Perkiraan Biaya Kuliah Teknik Pertanian

Posted on

Teknik pertanian adalah salah satu bidang studi yang menjanjikan di Indonesia. Selain memiliki prospek kerja yang baik, teknik pertanian juga sangat dibutuhkan di masa depan untuk mengatasi permasalahan pertanian di Indonesia. Namun, salah satu hal yang menjadi perhatian bagi calon mahasiswa adalah biaya kuliah teknik pertanian. Berikut ini adalah perkiraan biaya kuliah teknik pertanian di beberapa universitas terkemuka di Indonesia.

Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia yang menyediakan program studi teknik pertanian. Biaya kuliah teknik pertanian di UGM bervariasi tergantung dari program studi yang dipilih. Untuk program studi S1, biaya kuliah di UGM berkisar antara 9 juta hingga 13 juta per semester. Sedangkan untuk program studi S2, biaya kuliah di UGM berkisar antara 12 juta hingga 17 juta per semester.

Institut Pertanian Bogor (IPB)

IPB merupakan institut pertanian terbaik di Indonesia yang memiliki program studi teknik pertanian yang sangat baik. Biaya kuliah teknik pertanian di IPB relatif lebih murah dibandingkan dengan UGM. Untuk program studi S1, biaya kuliah di IPB berkisar antara 6 juta hingga 9 juta per semester. Sedangkan untuk program studi S2, biaya kuliah di IPB berkisar antara 10 juta hingga 14 juta per semester.

Universitas Brawijaya (UB)

UB juga merupakan universitas terkemuka di Indonesia yang menyediakan program studi teknik pertanian. Biaya kuliah teknik pertanian di UB juga relatif lebih murah dibandingkan dengan UGM. Untuk program studi S1, biaya kuliah di UB berkisar antara 5 juta hingga 8 juta per semester. Sedangkan untuk program studi S2, biaya kuliah di UB berkisar antara 8 juta hingga 12 juta per semester.

Universitas Hasanuddin (Unhas)

Unhas merupakan salah satu universitas terbaik di Sulawesi Selatan yang menyediakan program studi teknik pertanian. Biaya kuliah teknik pertanian di Unhas relatif lebih murah dibandingkan dengan universitas terkemuka di Indonesia. Untuk program studi S1, biaya kuliah di Unhas berkisar antara 2 juta hingga 4 juta per semester. Sedangkan untuk program studi S2, biaya kuliah di Unhas berkisar antara 4 juta hingga 6 juta per semester.

Pos Terkait:  Hasil dari Log 100 Adalah - Apa Itu Logaritma?

Universitas Jember (UNEJ)

UNEJ merupakan salah satu universitas terbaik di Jawa Timur yang menyediakan program studi teknik pertanian. Biaya kuliah teknik pertanian di UNEJ juga relatif lebih murah dibandingkan dengan universitas terkemuka di Indonesia. Untuk program studi S1, biaya kuliah di UNEJ berkisar antara 3 juta hingga 6 juta per semester. Sedangkan untuk program studi S2, biaya kuliah di UNEJ berkisar antara 6 juta hingga 8 juta per semester.

Universitas Lampung (Unila)

Unila merupakan salah satu universitas terbaik di Lampung yang menyediakan program studi teknik pertanian. Biaya kuliah teknik pertanian di Unila juga relatif lebih murah dibandingkan dengan universitas terkemuka di Indonesia. Untuk program studi S1, biaya kuliah di Unila berkisar antara 3 juta hingga 5 juta per semester. Sedangkan untuk program studi S2, biaya kuliah di Unila berkisar antara 5 juta hingga 7 juta per semester.

Universitas Syiah Kuala (Unsyiah)

Unsyiah merupakan salah satu universitas terbaik di Aceh yang menyediakan program studi teknik pertanian. Biaya kuliah teknik pertanian di Unsyiah juga relatif lebih murah dibandingkan dengan universitas terkemuka di Indonesia. Untuk program studi S1, biaya kuliah di Unsyiah berkisar antara 3 juta hingga 5 juta per semester. Sedangkan untuk program studi S2, biaya kuliah di Unsyiah berkisar antara 5 juta hingga 7 juta per semester.

Universitas Udayana (Unud)

Unud merupakan salah satu universitas terbaik di Bali yang menyediakan program studi teknik pertanian. Biaya kuliah teknik pertanian di Unud juga relatif lebih murah dibandingkan dengan universitas terkemuka di Indonesia. Untuk program studi S1, biaya kuliah di Unud berkisar antara 3 juta hingga 5 juta per semester. Sedangkan untuk program studi S2, biaya kuliah di Unud berkisar antara 5 juta hingga 7 juta per semester.

Universitas Mataram (Unram)

Unram merupakan salah satu universitas terbaik di Lombok yang menyediakan program studi teknik pertanian. Biaya kuliah teknik pertanian di Unram juga relatif lebih murah dibandingkan dengan universitas terkemuka di Indonesia. Untuk program studi S1, biaya kuliah di Unram berkisar antara 3 juta hingga 5 juta per semester. Sedangkan untuk program studi S2, biaya kuliah di Unram berkisar antara 5 juta hingga 7 juta per semester.

Universitas Negeri Malang (UM)

UM merupakan salah satu universitas negeri terbaik di Indonesia yang menyediakan program studi teknik pertanian. Biaya kuliah teknik pertanian di UM juga relatif lebih murah dibandingkan dengan universitas terkemuka di Indonesia. Untuk program studi S1, biaya kuliah di UM berkisar antara 3 juta hingga 5 juta per semester. Sedangkan untuk program studi S2, biaya kuliah di UM berkisar antara 5 juta hingga 7 juta per semester.

Pos Terkait:  Bahasa Sunda Berasal dari Pulau: Sejarah dan Asal Usul

Universitas Tanjungpura (Untan)

Untan merupakan salah satu universitas terbaik di Kalimantan Barat yang menyediakan program studi teknik pertanian. Biaya kuliah teknik pertanian di Untan juga relatif lebih murah dibandingkan dengan universitas terkemuka di Indonesia. Untuk program studi S1, biaya kuliah di Untan berkisar antara 3 juta hingga 5 juta per semester. Sedangkan untuk program studi S2, biaya kuliah di Untan berkisar antara 5 juta hingga 7 juta per semester.

Universitas Palangka Raya (UPR)

UPR merupakan salah satu universitas terbaik di Kalimantan Tengah yang menyediakan program studi teknik pertanian. Biaya kuliah teknik pertanian di UPR juga relatif lebih murah dibandingkan dengan universitas terkemuka di Indonesia. Untuk program studi S1, biaya kuliah di UPR berkisar antara 3 juta hingga 5 juta per semester. Sedangkan untuk program studi S2, biaya kuliah di UPR berkisar antara 5 juta hingga 7 juta per semester.

Universitas Halu Oleo (UHO)

UHO merupakan salah satu universitas terbaik di Sulawesi Tenggara yang menyediakan program studi teknik pertanian. Biaya kuliah teknik pertanian di UHO juga relatif lebih murah dibandingkan dengan universitas terkemuka di Indonesia. Untuk program studi S1, biaya kuliah di UHO berkisar antara 3 juta hingga 5 juta per semester. Sedangkan untuk program studi S2, biaya kuliah di UHO berkisar antara 5 juta hingga 7 juta per semester.

Universitas Papua (Unipa)

Unipa merupakan salah satu universitas terbaik di Papua yang menyediakan program studi teknik pertanian. Biaya kuliah teknik pertanian di Unipa juga relatif lebih murah dibandingkan dengan universitas terkemuka di Indonesia. Untuk program studi S1, biaya kuliah di Unipa berkisar antara 3 juta hingga 5 juta per semester. Sedangkan untuk program studi S2, biaya kuliah di Unipa berkisar antara 5 juta hingga 7 juta per semester.

Universitas Sam Ratulangi (Unsrat)

Unsrat merupakan salah satu universitas terbaik di Sulawesi Utara yang menyediakan program studi teknik pertanian. Biaya kuliah teknik pertanian di Unsrat juga relatif lebih murah dibandingkan dengan universitas terkemuka di Indonesia. Untuk program studi S1, biaya kuliah di Unsrat berkisar antara 3 juta hingga 5 juta per semester. Sedangkan untuk program studi S2, biaya kuliah di Unsrat berkisar antara 5 juta hingga 7 juta per semester.

Universitas Lampung Timur (Unila Timur)

Unila Timur merupakan salah satu universitas terbaik di Lampung Timur yang menyediakan program studi teknik pertanian. Biaya kuliah teknik pertanian di Unila Timur juga relatif lebih murah dibandingkan dengan universitas terkemuka di Indonesia. Untuk program studi S1, biaya kuliah di Unila Timur berkisar antara 3 juta hingga 5 juta per semester. Sedangkan untuk program studi S2, biaya kuliah di Unila Timur berkisar antara 5 juta hingga 7 juta per semester.

Pos Terkait:  Apakah Perbedaan Antara Reinforcement Positif dengan Reinforcement Negatif?

Universitas Negeri Makassar (UNM)

UNM merupakan salah satu universitas negeri terbaik di Indonesia yang menyediakan program studi teknik pertanian. Biaya kuliah teknik pertanian di UNM juga relatif lebih murah dibandingkan dengan universitas terkemuka di Indonesia. Untuk program studi S1, biaya kuliah di UNM berkisar antara 3 juta hingga 5 juta per semester. Sedangkan untuk program studi S2, biaya kuliah di UNM berkisar antara 5 juta hingga 7 juta per semester.

Universitas Negeri Gorontalo (UNG)

UNG merupakan salah satu universitas negeri terbaik di Indonesia yang menyediakan program studi teknik pertanian. Biaya kuliah teknik pertanian di UNG juga relatif lebih murah dibandingkan dengan universitas terkemuka di Indonesia. Untuk program studi S1, biaya kuliah di UNG berkisar antara 3 juta hingga 5 juta per semester. Sedangkan untuk program studi S2, biaya kuliah di UNG berkisar antara 5 juta hingga 7 juta per semester.

Universitas Negeri Manado (UNIMA)

UNIMA merupakan salah satu universitas negeri terbaik di Indonesia yang menyediakan program studi teknik pertanian. Biaya kuliah teknik pertanian di UNIMA juga relatif lebih murah dibandingkan dengan universitas terkemuka di Indonesia. Untuk program studi S1, biaya kuliah di UNIMA berkisar antara 3 juta hingga 5 juta per semester. Sedangkan untuk program studi S2, biaya kuliah di UNIMA berkisar antara 5 juta hingga 7 juta per semester.

Universitas Negeri Sorong (UNES)

UNES merupakan salah satu universitas negeri terbaik di Indonesia yang menyediakan program studi teknik pertanian. Biaya kuliah teknik pertanian di UNES juga relatif lebih murah dibandingkan dengan universitas terkemuka di Indonesia. Untuk program studi S1, biaya kuliah di UNES berkisar antara 3 juta hingga 5 juta per semester. Sedangkan untuk program studi S2, biaya kuliah di UNES berkisar antara 5 juta hingga 7 juta per semester.

Universitas Pattimura (Unpatti)

Unpatti merupakan salah satu universitas terbaik di Maluku yang menyediakan program studi teknik pertanian. Biaya kuliah teknik pertanian di Unpatti juga relatif lebih murah dibandingkan dengan universitas terkemuka di Indonesia. Untuk program studi S1, biaya kul

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *