Rumus Jajar Genjang: Cara Mudah Menghitung Luas dan Keliling

Posted on

Jajar genjang adalah bangun datar yang memiliki dua pasang sisi sejajar dengan panjang yang sama. Meskipun bentuknya mirip dengan segiempat, namun jajar genjang memiliki sudut-sudut yang berbeda. Jajar genjang sangat sering digunakan dalam aplikasi matematika dan teknik karena kemampuannya untuk menunjukkan hubungan antara jumlah dan arah.

Luas Jajar Genjang

Untuk menghitung luas jajar genjang, rumus yang digunakan adalah:

Luas = alas x tinggi

Alas dan tinggi pada jajar genjang adalah sisi-sisi yang sejajar dengan sudut yang berlawanan. Dalam menghitung luas jajar genjang, Anda harus mengetahui panjang alas dan tinggi dari bangun datar tersebut. Setelah itu, cukup kalikan alas dengan tinggi, maka Anda akan mendapatkan luas jajar genjang.

Contoh:

Jika panjang alas jajar genjang adalah 10 cm dan tingginya adalah 5 cm, maka luasnya adalah:

Luas = 10 cm x 5 cm = 50 cm2

Keliling Jajar Genjang

Untuk menghitung keliling jajar genjang, rumus yang digunakan adalah:

Pos Terkait:  Teknik Pengambilan Nafas Renang Gaya Bebas Cara yang Benar

Keliling = 2 x (sisi sejajar 1 + sisi sejajar 2)

Sisi sejajar 1 dan sisi sejajar 2 pada jajar genjang adalah sisi-sisi yang sejajar dengan sudut yang sama. Dalam menghitung keliling jajar genjang, Anda harus mengetahui panjang kedua sisi sejajar tersebut. Setelah itu, jumlahkan panjang kedua sisi tersebut, kalikan dengan 2, maka Anda akan mendapatkan keliling jajar genjang.

Contoh:

Jika panjang sisi sejajar 1 pada jajar genjang adalah 10 cm dan panjang sisi sejajar 2 adalah 15 cm, maka kelilingnya adalah:

Keliling = 2 x (10 cm + 15 cm) = 50 cm

Cara Mudah Menghitung Luas dan Keliling Jajar Genjang

Ada beberapa cara mudah untuk menghitung luas dan keliling jajar genjang. Berikut adalah beberapa cara tersebut:

1. Menggunakan Rumus Luas dan Keliling

Cara pertama adalah dengan menggunakan rumus luas dan keliling jajar genjang seperti yang telah dijelaskan di atas. Dengan mengetahui panjang alas dan tinggi, serta panjang kedua sisi sejajar, maka Anda dapat menghitung luas dan keliling jajar genjang dengan mudah.

2. Menggunakan Garis Diagonal

Cara kedua adalah dengan menggunakan garis diagonal jajar genjang. Garis diagonal pada jajar genjang adalah garis yang menghubungkan titik-titik sudut yang berlawanan. Dalam menghitung luas jajar genjang, Anda dapat menggunakan rumus:

Luas = 1/2 x diagonal 1 x diagonal 2

Sedangkan dalam menghitung keliling jajar genjang, Anda dapat menggunakan rumus:

Pos Terkait:  Jelaskan 5 Upaya Pemanfaatan Laut dalam Meningkatkan Kesejahteraan Bangsa

Keliling = 2 x (diagonal 1 + diagonal 2)

Contoh:

Jika panjang diagonal 1 pada jajar genjang adalah 12 cm dan panjang diagonal 2 adalah 10 cm, maka luasnya adalah:

Luas = 1/2 x 12 cm x 10 cm = 60 cm2

Dan kelilingnya adalah:

Keliling = 2 x (12 cm + 10 cm) = 44 cm

3. Menggunakan Segitiga Setengah Jajar Genjang

Cara ketiga adalah dengan menggunakan segitiga setengah jajar genjang. Segitiga setengah jajar genjang adalah segitiga yang dibentuk oleh salah satu diagonal dan dua sisi sejajar. Dalam menghitung luas jajar genjang, Anda dapat menghitung luas segitiga setengah jajar genjang terlebih dahulu, kemudian dikalikan dengan 2. Sedangkan dalam menghitung keliling jajar genjang, Anda dapat menggunakan rumus:

Keliling = 2 x (sisi sejajar + sisi miring)

Contoh:

Jika panjang sisi sejajar pada jajar genjang adalah 8 cm dan panjang diagonalnya adalah 10 cm, maka luasnya adalah:

Luas = 2 x (1/2 x 8 cm x 6 cm) = 48 cm2

Dan kelilingnya adalah:

Keliling = 2 x (8 cm + 10 cm) = 36 cm

Keuntungan Mengenal Rumus Jajar Genjang

Mengenal rumus jajar genjang akan sangat bermanfaat bagi Anda terutama dalam aplikasi matematika dan teknik. Berikut adalah beberapa keuntungan yang dapat Anda peroleh dengan mengenal rumus jajar genjang:

1. Mempermudah Penghitungan Luas dan Keliling

Dengan mengenal rumus jajar genjang, maka Anda dapat dengan mudah menghitung luas dan keliling jajar genjang hanya dengan mengetahui panjang alas dan tinggi, serta panjang kedua sisi sejajar atau panjang diagonal.

Pos Terkait:  Pengertian Hosting: Apa itu Hosting dan Bagaimana Cara Kerjanya?

2. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah

Mengenal rumus jajar genjang akan meningkatkan kemampuan Anda dalam memecahkan masalah terutama yang berkaitan dengan aplikasi matematika dan teknik. Anda dapat dengan mudah menyelesaikan masalah yang melibatkan jajar genjang.

3. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

Dengan mengenal rumus jajar genjang, maka Anda akan terbiasa dengan cara berpikir kritis dalam memecahkan masalah. Anda akan terlatih untuk memecahkan masalah dengan cara yang sistematis dan logis.

Kesimpulan

Jajar genjang adalah bangun datar yang memiliki dua pasang sisi sejajar dengan panjang yang sama. Untuk menghitung luas jajar genjang, Anda dapat menggunakan rumus alas x tinggi, sedangkan untuk menghitung kelilingnya, Anda dapat menggunakan rumus 2 x (sisi sejajar 1 + sisi sejajar 2). Ada beberapa cara mudah untuk menghitung luas dan keliling jajar genjang seperti menggunakan garis diagonal atau segitiga setengah jajar genjang. Mengenal rumus jajar genjang akan sangat bermanfaat bagi Anda dalam aplikasi matematika dan teknik, serta meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *