Prisma Segi Enam: Bentuk dan Rumusnya

Posted on

Prisma segi enam adalah bangun ruang yang terdiri dari 2 segitiga dan 3 persegi. Prisma segi enam memiliki bentuk yang mirip dengan sebuah kotak yang ditarik ke atas. Prisma segi enam adalah salah satu jenis prisma yang memiliki sisi alas berbentuk segi enam.

Bentuk Prisma Segi Enam

Prisma segi enam memiliki 8 sisi, terdiri dari 2 sisi alas dan 6 sisi tegak. Sisi alas berbentuk segi enam, sedangkan sisinya tegak berbentuk persegi. Prisma segi enam memiliki 12 rusuk, 18 titik sudut dan 6 bidang datar.

Bentuk prisma segi enam mirip dengan kotak yang ditarik ke atas, namun memiliki alas berbentuk segi enam. Prisma segi enam juga memiliki 2 jenis luas permukaan, yaitu luas permukaan seluruhnya dan luas permukaan alas.

Rumus Prisma Segi Enam

Untuk menghitung luas permukaan seluruhnya prisma segi enam, dapat menggunakan rumus:

Luas permukaan seluruhnya = Luas permukaan alas + Luas permukaan tutup + Luas permukaan sisi-sisi tegak

Sedangkan untuk menghitung volume prisma segi enam, dapat menggunakan rumus:

Volume = Luas alas x Tinggi prisma

Pos Terkait:  Jelaskan yang Dimaksud Pola Makan Sehat

Contoh Soal Prisma Segi Enam

Misalkan sebuah prisma segi enam memiliki alas dengan panjang sisi 6cm dan tinggi prisma 10cm. Tentukanlah luas permukaan seluruhnya dan volume dari prisma tersebut.

Luas permukaan alas = 6 x 6 = 36 cm2

Luas permukaan tutup = 36 cm2

Luas permukaan sisi-sisi tegak = (6 x 10) x 6 = 360 cm2

Luas permukaan seluruhnya = 36 + 36 + 360 = 432 cm2

Volume prisma segi enam = 36 x 10 = 360 cm3

Keunikan Prisma Segi Enam

Prisma segi enam memiliki keunikan karena memiliki sisi alas berbentuk segi enam. Selain itu, prisma segi enam juga memiliki 6 sisi tegak berbentuk persegi yang sama besar. Oleh karena itu, prisma segi enam sering digunakan untuk membuat bangunan atau struktur yang simetris dan kuat.

Prisma segi enam juga dapat digunakan untuk menghitung luas permukaan dan volume dari sebuah bangun ruang. Selain itu, prisma segi enam juga dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran matematika.

Kesimpulan

Prisma segi enam adalah bangun ruang yang terdiri dari 2 segitiga dan 3 persegi. Prisma segi enam memiliki bentuk yang mirip dengan sebuah kotak yang ditarik ke atas. Prisma segi enam memiliki sisi alas berbentuk segi enam dan 6 sisi tegak berbentuk persegi. Prisma segi enam memiliki 12 rusuk, 18 titik sudut dan 6 bidang datar. Prisma segi enam juga memiliki 2 jenis luas permukaan, yaitu luas permukaan seluruhnya dan luas permukaan alas. Prisma segi enam juga dapat digunakan untuk menghitung luas permukaan dan volume dari sebuah bangun ruang, serta sebagai bahan ajar dalam pembelajaran matematika.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *