Salah Satu Bentuk Keputusan Adalah??

Posted on

Keputusan adalah tindakan yang diambil untuk memilih antara beberapa alternatif atau pilihan yang tersedia. Dalam kehidupan sehari-hari, setiap orang pasti pernah mengambil keputusan. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa bentuk keputusan yang dapat diambil? Salah satu bentuk keputusan yang sering dijumpai adalah keputusan rasional.

Apa itu Keputusan Rasional?

Keputusan rasional adalah keputusan yang diambil berdasarkan pertimbangan yang matang dan logis. Keputusan ini diambil dengan mempertimbangkan semua alternatif yang ada, kemudian dipilih alternatif yang paling sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Keputusan rasional biasanya diambil oleh orang yang berpikiran analitis dan objektif.

Contoh Keputusan Rasional

Contoh keputusan rasional adalah ketika seseorang memilih pekerjaan yang sesuai dengan keahliannya dan mempertimbangkan gaji, jarak tempuh, dan lingkungan kerja yang nyaman. Keputusan ini diambil setelah mempertimbangkan semua alternatif yang ada dan memilih yang paling sesuai dengan tujuan karirnya.

Kelebihan Keputusan Rasional

Keputusan rasional memiliki kelebihan yang cukup banyak. Diantaranya adalah:

  1. Meminimalkan risiko kegagalan
  2. Mempermudah pengambilan keputusan
  3. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi
  4. Meminimalkan pengaruh emosi dalam pengambilan keputusan
Pos Terkait:  Arti Kata Gerimis: Apa Itu Gerimis?

Kekurangan Keputusan Rasional

Namun, keputusan rasional juga memiliki beberapa kekurangan. Diantaranya adalah:

  1. Memerlukan waktu dan sumber daya yang cukup
  2. Tidak selalu dapat menghasilkan keputusan terbaik
  3. Kurang fleksibel terhadap perubahan situasi
  4. Dapat mengabaikan faktor-faktor non-rasional seperti perasaan dan intuisi

Bentuk Keputusan Lainnya

Selain keputusan rasional, ada beberapa bentuk keputusan lainnya yang dapat diambil. Bentuk keputusan tersebut antara lain:

  1. Keputusan rutin
  2. Keputusan strategis
  3. Keputusan operasional
  4. Keputusan taktis

Keputusan Rutin

Keputusan rutin adalah keputusan yang diambil berdasarkan aturan atau prosedur yang sudah ditetapkan sebelumnya. Keputusan ini biasanya diambil untuk masalah yang sudah sering terjadi dan sudah ada solusinya. Contoh keputusan rutin adalah mengeluarkan gaji karyawan setiap bulannya.

Keputusan Strategis

Keputusan strategis adalah keputusan yang diambil untuk tujuan jangka panjang dan mempengaruhi arah perusahaan atau organisasi. Keputusan ini biasanya diambil oleh manajemen tingkat atas. Contoh keputusan strategis adalah menentukan target pasar yang akan dituju oleh perusahaan.

Keputusan Operasional

Keputusan operasional adalah keputusan yang diambil untuk mengatur aktivitas harian perusahaan atau organisasi. Keputusan ini biasanya diambil oleh manajemen tingkat menengah. Contoh keputusan operasional adalah menentukan jadwal produksi barang.

Keputusan Taktis

Keputusan taktis adalah keputusan yang diambil untuk memperbaiki atau meningkatkan kinerja perusahaan atau organisasi. Keputusan ini biasanya diambil oleh manajemen tingkat menengah. Contoh keputusan taktis adalah mengubah harga produk untuk meningkatkan penjualan.

Pos Terkait:  Tidak Meratanya Pendidikan di Indonesia: Penyebab dan Solusi

Kesimpulan

Keputusan adalah tindakan yang diambil untuk memilih antara beberapa alternatif atau pilihan yang tersedia. Salah satu bentuk keputusan yang sering dijumpai adalah keputusan rasional, yaitu keputusan yang diambil berdasarkan pertimbangan yang matang dan logis. Namun, terdapat juga beberapa bentuk keputusan lainnya seperti keputusan rutin, strategis, operasional, dan taktis. Setiap bentuk keputusan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, dalam mengambil keputusan, perlu dipertimbangkan dengan matang dan objektif agar dapat meminimalkan risiko kegagalan dan mencapai tujuan yang diinginkan.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *