Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Posted on

Setiap makhluk hidup memiliki komponen dasar yang disebut sel. Sel merupakan komponen terkecil dari organisme hidup yang dapat melakukan semua fungsi kehidupan. Meskipun sel hewan dan sel tumbuhan memiliki beberapa kesamaan, mereka juga memiliki perbedaan yang signifikan. Artikel ini akan membahas perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan.

1. Dinding Sel

Perbedaan paling mencolok antara sel hewan dan sel tumbuhan adalah keberadaan dinding sel. Sel tumbuhan memiliki dinding sel yang terbuat dari selulosa, sedangkan sel hewan tidak memiliki dinding sel sama sekali. Dinding sel tumbuhan memberikan kekuatan dan perlindungan pada sel tersebut.

2. Bentuk Sel

Sel tumbuhan biasanya lebih besar dan lebih bervariasi bentuknya daripada sel hewan. Sel tumbuhan memiliki bentuk yang lebih kaku karena adanya dinding sel yang memberikan dukungan struktural. Sel hewan, di sisi lain, biasanya berbentuk bulat atau oval.

3. Kloroplas

Kloroplas adalah organel yang hanya ditemukan pada sel tumbuhan. Kloroplas adalah tempat terjadinya proses fotosintesis, yang menghasilkan makanan bagi sel tumbuhan. Sel hewan tidak memiliki kloroplas, karena mereka tidak melakukan fotosintesis.

4. Vakuola

Vakuola adalah organel yang terdapat pada sel tumbuhan yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan air dan nutrisi. Vakuola pada sel tumbuhan umumnya lebih besar dan lebih banyak dibandingkan dengan sel hewan.

Pos Terkait:  Perbedaan Utama Antara Konsep Produk, Konsep Penjualan, dan Konsep Pemasaran

5. Mitokondria

Mitokondria adalah organel yang ditemukan pada sel hewan dan sel tumbuhan. Namun, mitokondria pada sel hewan lebih banyak dibandingkan dengan sel tumbuhan. Mitokondria berfungsi sebagai tempat terjadinya respirasi selular, yang menghasilkan energi bagi sel.

6. Kromosom

Kromosom pada sel tumbuhan biasanya lebih besar daripada sel hewan. Sel tumbuhan memiliki kromosom yang mudah dilihat di bawah mikroskop karena ukurannya yang besar dan bentuknya yang bervariasi.

7. Pembelahan Sel

Pembelahan sel pada sel tumbuhan dan sel hewan juga berbeda. Sel tumbuhan melakukan pembelahan sel dengan pembentukan dinding sel baru di antara kedua sel anak. Sedangkan sel hewan melakukan pembelahan sel dengan membelah sel menjadi dua bagian.

8. Pergerakan

Sel hewan memiliki kemampuan untuk bergerak, sedangkan sel tumbuhan tidak memiliki kemampuan untuk bergerak. Sel hewan dapat bergerak dengan menggunakan flagela atau silia, sedangkan sel tumbuhan tidak memiliki struktur yang sama.

9. Penggunaan Energi

Sel hewan menggunakan energi yang dihasilkan oleh mitokondria untuk melakukan berbagai aktivitas. Sedangkan sel tumbuhan menggunakan energi yang dihasilkan oleh fotosintesis untuk melakukan aktivitas selanjutnya.

10. Fotosintesis

Sel tumbuhan adalah satu-satunya sel yang dapat melakukan fotosintesis. Fotosintesis adalah proses di mana energi matahari diubah menjadi energi kimia yang digunakan untuk menghasilkan makanan bagi sel tumbuhan.

11. Membran Sel

Membran sel pada sel hewan dan sel tumbuhan sama-sama terdiri dari lapisan fosfolipid yang disebut lipid bilayer. Namun, sel tumbuhan memiliki membran tambahan yang disebut membran selubung, yang melindungi sel dari kerusakan dan infeksi.

12. Kekuatan dan Kelenturan

Sel tumbuhan lebih kuat dan lebih kaku daripada sel hewan karena adanya dinding sel. Namun, sel hewan lebih fleksibel dan dapat beradaptasi dengan perubahan lingkungan.

13. Rangka Sel

Sel hewan tidak memiliki rangka sel, sedangkan sel tumbuhan memiliki rangka sel yang terbuat dari selulosa. Rangka sel ini memberikan dukungan struktural pada sel tumbuhan.

Pos Terkait:  Perdagangan Limbah Wirausaha Adalah

14. Klorofil

Klorofil adalah pigmen hijau yang ditemukan pada kloroplas sel tumbuhan. Klorofil berperan dalam proses fotosintesis. Sel hewan tidak memiliki klorofil.

15. Sel Hewan Tidak Bisa Bertahan di Air

Sel hewan tidak bisa bertahan di air karena mereka tidak memiliki dinding sel yang melindungi dari tekanan air. Sedangkan sel tumbuhan dapat bertahan di air karena adanya dinding sel yang dapat menahan tekanan air.

16. Sel Hewan Memiliki Lysosome

Lysosome adalah organel pada sel hewan yang berfungsi sebagai tempat penghancuran bahan-bahan yang tidak diperlukan. Sel tumbuhan tidak memiliki lysosome.

17. Sel Hewan Mengandung Glikogen

Glikogen adalah senyawa karbohidrat yang digunakan sebagai cadangan energi pada sel hewan. Sel tumbuhan menggunakan amilum sebagai cadangan energi.

18. Sel Tumbuhan Bisa Menyimpan Air Lebih Banyak

Salah satu perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan adalah kemampuan sel tumbuhan untuk menyimpan air lebih banyak. Hal ini disebabkan oleh adanya vakuola yang terdapat pada sel tumbuhan.

19. Sel Hewan Menghasilkan Kolagen

Kolagen adalah protein yang banyak terdapat pada jaringan ikat pada hewan. Sel hewan menghasilkan kolagen untuk membentuk struktur jaringan ikat pada organisme.

20. Sel Tumbuhan Menghasilkan Selulosa

Selulosa adalah senyawa karbohidrat yang terdapat pada dinding sel tumbuhan. Sel tumbuhan menghasilkan selulosa untuk membentuk dinding sel yang kuat dan tahan lama.

21. Sel Tumbuhan Memiliki Plasmodesmata

Plasmodesmata adalah jalur komunikasi yang terdapat pada sel tumbuhan. Jalur ini memungkinkan transfer bahan-bahan antara sel-sel tumbuhan yang berdekatan. Sel hewan tidak memiliki plasmodesmata.

22. Sel Hewan Mengandung Hemoglobin

Hemoglobin adalah protein yang terdapat pada sel darah merah pada hewan. Hemoglobin berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Sel tumbuhan tidak memiliki hemoglobin.

23. Sel Tumbuhan Menghasilkan Hormon Tumbuhan

Hormon tumbuhan adalah senyawa kimia yang diproduksi oleh sel tumbuhan untuk mengatur pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Sel hewan tidak menghasilkan hormon tumbuhan.

Pos Terkait:  Mau Tahu Pengertian Ijtihad Klik Disini

24. Sel Hewan Menghasilkan Enzim Pencernaan

Enzim pencernaan adalah senyawa kimia yang diproduksi oleh sel hewan untuk membantu dalam pencernaan makanan. Sel tumbuhan tidak menghasilkan enzim pencernaan.

25. Sel Tumbuhan Menghasilkan Klorofil

Klorofil adalah pigmen hijau yang ditemukan pada kloroplas sel tumbuhan. Klorofil berperan dalam proses fotosintesis yang menghasilkan makanan bagi sel tumbuhan. Sel hewan tidak menghasilkan klorofil.

26. Sel Hewan Memiliki Nukleus yang Lebih Besar

Nukleus pada sel hewan biasanya lebih besar daripada nukleus pada sel tumbuhan. Hal ini disebabkan oleh jumlah kromosom yang lebih banyak pada sel hewan.

27. Sel Tumbuhan Dapat Mengalami Fotosintesis

Sel tumbuhan adalah satu-satunya sel yang dapat melakukan fotosintesis. Fotosintesis adalah proses di mana energi matahari diubah menjadi energi kimia yang digunakan untuk menghasilkan makanan bagi sel tumbuhan.

28. Sel Hewan Memiliki Sistem Saraf

Sel hewan memiliki sistem saraf yang kompleks untuk mengatur berbagai fungsi tubuh. Sel tumbuhan tidak memiliki sistem saraf.

29. Sel Tumbuhan Memiliki Kloroplas

Kloroplas adalah organel yang hanya ditemukan pada sel tumbuhan. Kloroplas adalah tempat terjadinya proses fotosintesis, yang menghasilkan makanan bagi sel tumbuhan. Sel hewan tidak memiliki kloroplas.

30. Sel Tumbuhan Memiliki Membran Selubung

Membran selubung adalah membran tambahan yang terdapat pada sel tumbuhan. Membran ini melindungi sel dari kerusakan dan infeksi. Sel hewan tidak memiliki membran selubung.

Kesimpulan

Sel hewan dan sel tumbuhan memiliki perbedaan yang signifikan dalam hal struktur dan fungsi. Sel tumbuhan memiliki dinding sel, kloroplas, vakuola, rangka sel, dan plasmodesmata, sedangkan sel hewan tidak memiliki struktur tersebut. Sel hewan memiliki kemampuan untuk bergerak, memiliki lysosome, dan dapat menghasilkan kolagen dan enzim pencernaan, sedangkan sel tumbuhan tidak memiliki kemampuan ini. Namun, kedua jenis sel memiliki beberapa kesamaan, seperti memiliki mitokondria dan lipid bilayer sebagai membran sel.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *