Sebutkan 2 Jenis Aturan

Posted on

Aturan atau regulasi adalah tindakan atau kebijakan yang dibuat untuk memastikan bahwa segala sesuatu berjalan dengan baik dan teratur. Ada banyak jenis aturan yang digunakan dalam berbagai bidang, termasuk bisnis, pendidikan, dan hukum. Namun, dalam artikel ini, kita akan membahas dua jenis aturan yang paling umum ditemukan di masyarakat.

1. Aturan Formal

Aturan formal adalah jenis aturan yang ditetapkan oleh badan atau lembaga resmi, seperti pemerintah atau perusahaan. Aturan ini biasanya tertulis dalam bentuk undang-undang, peraturan, atau kebijakan. Tujuan dari aturan formal adalah untuk memastikan bahwa segala sesuatu diatur dengan jelas dan adil, dan bahwa semua orang tunduk pada standar yang sama.

Contoh aturan formal yang umum ditemukan di masyarakat adalah undang-undang tentang lalu lintas, aturan kebersihan lingkungan, dan peraturan tentang penggunaan internet di tempat kerja. Aturan formal sering kali diterapkan dengan sanksi atau hukuman jika dilanggar.

2. Aturan Informal

Aturan informal adalah jenis aturan yang tidak ditetapkan oleh badan atau lembaga resmi. Aturan ini lebih bersifat tidak tertulis dan mungkin tidak diikuti oleh semua orang. Aturan informal biasanya muncul dari norma atau kebiasaan yang berkembang di dalam masyarakat.

Pos Terkait:  Alat yang Digunakan dalam Permainan Gundu Adalah

Contoh aturan informal yang umum ditemukan di masyarakat adalah norma sopan santun, etika dalam berbicara, dan aturan dalam kelompok teman atau lingkungan sosial tertentu. Aturan informal sering kali diterapkan melalui tekanan sosial atau norma kelompok, dan mungkin tidak memiliki sanksi formal jika dilanggar.

Meskipun aturan formal dan informal berbeda dalam banyak hal, keduanya sama-sama penting untuk menjaga ketertiban dan keamanan di masyarakat. Aturan formal memastikan bahwa semua orang tunduk pada standar yang sama, sementara aturan informal membantu menjaga norma dan kebiasaan yang baik di dalam kelompok sosial tertentu.

Kesimpulan

Dalam masyarakat, terdapat dua jenis aturan yang paling umum ditemukan, yaitu aturan formal dan informal. Aturan formal ditetapkan oleh badan atau lembaga resmi dan biasanya memiliki sanksi jika dilanggar. Sedangkan aturan informal lebih bersifat tidak tertulis dan mungkin tidak diikuti oleh semua orang, tetapi membantu menjaga norma dan kebiasaan yang baik di dalam kelompok sosial tertentu. Keduanya sama-sama penting untuk menjaga ketertiban dan keamanan di masyarakat.

Related posts:
Pos Terkait:  Arti Kata Baba: Menyelami Makna dalam Bahasa Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *