Sebutkan Arti Kata Berikut Menurut KBBI

Posted on

KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah kamus bahasa Indonesia yang disusun oleh Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. KBBI menjadi acuan utama dalam menentukan arti sebuah kata dalam bahasa Indonesia. Berikut ini adalah beberapa kata dan artinya menurut KBBI.

1. Pendidikan

Pendidikan adalah proses pembelajaran yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai dalam rangka mengembangkan potensi diri dan mempersiapkan diri untuk kehidupan yang lebih baik.

2. Demokrasi

Demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana kekuasaan berada di tangan rakyat atau warga negara melalui pemilihan umum secara langsung atau tidak langsung.

3. Inovasi

Inovasi adalah proses atau hasil dari memperkenalkan ide-ide baru, produk, jasa, atau proses yang dapat meningkatkan efisiensi, efektivitas, atau kualitas dan memberikan nilai tambah bagi pelanggan atau pengguna.

4. Kreativitas

Kreativitas adalah kemampuan individu atau kelompok untuk menghasilkan gagasan, konsep, atau solusi baru yang orisinal, berguna, dan bermanfaat.

Pos Terkait:  Judul Film dengan Penjahat Biru Botak Menjadi Pahlawan: Kisah yang Menginspirasi

5. Konsisten

Konsisten adalah sikap atau tindakan yang selalu sesuai dengan prinsip atau keputusan yang telah diambil sebelumnya.

6. Komunikasi

Komunikasi adalah proses penyampaian pesan atau informasi dari satu pihak kepada pihak lain melalui berbagai saluran atau media.

7. Konservasi

Konservasi adalah upaya untuk memelihara dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan hidup agar tetap terjaga dan tidak rusak.

8. Kontroversial

Kontroversial adalah hal atau topik yang menimbulkan perdebatan atau kontroversi di kalangan publik atau masyarakat.

9. Koordinasi

Koordinasi adalah proses pengaturan atau penyelarasan kegiatan atau tindakan dari beberapa pihak agar dapat mencapai tujuan yang sama secara efektif dan efisien.

10. Kredibilitas

Kredibilitas adalah kepercayaan atau keyakinan publik terhadap kejujuran, integritas, dan kompetensi seseorang, institusi, atau produk.

11. Motivasi

Motivasi adalah dorongan atau keinginan dalam diri seseorang untuk melakukan suatu tindakan atau meraih suatu tujuan.

12. Optimalisasi

Optimalisasi adalah proses atau upaya untuk memaksimalkan hasil atau kinerja dalam suatu kegiatan atau sistem.

13. Paradigma

Paradigma adalah pandangan atau pemahaman yang mendasar tentang sesuatu yang meliputi nilai-nilai, keyakinan, dan konsep-konsep.

14. Produktif

Produktif adalah kemampuan atau sifat yang dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat atau bernilai dalam jumlah yang banyak atau secara konsisten.

Pos Terkait:  Apa Itu Artinya Kerygma? - Menjelaskan Makna dan Pentingnya Kerygma dalam Kehidupan Kristen

15. Relevan

Relevan adalah sesuatu yang penting atau berguna dalam konteks atau situasi tertentu.

16. Resilien

Resilien adalah kemampuan untuk bangkit atau pulih dari tekanan atau tantangan dalam kehidupan.

17. Solidaritas

Solidaritas adalah rasa persatuan atau kebersamaan antara individu atau kelompok dalam menanggapi suatu masalah atau kepentingan bersama.

18. Stabilitas

Stabilitas adalah keadaan yang mantap atau stabil dalam hal ekonomi, politik, sosial, atau lingkungan yang tidak terganggu oleh perubahan yang drastis atau tidak terduga.

19. Strategi

Strategi adalah rencana atau tindakan yang diambil untuk mencapai tujuan atau memenangkan pertarungan dalam situasi tertentu.

20. Substansi

Substansi adalah inti atau esensi dari sesuatu yang penting atau relevan untuk dipertimbangkan atau dibahas.

21. Toleransi

Toleransi adalah sikap atau tindakan yang menerima perbedaan atau keragaman dalam masyarakat atau lingkungan sosial tertentu.

22. Transparansi

Transparansi adalah keadaan atau sifat yang terbuka atau jujur dalam hal pengambilan keputusan atau pengelolaan informasi.

23. Universal

Universal adalah sesuatu yang berlaku atau diterima di seluruh dunia atau bagi semua orang.

24. Validasi

Validasi adalah proses untuk memastikan kebenaran atau keabsahan suatu data atau informasi.

25. Variabel

Variabel adalah faktor atau elemen yang dapat berubah atau mempengaruhi hasil atau kinerja dalam situasi tertentu.

Pos Terkait:  10 Peluang atau Prospek Kerja Geofisika

26. Verifikasi

Verifikasi adalah proses untuk memastikan kebenaran atau keabsahan suatu informasi, data, atau dokumen dengan cara memeriksa atau membandingkan dengan sumber yang sah dan terpercaya.

27. Visi

Visi adalah gambaran atau pandangan jangka panjang tentang suatu tujuan atau masa depan yang diinginkan.

28. Volatilitas

Volatilitas adalah tingkat atau tinggi rendahnya fluktuasi atau perubahan dalam pasar keuangan atau ekonomi.

29. Wawasan

Wawasan adalah pemahaman yang luas dan mendalam tentang suatu topik atau situasi yang diperoleh melalui pengalaman atau pengetahuan yang mendalam.

30. Zona Nyaman

Zona nyaman adalah keadaan atau situasi yang membuat seseorang merasa aman dan nyaman sehingga tidak ingin meninggalkannya atau mengambil risiko untuk mengubahnya.

Kesimpulan

KBBI menjadi acuan utama dalam menentukan arti sebuah kata dalam bahasa Indonesia. Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menggunakan kata-kata yang terdapat dalam KBBI. Dengan mengetahui arti kata-kata tersebut, kita dapat lebih memahami makna dan konteks penggunaannya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang bahasa Indonesia.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *