Reaksi NaOH(aq) + H2SO4(aq) – Na2SO4(aq) + H2O(l) dan Ca(OH)2(aq) + 2HCl(aq) – CaCl2(aq) + 2H2O(l)

Posted on

Pendahuluan

Reaksi kimia merupakan suatu proses di mana suatu zat akan berubah menjadi zat lain dengan mengalami perubahan pada struktur molekulnya. Salah satu reaksi kimia yang sering terjadi adalah reaksi antara larutan basa dan asam. Dalam artikel ini, kita akan membahas dua reaksi kimia yaitu NaOH(aq) + H2SO4(aq) – Na2SO4(aq) + H2O(l) dan Ca(OH)2(aq) + 2HCl(aq) – CaCl2(aq) + 2H2O(l).

Reaksi NaOH(aq) + H2SO4(aq) – Na2SO4(aq) + H2O(l)

Reaksi ini merupakan reaksi antara larutan basa natrium hidroksida (NaOH) dengan larutan asam sulfat (H2SO4). Pada saat kedua larutan ini dicampur, terjadi reaksi netralisasi di mana ion hidrogen dari asam dan ion hidroksida dari basa akan bereaksi membentuk molekul air (H2O) dan membentuk garam natrium sulfat (Na2SO4). Reaksi ini dapat dituliskan dalam bentuk persamaan kimia sebagai berikut:NaOH(aq) + H2SO4(aq) – Na2SO4(aq) + H2O(l)Di mana “aq” menunjukkan bahwa zat tersebut berada dalam bentuk larutan.NaOH merupakan basa kuat sedangkan H2SO4 merupakan asam kuat. Oleh karena itu, reaksi ini akan berlangsung sepenuhnya dan tidak akan ada zat yang tersisa setelah reaksi berlangsung.

Pos Terkait:  Tugas Quality Control Pabrik Disertai Kualifikasi dan Gajinya

Ca(OH)2(aq) + 2HCl(aq) – CaCl2(aq) + 2H2O(l)

Reaksi ini merupakan reaksi antara larutan basa kalsium hidroksida (Ca(OH)2) dengan larutan asam klorida (HCl). Pada saat kedua larutan ini dicampur, terjadi reaksi netralisasi di mana ion hidrogen dari asam dan ion hidroksida dari basa akan bereaksi membentuk molekul air (H2O) dan membentuk garam kalsium klorida (CaCl2).Reaksi ini dapat dituliskan dalam bentuk persamaan kimia sebagai berikut:Ca(OH)2(aq) + 2HCl(aq) – CaCl2(aq) + 2H2O(l)Di mana “aq” menunjukkan bahwa zat tersebut berada dalam bentuk larutan.Ca(OH)2 merupakan basa kuat sedangkan HCl merupakan asam kuat. Oleh karena itu, reaksi ini akan berlangsung sepenuhnya dan tidak akan ada zat yang tersisa setelah reaksi berlangsung.

Kesimpulan

Reaksi kimia antara larutan basa dan asam merupakan reaksi netralisasi di mana ion hidrogen dari asam dan ion hidroksida dari basa akan bereaksi membentuk molekul air dan garam. Dalam artikel ini, kita telah membahas dua reaksi kimia yaitu NaOH(aq) + H2SO4(aq) – Na2SO4(aq) + H2O(l) dan Ca(OH)2(aq) + 2HCl(aq) – CaCl2(aq) + 2H2O(l). Kedua reaksi ini berlangsung sepenuhnya karena basa dan asam yang digunakan merupakan basa dan asam kuat.

Related posts:
Pos Terkait:  Partikel Koloid dengan Muatan: Contoh dan Manfaatnya untuk Industri dan Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *