dan mendapatkan suaranya kembali. Ariel dan pangeran kemudian menikah dan hidup bahagia selamanya.

Contoh Struktur Narasi 10: Mulan

Orientasi dalam cerita Mulan dimulai dengan memperkenalkan latar belakang Mulan, seorang gadis muda yang tinggal di China pada zaman Dinasti Tang. Mulan adalah anak perempuan dari seorang prajurit yang terkenal di China. Pada suatu hari, pasukan China dipanggil untuk melawan bangsa Hun yang ingin menyerang China.

Komplikasi dalam cerita Mulan dimulai ketika ayah Mulan terluka parah dan tidak bisa ikut berperang. Mulan kemudian memutuskan untuk menyamar menjadi seorang pria dan bergabung dengan pasukan China. Mulan berteman dengan Mushu, seekor naga kecil yang menjadi penasehatnya.

Resolusi dalam cerita Mulan dimulai ketika Mulan berhasil mengalahkan pemimpin bangsa Hun dan menyelamatkan China dari kehancuran. Mulan kemudian kembali ke rumah dan

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *