Perbedaan Gymnospermae dan Angiospermae

Posted on

Tumbuhan adalah makhluk hidup yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Tumbuhan terdiri dari berbagai jenis salah satunya adalah gymnospermae dan angiospermae. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara kedua jenis tumbuhan tersebut.

Pengertian Gymnospermae

Gymnospermae adalah jenis tumbuhan yang memiliki biji terbuka. Artinya, biji-biji tersebut tidak terlindungi oleh buah seperti pada angiospermae. Contoh tumbuhan gymnospermae adalah pohon cemara, pinus, dan sejenisnya.

Pengertian Angiospermae

Angiospermae adalah jenis tumbuhan yang memiliki biji tertutup dalam buah. Contoh tumbuhan angiospermae adalah mangga, apel, jeruk, dan sejenisnya.

Perbedaan Struktur

Perbedaan struktur antara gymnospermae dan angiospermae terletak pada biji dan buahnya. Pada gymnospermae, biji terbuka dan tidak dilindungi oleh buah. Sedangkan pada angiospermae, biji tertutup dalam buah yang melindunginya.

Perbedaan Habitat

Perbedaan habitat antara gymnospermae dan angiospermae terletak pada tempat tumbuhnya. Gymnospermae biasanya tumbuh di daerah yang sangat dingin seperti daerah kutub dan pegunungan. Sedangkan angiospermae dapat tumbuh di berbagai daerah seperti hutan, padang rumput, dan daerah perkotaan.

Perbedaan Perkembangbiakan

Perbedaan perkembangbiakan antara gymnospermae dan angiospermae terletak pada cara penyerbukan dan pembuahan. Pada gymnospermae, penyerbukan terjadi melalui angin. Sedangkan pada angiospermae, penyerbukan dapat terjadi melalui angin, serangga, dan hewan lainnya.

Pos Terkait:  Arti Kata Review: Mengetahui Makna Kata dengan Mudah

Perbedaan Kehidupan

Perbedaan kehidupan antara gymnospermae dan angiospermae terletak pada umur tumbuhannya. Gymnospermae biasanya memiliki umur tumbuhan yang lebih panjang daripada angiospermae. Selain itu, gymnospermae juga lebih tahan terhadap cuaca ekstrem seperti suhu rendah dan kekeringan.

Kegunaan

Baik gymnospermae maupun angiospermae memiliki kegunaan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Gymnospermae dapat digunakan sebagai bahan bangunan, kertas, dan sejenisnya. Sedangkan angiospermae dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan, obat-obatan, dan sejenisnya.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa gymnospermae dan angiospermae memiliki perbedaan pada struktur, habitat, perkembangbiakan, kehidupan, dan kegunaannya. Namun, keduanya memiliki kegunaan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu, kita harus menjaga kelestarian kedua jenis tumbuhan ini agar dapat terus dimanfaatkan pada masa depan.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *