Sebutkan 10 Gerakan Senam Lantai yang Dilombakan?

Posted on

Senam lantai adalah salah satu cabang olahraga yang terkenal di Indonesia. Dalam senam lantai terdapat 10 gerakan yang dilombakan. Berikut penjelasan mengenai 10 gerakan senam lantai yang dilombakan.

1. Handstand

Handstand adalah gerakan senam lantai dimana tubuh berdiri dengan tangan di atas lantai. Pada gerakan ini, tangan menjadi penopang utama dan tubuh berada di posisi terbalik. Handstand menjadi gerakan yang cukup sulit dan membutuhkan latihan yang terus-menerus untuk dapat melakukan gerakan ini dengan baik.

2. Forward Roll

Forward roll adalah gerakan senam lantai dimana tubuh berputar ke depan dengan kepala di bawah. Pada gerakan ini, lengan dan kaki menjadi penopang utama dan tubuh berada dalam posisi melingkar. Forward roll merupakan gerakan dasar dalam senam lantai dan sangat penting untuk dikuasai sebelum mempelajari gerakan yang lebih sulit.

3. Backward Roll

Backward roll adalah gerakan senam lantai dimana tubuh berputar ke belakang dengan kepala di atas. Pada gerakan ini, lengan dan kaki menjadi penopang utama dan tubuh berada dalam posisi melingkar. Backward roll merupakan gerakan yang cukup sulit dan memerlukan keberanian dan konsentrasi untuk melakukannya dengan baik.

Pos Terkait:  Bagian Akhir / Penutup dari Sebuah Teks Eksplanasi

4. Cartwheel

Cartwheel adalah gerakan senam lantai dimana tubuh berputar ke samping dengan tangan dan kaki bergantian sebagai penopang. Pada gerakan ini, tubuh berada dalam posisi diagonal dan sangat membutuhkan kekuatan dan keseimbangan untuk melakukan gerakan ini dengan baik.

5. Roundoff

Roundoff adalah gerakan senam lantai dimana tubuh berputar ke samping dengan tangan dan kaki bergantian sebagai penopang, kemudian dilanjutkan dengan lompatan ke depan. Pada gerakan ini, tubuh berada dalam posisi melingkar dan sangat membutuhkan kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi untuk melakukan gerakan ini dengan baik.

6. Front Handspring

Front handspring adalah gerakan senam lantai dimana tubuh melakukan lompatan ke depan dengan tangan sebagai penopang, kemudian dilanjutkan dengan gerakan loncat kembali ke atas. Pada gerakan ini, tangan menjadi penopang utama dan sangat membutuhkan kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi untuk melakukan gerakan ini dengan baik.

7. Back Handspring

Back handspring adalah gerakan senam lantai dimana tubuh melakukan lompatan ke belakang dengan tangan sebagai penopang, kemudian dilanjutkan dengan gerakan loncat kembali ke atas. Pada gerakan ini, tangan menjadi penopang utama dan sangat membutuhkan kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi untuk melakukan gerakan ini dengan baik.

Pos Terkait:  Apa Itu Tumor Mammae Dextra?

8. Front Tuck

Front tuck adalah gerakan senam lantai dimana tubuh melakukan lompatan ke depan dengan kaki ditekuk di depan tubuh. Pada gerakan ini, tubuh berada dalam posisi melingkar dan sangat membutuhkan kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi untuk melakukan gerakan ini dengan baik.

9. Back Tuck

Back tuck adalah gerakan senam lantai dimana tubuh melakukan lompatan ke belakang dengan kaki ditekuk di belakang tubuh. Pada gerakan ini, tubuh berada dalam posisi melingkar dan sangat membutuhkan kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi untuk melakukan gerakan ini dengan baik.

10. Layout

Layout adalah gerakan senam lantai dimana tubuh melakukan lompatan ke depan dengan kaki lurus di depan tubuh. Pada gerakan ini, tubuh berada dalam posisi lurus dan sangat membutuhkan kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi untuk melakukan gerakan ini dengan baik.

Kesimpulan

Senam lantai memiliki banyak gerakan yang menarik dan menantang untuk dilakukan. Sepuluh gerakan di atas adalah gerakan yang dilombakan dalam senam lantai dan memerlukan latihan yang terus-menerus untuk dapat melakukan gerakan ini dengan baik. Jika Anda tertarik untuk mempelajari senam lantai, pastikan Anda memiliki keseimbangan, kekuatan, dan koordinasi yang baik untuk dapat melakukan gerakan-gerakan ini dengan baik.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *