Penyebab Berakhirnya Perjanjian Internasional Adalah

Posted on

Pengenalan

Perjanjian internasional adalah sebuah kesepakatan yang dibuat oleh dua negara atau lebih, yang diatur oleh hukum internasional. Namun, seperti halnya perjanjian lainnya, perjanjian internasional juga bisa berakhir. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi berakhirnya perjanjian internasional. Artikel ini akan membahas beberapa penyebab utama berakhirnya perjanjian internasional.

Perubahan Kondisi

Perjanjian internasional disusun berdasarkan kondisi yang berlaku saat itu. Namun, kondisi tersebut bisa berubah seiring waktu. Perubahan kondisi bisa menjadi penyebab berakhirnya perjanjian internasional. Contohnya, perjanjian perdagangan yang dibuat antara dua negara bisa berakhir jika salah satu negara mengubah kebijakan perdagangan mereka.

Pelanggaran

Pelanggaran perjanjian internasional juga bisa menyebabkan perjanjian tersebut berakhir. Jika salah satu atau semua pihak tidak mematuhi perjanjian tersebut, perjanjian tersebut bisa dianggap tidak berlaku lagi. Pelanggaran perjanjian bisa berupa pelanggaran hak asasi manusia, kebijakan perdagangan, atau kebijakan lingkungan.

Ketidaksepakatan

Ketidaksepakatan adalah salah satu penyebab utama berakhirnya perjanjian internasional. Jika salah satu pihak tidak setuju dengan keputusan atau tindakan yang diambil oleh pihak lainnya, maka perjanjian tersebut bisa berakhir. Hal ini bisa terjadi jika salah satu pihak merasa tidak diuntungkan oleh perjanjian tersebut.

Pos Terkait:  Kedatangan Jepang ke Indonesia dan Perjanjian Kalijati

Keadaan Darurat

Keadaan darurat seperti perang atau bencana alam bisa menjadi penyebab berakhirnya perjanjian internasional. Dalam keadaan seperti ini, perjanjian bisa dianggap tidak berlaku lagi karena kondisi yang tidak memungkinkan untuk dilaksanakan.

Kepunahan Negara

Kepunahan negara adalah kondisi di mana sebuah negara tidak lagi ada. Jika salah satu negara yang terlibat dalam perjanjian internasional mengalami kepunahan, maka perjanjian tersebut bisa dianggap tidak berlaku lagi. Hal ini karena negara tersebut tidak lagi ada untuk mematuhi perjanjian tersebut.

Kesimpulan

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan berakhirnya perjanjian internasional. Perubahan kondisi, pelanggaran, ketidaksepakatan, keadaan darurat, dan kepunahan negara adalah beberapa faktor utama yang bisa mempengaruhi berakhirnya perjanjian internasional. Penting bagi negara-negara yang terlibat dalam perjanjian untuk mematuhi perjanjian tersebut dan menghindari faktor-faktor yang bisa menyebabkan perjanjian tersebut berakhir.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *