Rubahlah menjadi pecahan campuran 15/2 dengan caranya

Posted on

Memahami dan menguasai matematika adalah keterampilan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu konsep matematika yang perlu dipahami adalah pecahan campuran. Pecahan campuran adalah bentuk pecahan yang terdiri dari bilangan bulat dan pecahan biasa. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara mudah untuk merubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran 15/2.

Apa itu pecahan biasa dan pecahan campuran?

Sebelum kita membahas cara merubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran 15/2, mari kita bahas terlebih dahulu tentang pengertian pecahan biasa dan pecahan campuran.

Pecahan biasa adalah bentuk pecahan yang hanya terdiri dari pembilang dan penyebut. Contohnya adalah 3/4, 5/6, atau 7/8. Sedangkan pecahan campuran adalah bentuk pecahan yang terdiri dari bilangan bulat dan pecahan biasa. Contohnya adalah 2 3/4, 3 5/6, atau 4 7/8.

Cara merubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran 15/2

Sekarang, mari kita bahas cara mudah untuk merubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran 15/2. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Pertama-tama, bagi pembilang dengan penyebut. Contohnya, jika kita memiliki pecahan 23/2, maka 23 dibagi dengan 2 akan menghasilkan 11.5.

Pos Terkait:  Apa Itu Decoding dan Contohnya: Pahami Pentingnya Penguraian Data

Langkah 2: Setelah itu, tulis bilangan bulat sebagai bagian dari pecahan campuran. Jadi, jika hasil pembagian di langkah pertama adalah 11.5, maka kita tulis 11 sebagai bilangan bulat.

Langkah 3: Tentukan sisa pembagian dari langkah pertama. Caranya adalah dengan mengalikan bilangan bulat dengan penyebut dan kemudian mengurangi hasilnya dengan pembilang. Dalam contoh kita, 11 x 2 = 22, dan 23 – 22 = 1.

Langkah 4: Tulis sisa pembagian sebagai pecahan biasa dengan menggunakan penyebut yang sama seperti pecahan awal. Jadi, jika sisa pembagian adalah 1, maka kita tulis 1/2.

Langkah 5: Gabungkan bilangan bulat dari langkah kedua dan pecahan biasa dari langkah keempat. Jadi, jika bilangan bulat adalah 11 dan pecahan biasa adalah 1/2, maka hasil dari pecahan campuran adalah 11 1/2.

Contoh lain

Untuk lebih memahami cara merubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran 15/2, berikut adalah contoh lain:

Contoh 1: Ubahlah pecahan 17/3 menjadi pecahan campuran 15/2.

Langkah 1: 17 dibagi dengan 3 adalah 5.66666667.

Langkah 2: Tulis bilangan bulat sebagai bagian dari pecahan campuran. Dalam hal ini, bilangan bulat adalah 5.

Langkah 3: 5 x 3 = 15, dan 17 – 15 = 2.

Pos Terkait:  Berikut adalah Ciri Kebahasaan Teks Persuasi, Kecuali A

Langkah 4: Tulis sisa pembagian sebagai pecahan biasa dengan menggunakan penyebut yang sama seperti pecahan awal. Jadi, sisa pembagian adalah 2/3.

Langkah 5: Gabungkan bilangan bulat dari langkah kedua dan pecahan biasa dari langkah keempat. Jadi, pecahan campuran dari 17/3 menjadi 5 2/3.

Contoh 2: Ubahlah pecahan 24/5 menjadi pecahan campuran 15/2.

Langkah 1: 24 dibagi dengan 5 adalah 4.8.

Langkah 2: Tulis bilangan bulat sebagai bagian dari pecahan campuran. Dalam hal ini, bilangan bulat adalah 4.

Langkah 3: 4 x 5 = 20, dan 24 – 20 = 4.

Langkah 4: Tulis sisa pembagian sebagai pecahan biasa dengan menggunakan penyebut yang sama seperti pecahan awal. Jadi, sisa pembagian adalah 4/5.

Langkah 5: Gabungkan bilangan bulat dari langkah kedua dan pecahan biasa dari langkah keempat. Jadi, pecahan campuran dari 24/5 menjadi 4 4/5.

Kesimpulan

Merubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran adalah keterampilan matematika dasar yang perlu dipahami. Dalam artikel ini, kami telah memberikan cara mudah untuk merubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran 15/2. Dengan memahami konsep ini, kita dapat dengan mudah menyelesaikan masalah matematika yang melibatkan pecahan campuran. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *