Penyelesaian dari 1/2 (x-6) = 2+4/3 x adalah a nilai a+5 adalah

Posted on

Pendahuluan

Masalah matematika seringkali menjadi momok bagi siswa dan mahasiswa. Terkadang, mereka merasa kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika yang sulit dan rumit. Salah satu contoh soal matematika yang seringkali ditemui adalah penyelesaian dari 1/2 (x-6) = 2+4/3 x adalah a nilai a+5 adalah. Soal ini cukup rumit dan memerlukan pemahaman yang baik terhadap konsep matematika. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara menyelesaikan soal ini secara lengkap dan mudah dipahami.

Langkah-langkah Penyelesaian

Untuk menyelesaikan soal ini, kita perlu mengikuti beberapa langkah berikut:

1. Menghilangkan pecahan pada persamaan

Pertama-tama, kita perlu menghilangkan pecahan pada persamaan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengalikan kedua sisi persamaan dengan bilangan yang merupakan kelipatan persekutuan terkecil dari denominasi pecahan tersebut. Dalam hal ini, kelipatan persekutuan terkecil dari denominasi 1/2 dan 4/3 adalah 6. Oleh karena itu, kita perlu mengalikan kedua sisi persamaan dengan 6 agar pecahan dapat dihilangkan.

Langkah pertama adalah mengalikan kedua sisi persamaan dengan 6:

6 x 1/2 (x-6) = 6 x (2+4/3 x)

Pos Terkait:  Jelaskan Tentang Bahan Baku Perabot Kantor dari Besi

Selanjutnya, kita dapat menyederhanakan persamaan tersebut:

3(x-6) = 12 + 8x

2. Mengelompokkan variabel

Setelah pecahan dihilangkan, langkah selanjutnya adalah mengelompokkan variabel. Kita perlu memindahkan variabel x ke satu sisi dan konstanta ke sisi yang lain. Dalam hal ini, kita dapat memindahkan 8x ke sisi kiri dan -3x ke sisi kanan.

3x – 8x = 12 + 18

-5x = 30

3. Menyelesaikan variabel

Setelah variabel x dipindahkan, langkah selanjutnya adalah menyelesaikan variabel tersebut. Kita perlu membagi kedua sisi persamaan dengan -5 untuk mendapatkan nilai x.

x = -6

4. Menentukan nilai a+5

Setelah nilai x ditemukan, langkah terakhir adalah menentukan nilai a+5. Dalam hal ini, kita dapat mengganti nilai x dengan -6 pada persamaan awal dan menyelesaikan persamaan tersebut.

1/2 (-6-6) = 2+4/3 (-6)

-6 = -6

Nilai a+5 dapat ditentukan dengan mengalikan nilai x dengan 1/2:

a+5 = -6 x 1/2

a+5 = -3

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas bagaimana cara menyelesaikan soal matematika yang rumit, yaitu penyelesaian dari 1/2 (x-6) = 2+4/3 x adalah a nilai a+5 adalah. Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah menghilangkan pecahan pada persamaan, mengelompokkan variabel, menyelesaikan variabel, dan menentukan nilai a+5. Dengan memahami konsep matematika yang mendasar, kita dapat menyelesaikan berbagai macam soal matematika dengan mudah dan cepat.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *