Sebagian Besar Imunoglobulin yang Dihasilkan Tubuh Termasuk dalam Kelas IgA dan IgG

Posted on

Imunoglobulin atau disingkat Ig merupakan protein yang dihasilkan oleh sistem imun untuk melawan infeksi dan penyakit. Imunoglobulin juga dikenal sebagai antibodi. Ada lima kelas imunoglobulin yang berbeda, yaitu IgA, IgD, IgE, IgG, dan IgM.

Apa itu IgA dan IgG?

Sebagian besar imunoglobulin yang dihasilkan tubuh termasuk dalam kelas IgA dan IgG. IgA adalah imunoglobulin yang ditemukan di dalam air mata, air liur, dan lendir. IgA membantu melindungi saluran pernapasan, saluran pencernaan, dan sistem kemih dari infeksi.

Sementara itu, IgG adalah imunoglobulin yang paling melimpah di dalam darah dan jaringan tubuh. IgG membantu melindungi tubuh dari infeksi bakteri dan virus. IgG juga dapat menyeberangi plasenta dari ibu ke janin, sehingga memberikan kekebalan pada bayi yang belum lahir.

Bagaimana IgA dan IgG Diproduksi?

Imunoglobulin diproduksi oleh sel plasma, yaitu sel darah putih yang telah matang. Sel plasma berasal dari sel B, yaitu sel darah putih yang memproduksi antibodi. Setelah terpapar oleh antigen tertentu, sel B akan berubah menjadi sel plasma dan mulai memproduksi imunoglobulin.

Pos Terkait:  Bagaimana Kesiapan Ekonomi Indonesia dalam Menghadapi Globalisasi 2

Produksi IgA terjadi terutama di dalam sel plasma di saluran pencernaan dan saluran pernapasan. Sementara itu, produksi IgG terjadi di sel plasma di seluruh tubuh.

Apa Fungsi IgA dan IgG?

Fungsi utama IgA adalah melindungi saluran pernapasan, saluran pencernaan, dan sistem kemih dari infeksi. IgA juga membantu mencegah alergi dan autoimunitas.

Sementara itu, fungsi utama IgG adalah melindungi tubuh dari infeksi bakteri dan virus. IgG juga dapat menyeberangi plasenta dari ibu ke janin, sehingga memberikan kekebalan pada bayi yang belum lahir.

Kapan IgA dan IgG Diperiksa?

Tes imunoglobulin dilakukan untuk mengevaluasi fungsi sistem imun seseorang. IgA dan IgG dapat diperiksa melalui tes darah.

Tes IgA biasanya dilakukan untuk mengevaluasi kondisi autoimunitas, alergi, dan infeksi saluran pernapasan atau pencernaan. Sementara itu, tes IgG dapat digunakan untuk mengevaluasi kekebalan seseorang terhadap infeksi tertentu atau untuk mengetahui apakah seseorang pernah terpapar oleh suatu penyakit.

Kesimpulan

Imunoglobulin adalah protein yang dihasilkan oleh sistem imun untuk melawan infeksi dan penyakit. Sebagian besar imunoglobulin yang dihasilkan tubuh termasuk dalam kelas IgA dan IgG. IgA membantu melindungi saluran pernapasan, saluran pencernaan, dan sistem kemih dari infeksi, sementara IgG membantu melindungi tubuh dari infeksi bakteri dan virus. Tes darah dapat digunakan untuk mengevaluasi kadar IgA dan IgG dalam tubuh seseorang.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *