Sebutkan Bentuk-bentuk Latihan Senam Lantai

Posted on

Selamat datang di artikel kami tentang bentuk-bentuk latihan senam lantai. Senam lantai adalah salah satu olahraga yang mengandalkan gerakan tubuh yang fleksibel dan lincah. Berbagai macam gerakan senam lantai dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan.

1. Gerakan Jalan di Tempat

Gerakan jalan di tempat adalah salah satu gerakan senam lantai yang paling sederhana namun sangat efektif. Gerakan ini melibatkan gerakan kaki sambil berdiri di tempat. Gerakan ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan membakar kalori. Lakukan gerakan ini selama 5-10 menit sebagai pemanasan sebelum melakukan gerakan senam lantai lainnya.

2. Gerakan Plank

Gerakan plank adalah gerakan senam lantai yang melibatkan posisi tubuh seperti plank atau papan. Gerakan ini dapat membantu meningkatkan kekuatan otot inti dan membakar kalori. Lakukan gerakan plank selama 30-60 detik, dan ulangi beberapa kali.

3. Gerakan Sit Up

Gerakan sit up adalah gerakan senam lantai yang melibatkan gerakan tubuh berulang kali dari posisi tidur terlentang ke posisi duduk. Gerakan ini dapat membantu membentuk otot perut dan meningkatkan kekuatan inti. Lakukan gerakan sit up sebanyak 10-20 kali, dan ulangi beberapa kali.

4. Gerakan Push Up

Gerakan push up adalah gerakan senam lantai yang melibatkan posisi tubuh seperti push up atau jongkok. Gerakan ini dapat membantu meningkatkan kekuatan otot lengan, dada, dan punggung. Lakukan gerakan push up sebanyak 10-20 kali, dan ulangi beberapa kali.

5. Gerakan Split

Gerakan split adalah gerakan senam lantai yang melibatkan posisi tubuh seperti split atau terbelah. Gerakan ini dapat membantu meningkatkan kelenturan dan kekuatan otot kaki. Lakukan gerakan split selama 30-60 detik, dan ulangi beberapa kali.

6. Gerakan Bridge

Gerakan bridge adalah gerakan senam lantai yang melibatkan posisi tubuh seperti jembatan. Gerakan ini dapat membantu meningkatkan kekuatan otot punggung dan kaki. Lakukan gerakan bridge selama 30-60 detik, dan ulangi beberapa kali.

Pos Terkait:  Pengertian Bahasa: Apa Itu Bahasa dan Mengapa Penting untuk Dipelajari

7. Gerakan Superman

Gerakan superman adalah gerakan senam lantai yang melibatkan posisi tubuh seperti superhero. Gerakan ini dapat membantu meningkatkan kekuatan otot punggung dan bahu. Lakukan gerakan superman selama 30-60 detik, dan ulangi beberapa kali.

8. Gerakan Leg Lift

Gerakan leg lift adalah gerakan senam lantai yang melibatkan gerakan kaki dari posisi tidur terlentang ke posisi tegak lurus. Gerakan ini dapat membantu meningkatkan kekuatan otot perut dan kaki. Lakukan gerakan leg lift sebanyak 10-20 kali, dan ulangi beberapa kali.

9. Gerakan Flutter Kick

Gerakan flutter kick adalah gerakan senam lantai yang melibatkan gerakan kaki bergantian dari posisi tidur terlentang ke posisi tegak lurus. Gerakan ini dapat membantu meningkatkan kekuatan otot perut dan kaki. Lakukan gerakan flutter kick sebanyak 10-20 kali, dan ulangi beberapa kali.

10. Gerakan V-Sit

Gerakan v-sit adalah gerakan senam lantai yang melibatkan posisi tubuh seperti ‘V’. Gerakan ini dapat membantu meningkatkan kekuatan otot perut dan kaki. Lakukan gerakan v-sit selama 30-60 detik, dan ulangi beberapa kali.

11. Gerakan Pike

Gerakan pike adalah gerakan senam lantai yang melibatkan gerakan tubuh dari posisi duduk ke posisi seperti huruf ‘V’ terbalik. Gerakan ini dapat membantu meningkatkan kelenturan dan kekuatan otot perut dan kaki. Lakukan gerakan pike sebanyak 10-20 kali, dan ulangi beberapa kali.

12. Gerakan Side Plank

Gerakan side plank adalah gerakan senam lantai yang melibatkan posisi tubuh seperti plank, namun dengan posisi tubuh miring ke samping. Gerakan ini dapat membantu meningkatkan kekuatan otot samping tubuh dan inti. Lakukan gerakan side plank selama 30-60 detik, dan ulangi beberapa kali.

13. Gerakan Russian Twist

Gerakan russian twist adalah gerakan senam lantai yang melibatkan gerakan tubuh dari posisi duduk ke posisi miring dengan gerakan tangan dari samping ke samping. Gerakan ini dapat membantu meningkatkan kekuatan otot perut dan samping tubuh. Lakukan gerakan russian twist sebanyak 10-20 kali, dan ulangi beberapa kali.

14. Gerakan Bicycle Crunch

Gerakan bicycle crunch adalah gerakan senam lantai yang melibatkan gerakan tubuh seperti mengayuh sepeda, namun dengan posisi tubuh terlentang. Gerakan ini dapat membantu meningkatkan kekuatan otot perut dan kaki. Lakukan gerakan bicycle crunch sebanyak 10-20 kali, dan ulangi beberapa kali.

Pos Terkait:  Mengapa Periodisasi Penting dalam Belajar Sejarah

15. Gerakan Mountain Climber

Gerakan mountain climber adalah gerakan senam lantai yang melibatkan gerakan tubuh seperti berlari, namun dengan posisi tubuh seperti plank. Gerakan ini dapat membantu meningkatkan kekuatan otot perut, kaki, dan lengan. Lakukan gerakan mountain climber sebanyak 10-20 kali, dan ulangi beberapa kali.

16. Gerakan Burpee

Gerakan burpee adalah gerakan senam lantai yang melibatkan gerakan tubuh seperti squat, jongkok, push up, dan melompat. Gerakan ini dapat membantu meningkatkan kekuatan otot seluruh tubuh dan membakar kalori. Lakukan gerakan burpee sebanyak 10-20 kali, dan ulangi beberapa kali.

17. Gerakan Bear Crawl

Gerakan bear crawl adalah gerakan senam lantai yang melibatkan gerakan seperti berjalan dengan posisi tubuh seperti beruang. Gerakan ini dapat membantu meningkatkan kekuatan otot seluruh tubuh dan membakar kalori. Lakukan gerakan bear crawl selama 30-60 detik, dan ulangi beberapa kali.

18. Gerakan Crab Walk

Gerakan crab walk adalah gerakan senam lantai yang melibatkan gerakan seperti berjalan dengan posisi tubuh seperti kepiting. Gerakan ini dapat membantu meningkatkan kekuatan otot seluruh tubuh dan membakar kalori. Lakukan gerakan crab walk selama 30-60 detik, dan ulangi beberapa kali.

19. Gerakan Spiderman Push Up

Gerakan spiderman push up adalah gerakan senam lantai yang melibatkan gerakan push up dengan gerakan kaki seperti menendang ke samping. Gerakan ini dapat membantu meningkatkan kekuatan otot perut, kaki, dan lengan. Lakukan gerakan spiderman push up sebanyak 10-20 kali, dan ulangi beberapa kali.

20. Gerakan Squat Jump

Gerakan squat jump adalah gerakan senam lantai yang melibatkan gerakan seperti jongkok dan melompat. Gerakan ini dapat membantu meningkatkan kekuatan otot kaki dan membakar kalori. Lakukan gerakan squat jump sebanyak 10-20 kali, dan ulangi beberapa kali.

21. Gerakan Lunge

Gerakan lunge adalah gerakan senam lantai yang melibatkan gerakan seperti melangkah maju dengan posisi tubuh seperti jongkok. Gerakan ini dapat membantu meningkatkan kekuatan otot kaki dan membakar kalori. Lakukan gerakan lunge sebanyak 10-20 kali, dan ulangi beberapa kali.

22. Gerakan Jumping Jack

Gerakan jumping jack adalah gerakan senam lantai yang melibatkan gerakan seperti melompat dan membentangkan tangan dan kaki. Gerakan ini dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan membakar kalori. Lakukan gerakan jumping jack sebanyak 10-20 kali, dan ulangi beberapa kali.

23. Gerakan High Knee Run

Gerakan high knee run adalah gerakan senam lantai yang melibatkan gerakan seperti berlari di tempat sambil mengangkat lutut setinggi mungkin. Gerakan ini dapat membantu meningkatkan kekuatan otot kaki, meningkatkan sirkulasi darah, dan membakar kalori. Lakukan gerakan high knee run selama 30-60 detik, dan ulangi beberapa kali.

Pos Terkait:  Arti Kata Modus: Apa yang Dimaksud dengan Modus?

24. Gerakan Butt Kicker

Gerakan butt kicker adalah gerakan senam lantai yang melibatkan gerakan seperti berlari di tempat sambil menendang pantat dengan tumit. Gerakan ini dapat membantu meningkatkan kekuatan otot kaki, meningkatkan sirkulasi darah, dan membakar kalori. Lakukan gerakan butt kicker selama 30-60 detik, dan ulangi beberapa kali.

25. Gerakan Skater Jump

Gerakan skater jump adalah gerakan senam lantai yang melibatkan gerakan seperti melompat ke samping dengan posisi tubuh seperti olahraga skating. Gerakan ini dapat membantu meningkatkan kekuatan otot kaki dan membakar kalori. Lakukan gerakan skater jump sebanyak 10-20 kali, dan ulangi beberapa kali.

26. Gerakan Box Jump

Gerakan box jump adalah gerakan senam lantai yang melibatkan gerakan seperti melompat ke atas kotak atau platform. Gerakan ini dapat membantu meningkatkan kekuatan otot kaki dan membakar kalori. Lakukan gerakan box jump sebanyak 10-20 kali, dan ulangi beberapa kali.

27. Gerakan Wall Sit

Gerakan wall sit adalah gerakan senam lantai yang melibatkan posisi tubuh seperti duduk dengan punggung menempel pada dinding. Gerakan ini dapat membantu meningkatkan kekuatan otot kaki dan membakar kalori. Lakukan gerakan wall sit selama 30-60 detik, dan ulangi beberapa kali.

28. Gerakan Donkey Kick

Gerakan donkey kick adalah gerakan senam lantai yang melibatkan gerakan seperti menendang ke belakang dengan posisi tubuh seperti plank. Gerakan ini dapat membantu meningkatkan kekuatan otot kaki dan membakar kalori. Lakukan gerakan donkey kick sebanyak 10-20 kali, dan ulangi beberapa kali.

29. Gerakan Reverse Crunch

Gerakan reverse crunch adalah gerakan senam lantai yang melibatkan gerakan seperti mengangkat pinggul dari posisi tidur terlentang. Gerakan ini dapat membantu meningkatkan kekuatan otot perut. Lakukan gerakan reverse crunch sebanyak 10-20 kali, dan ulangi beberapa kali.

30. Gerakan Leg Press

Gerakan leg press adalah gerakan senam lantai yang melibatkan gerakan seperti mendorong beban dengan kaki. Gerakan ini dapat membantu meningkatkan kekuatan otot kaki dan membakar kalori. Lakukan gerakan leg press sebanyak 10-20 kali, dan ulangi beberapa kali.

Kesimpulan

Itulah 30 bentuk latihan senam lantai yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kekuatan, kelenturan, dan kesehatan secara keseluruhan. Cobalah untuk melak

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *