Santun Mencangkup 2 Hal Yakni Santun dalam Ucapan dan Tindakan

Posted on

Santun adalah kata yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Santun mencangkup dua hal yakni santun dalam ucapan dan tindakan. Kedua hal ini sangat penting untuk kita perhatikan dan lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Santun dalam Ucapan

Santun dalam ucapan adalah cara kita berbicara dengan orang lain. Saat berbicara dengan orang lain, kita harus menggunakan bahasa yang sopan dan tidak kasar. Kita harus menghindari kata-kata yang bisa menyakiti perasaan orang lain.

Sebagai contoh, ketika berbicara dengan orang yang lebih tua, kita harus menggunakan bahasa yang sopan dan hormat. Kita bisa menggunakan kata-kata seperti “pak” atau “bu” untuk menyapa mereka. Kita juga harus menghindari menggunakan kata-kata kasar atau kata-kata yang tidak pantas.

Selain itu, santun dalam ucapan juga mencakup cara kita menyampaikan pendapat atau kritik kepada orang lain. Kita harus menyampaikan pendapat atau kritik dengan cara yang baik dan sopan. Kita tidak boleh menggunakan kata-kata yang kasar atau menyakiti perasaan orang lain.

Contohnya, jika kita memiliki kritik terhadap pekerjaan seseorang, kita harus menyampaikan dengan cara yang baik dan sopan. Kita bisa memberikan saran untuk memperbaiki pekerjaan tersebut, bukan hanya mengkritik tanpa memberikan solusi.

Pos Terkait:  Apa Manfaat Obat Orinox?

Santun dalam Tindakan

Santun dalam tindakan adalah cara kita berperilaku terhadap orang lain. Kita harus memperhatikan perilaku kita saat berinteraksi dengan orang lain. Kita harus menghindari perilaku yang dapat menyakiti perasaan orang lain.

Contohnya, ketika berada di tempat umum seperti restoran atau bioskop, kita harus memperhatikan etika bersikap. Kita tidak boleh membuat kebisingan atau mengganggu orang lain. Kita juga harus memperhatikan kebersihan dan kerapihan tempat umum tersebut.

Selain itu, santun dalam tindakan juga mencakup cara kita memberikan bantuan kepada orang lain. Kita harus membantu orang lain dengan cara yang sopan dan tidak merugikan orang lain. Kita juga harus menghormati keinginan atau pendapat orang lain saat memberikan bantuan.

Kesimpulan

Santun dalam ucapan dan tindakan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Kita harus menghindari menggunakan kata-kata kasar atau melakukan perilaku yang tidak sopan. Kita juga harus membantu orang lain dengan cara yang sopan dan menghormati keinginan atau pendapat orang lain.

Dengan melakukan santun dalam ucapan dan tindakan, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih harmonis dan damai. Kita juga dapat menjalin hubungan yang lebih baik dengan orang lain. Oleh karena itu, mari kita selalu berusaha untuk melakukan santun dalam ucapan dan tindakan dalam kehidupan sehari-hari kita.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *