Sebutan Binatang Bertulang Belakang: Pengenalan dan Penjelasan

Posted on

Binatang bertulang belakang atau vertebrata adalah kelompok hewan yang memiliki tulang belakang atau columna vertebralis. Kelompok ini terdiri dari banyak jenis hewan, antara lain ikan, amfibi, reptil, burung, dan mamalia. Setiap jenis hewan dalam kelompok vertebrata memiliki sebutan yang berbeda-beda. Berikut adalah penjelasan mengenai sebutan binatang bertulang belakang.

1. Ikan

Ikan adalah hewan yang hidup di air dan memiliki sisik dan sirip. Ikan terbagi menjadi dua kelompok besar yaitu ikan tulang dan ikan rawan. Ikan tulang memiliki tulang belakang dan disebut juga osteichthyes. Sedangkan ikan rawan tidak memiliki tulang belakang dan disebut juga chondrichthyes. Beberapa contoh sebutan ikan tulang adalah salmon, bawal, dan lele. Sedangkan sebutan ikan rawan adalah hiu, pari, dan gurita.

2. Amfibi

Amfibi adalah hewan yang hidup di dua alam yaitu di air dan di darat. Amfibi memiliki kulit yang lembab dan tidak bersisik. Beberapa contoh sebutan amfibi adalah katak, kodok, dan salamander.

3. Reptil

Reptil adalah hewan yang memiliki sisik dan hidup di darat. Reptil terbagi menjadi beberapa jenis yaitu kadal, ular, kura-kura, dan buaya. Beberapa contoh sebutan reptil adalah ular sanca, kadal coklat, dan kura-kura air.

Pos Terkait:  Apa Hasil Turunan dari 6/x?

4. Burung

Burung adalah hewan yang memiliki bulu dan sayap. Burung terbang menggunakan sayap dan memiliki paruh untuk makan. Beberapa contoh sebutan burung adalah burung merpati, burung hantu, dan burung beo.

5. Mamalia

Mamalia adalah hewan yang memiliki kelenjar susu dan rambut. Mamalia melahirkan anaknya dan menyusui. Beberapa contoh sebutan mamalia adalah kucing, anjing, sapi, dan manusia.

6. Kesimpulan

Itulah sebutan binatang bertulang belakang yang terbagi ke dalam kelompok ikan, amfibi, reptil, burung, dan mamalia. Setiap jenis hewan memiliki ciri-ciri dan karakteristik yang berbeda-beda. Dengan mengetahui sebutan binatang bertulang belakang, kita dapat memahami lebih dalam mengenai dunia fauna di sekitar kita.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *