Perkiraan Biaya Hidup Mahasiswa di Solo

Posted on

Bagi seorang mahasiswa, mengenyam pendidikan di kota solo adalah hal yang cukup menarik. Selain memiliki banyak universitas ternama, kota ini juga memiliki banyak tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. Namun, sebelum memutuskan untuk menempuh pendidikan di kota solo, seorang calon mahasiswa perlu mengetahui perkiraan biaya hidup di sana. Berikut adalah rincian biaya hidup mahasiswa di solo:

Biaya Akomodasi

Salah satu biaya terbesar yang harus dikeluarkan oleh seorang mahasiswa adalah biaya akomodasi. Untuk itu, seorang mahasiswa di solo bisa memilih untuk tinggal di kos atau apartemen. Harga sewa kos di solo berkisar antara Rp 500.000 sampai Rp 1.500.000 per bulan, tergantung dari fasilitas yang disediakan. Sedangkan, harga sewa apartemen berkisar antara Rp 2.000.000 sampai Rp 4.000.000 per bulan.

Biaya Makan

Biaya makan juga menjadi salah satu biaya terbesar yang harus dikeluarkan oleh seorang mahasiswa. Di kota solo, harga makanan di warung makan atau restoran bisa berkisar antara Rp 20.000 sampai Rp 50.000 per porsi. Sedangkan, harga makanan di kantin kampus berkisar antara Rp 10.000 sampai Rp 20.000 per porsi.

Pos Terkait:  Apa Hubungan Antara Pembicara? A. E-Pals

Biaya Transportasi

Biaya transportasi juga menjadi salah satu biaya yang harus dikeluarkan oleh seorang mahasiswa di solo. Untuk itu, seorang mahasiswa bisa menggunakan kendaraan umum seperti bus, angkutan kota, atau kereta api. Harga tiket kendaraan umum di solo berkisar antara Rp 2.000 sampai Rp 10.000 per trip.

Biaya Kesehatan

Biaya kesehatan juga menjadi salah satu biaya yang harus diperhitungkan oleh seorang mahasiswa di solo. Untuk itu, sebaiknya seorang mahasiswa memiliki asuransi kesehatan atau kartu BPJS. Biaya konsultasi dokter di solo berkisar antara Rp 50.000 sampai Rp 150.000 per konsultasi.

Biaya Hiburan

Setelah belajar dan memenuhi tugas-tugas kuliah, seorang mahasiswa tentu membutuhkan hiburan untuk menghilangkan kepenatan. Di solo, seorang mahasiswa bisa mengunjungi berbagai tempat wisata seperti Candi Prambanan, Taman Balekambang, atau Museum Keris. Harga tiket masuk ke tempat wisata di solo berkisar antara Rp 5.000 sampai Rp 50.000 per orang.

Biaya Lain-Lain

Selain biaya-biaya di atas, seorang mahasiswa juga perlu menyiapkan biaya untuk kebutuhan lain seperti keperluan mandi, listrik, dan internet. Harga air dan listrik di solo berkisar antara Rp 50.000 sampai Rp 250.000 per bulan. Sedangkan, harga internet berkisar antara Rp 200.000 sampai Rp 500.000 per bulan.

Pos Terkait:  Apakah Makna Penting yang Ada dalam Praktek Gotong Royong?

Kesimpulan

Dari rincian di atas, dapat disimpulkan bahwa perkiraan biaya hidup mahasiswa di solo berkisar antara Rp 3.000.000 sampai Rp 7.000.000 per bulan, tergantung dari gaya hidup dan jenis akomodasi yang dipilih. Oleh karena itu, seorang calon mahasiswa perlu memperhitungkan dengan matang biaya hidup sebelum memutuskan untuk menempuh pendidikan di kota ini.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *