Rumuskanlah definisi hubungan internasional menurut – Membahas Tentang Konsep Dasar Hubungan Internasional

Posted on

Hubungan internasional adalah sebuah ilmu yang mempelajari hubungan antar negara dan juga hubungan antar organisasi internasional. Dalam ilmu hubungan internasional, terdapat beberapa definisi yang diungkapkan oleh para ahli. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang definisi hubungan internasional menurut beberapa ahli.

Definisi Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

1. Harold D. Lasswell

Menurut Harold D. Lasswell, hubungan internasional adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang kebijakan luar negeri dan politik internasional. Dalam pandangan Lasswell, hubungan internasional merupakan suatu ilmu yang juga mempelajari tentang cara-cara untuk mencapai tujuan-tujuan luar negeri suatu negara.

2. Hans J. Morgenthau

Hans J. Morgenthau memandang hubungan internasional sebagai suatu ilmu yang mempelajari tentang kekuasaan dan kepentingan internasional. Dalam pandangan Morgenthau, hubungan internasional merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang kebijakan luar negeri suatu negara yang didasarkan pada kekuasaan dan kepentingan nasional.

3. Kenneth N. Waltz

Menurut Kenneth N. Waltz, hubungan internasional adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang struktur dan sistem internasional. Dalam pandangan Waltz, hubungan internasional merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang cara kerja sistem internasional dan juga tentang pengaruh struktur sistem internasional terhadap kebijakan luar negeri suatu negara.

Pos Terkait:  Apakah Teh Bagus untuk Ambeien?

4. Quincy Wright

Quincy Wright memandang hubungan internasional sebagai suatu ilmu yang mempelajari tentang konflik dan kerjasama internasional. Dalam pandangan Wright, hubungan internasional merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang konflik dan kerjasama internasional serta cara-cara untuk mengatasi konflik dan meningkatkan kerjasama internasional.

5. Martin Wight

Martin Wight memandang hubungan internasional sebagai suatu ilmu yang mempelajari tentang perubahan dan stabilitas dalam hubungan internasional. Dalam pandangan Wight, hubungan internasional merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang perubahan dan stabilitas dalam hubungan internasional serta tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan dan stabilitas tersebut.

Konsep Dasar Hubungan Internasional

Setelah mengetahui definisi hubungan internasional menurut para ahli, ada beberapa konsep dasar dalam hubungan internasional yang perlu dipahami. Berikut adalah beberapa konsep dasar hubungan internasional:

1. Negara

Negara adalah entitas politik yang merdeka dan memiliki kedaulatan atas wilayahnya serta rakyatnya. Negara merupakan aktor utama dalam hubungan internasional.

2. Kedaulatan

Kedaulatan adalah hak suatu negara untuk mengatur urusan dalam wilayahnya tanpa campur tangan dari negara lain.

3. Sistem Internasional

Sistem internasional adalah kumpulan negara-negara yang saling berinteraksi dalam suatu sistem yang diatur oleh norma-norma dan aturan-aturan internasional.

Pos Terkait:  10 Tujuan Masuk OSIS

4. Diplomasi

Diplomasi adalah proses negosiasi dan dialog antara negara-negara dalam rangka mencapai kesepakatan dan mengatasi konflik.

5. Keamanan Internasional

Keamanan internasional adalah kondisi dimana negara-negara dapat hidup dengan aman dan damai tanpa adanya ancaman dari negara lain.

6. Globalisasi

Globalisasi adalah proses integrasi ekonomi, politik, dan budaya antar negara yang semakin meningkat dalam era global.

Kesimpulan

Dalam ilmu hubungan internasional, terdapat beberapa definisi yang diungkapkan oleh para ahli. Harold D. Lasswell memandang hubungan internasional sebagai suatu ilmu yang mempelajari tentang kebijakan luar negeri dan politik internasional. Hans J. Morgenthau memandang hubungan internasional sebagai suatu ilmu yang mempelajari tentang kekuasaan dan kepentingan internasional. Kenneth N. Waltz memandang hubungan internasional sebagai suatu ilmu yang mempelajari tentang struktur dan sistem internasional. Quincy Wright memandang hubungan internasional sebagai suatu ilmu yang mempelajari tentang konflik dan kerjasama internasional. Martin Wight memandang hubungan internasional sebagai suatu ilmu yang mempelajari tentang perubahan dan stabilitas dalam hubungan internasional.

Setelah mengetahui definisi hubungan internasional, kita juga perlu memahami konsep dasar dalam hubungan internasional seperti negara, kedaulatan, sistem internasional, diplomasi, keamanan internasional, dan globalisasi. Dengan memahami konsep dasar ini, kita dapat lebih memahami tentang hubungan internasional dan bagaimana negara-negara saling berinteraksi dalam sistem internasional yang kompleks.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *