Pengurangan Pecahan: Cara Mudah Mengurangi Pecahan dengan Cepat

Posted on

Pengertian Pecahan

Pecahan merupakan bentuk bilangan yang dapat dinyatakan dalam bentuk pembagian antara bilangan bulat dengan bilangan bulat lainnya. Pecahan memiliki dua unsur, yaitu penyebut dan pembilang.

Penyebut adalah bilangan yang berada di bawah garis pecahan, sedangkan pembilang adalah bilangan yang berada di atas garis pecahan.

Contohnya, pecahan ½ memiliki penyebut 2 dan pembilang 1. Sedangkan pecahan ¾ memiliki penyebut 4 dan pembilang 3.

Pengurangan Pecahan

Pengurangan pecahan merupakan operasi matematika yang dilakukan dengan cara mengurangi dua pecahan. Pada operasi ini, penyebut dari kedua pecahan harus sama.

Contohnya, jika kita ingin mengurangi pecahan ⅔ dengan pecahan ¼, maka kita harus membuat penyebut kedua pecahan sama terlebih dahulu. Caranya adalah dengan melakukan operasi perkalian pada penyebut dan pembilang.

Pada pecahan ⅔, kita dapat mengalikan penyebut dan pembilang dengan bilangan 4, sehingga pecahan menjadi 8/12. Sedangkan pada pecahan ¼, kita dapat mengalikan penyebut dan pembilang dengan bilangan 3, sehingga pecahan menjadi 3/12.

Setelah itu, kita dapat melakukan pengurangan antara kedua pecahan menjadi 5/12.

Pos Terkait:  Arti Kata Budi: Memahami Makna Budi Pekerti di Indonesia

Cara Mudah Mengurangi Pecahan

Ada beberapa cara mudah yang dapat dilakukan untuk mengurangi pecahan. Berikut adalah cara mudah yang dapat dilakukan:

1. Mencari Bilangan Kelipatan

Cara pertama adalah dengan mencari bilangan kelipatan dari penyebut kedua pecahan. Setelah itu, kita dapat mengalikan penyebut dan pembilang pada pecahan pertama dengan bilangan kelipatan tersebut.

Contohnya, jika kita ingin mengurangi pecahan ¾ dengan pecahan ⅖, maka kita dapat mencari bilangan kelipatan dari penyebut kedua pecahan, yaitu 20. Setelah itu, kita dapat mengalikan penyebut dan pembilang pada pecahan pertama dengan bilangan kelipatan tersebut.

Pada pecahan ¾, kita dapat mengalikan penyebut dan pembilang dengan bilangan 5, sehingga pecahan menjadi 15/20. Sedangkan pada pecahan ⅖, kita dapat mengalikan penyebut dan pembilang dengan bilangan 4, sehingga pecahan menjadi 8/20.

Setelah itu, kita dapat melakukan pengurangan antara kedua pecahan menjadi 7/20.

2. Menggunakan Kalkulator atau Aplikasi Penghitung Pecahan

Cara kedua adalah dengan menggunakan kalkulator atau aplikasi penghitung pecahan. Hal ini dapat mempermudah dan mempercepat proses pengurangan pecahan.

Contohnya, jika kita ingin mengurangi pecahan ⅜ dengan pecahan ⅕, kita dapat menggunakan kalkulator atau aplikasi penghitung pecahan untuk mendapatkan hasil pengurangan yang tepat.

Pos Terkait:  Arti Kata Merawat: Pentingnya Merawat Diri dan Lingkungan Sekitar

3. Menggunakan Rumus

Cara ketiga adalah dengan menggunakan rumus pengurangan pecahan. Rumus pengurangan pecahan adalah sebagai berikut:

a/b – c/d = (ad – bc) / bd

Dimana a, b, c, dan d merupakan bilangan bulat yang menyatakan penyebut dan pembilang dari kedua pecahan.

Contohnya, jika kita ingin mengurangi pecahan ⅗ dengan pecahan ⅓, maka kita dapat menggunakan rumus pengurangan pecahan.

a/b – c/d = (ad – bc) / bd

⅗ – ⅓ = (5×3 – 3×2) / 15

= (15 – 6) / 15

= 9/15

= 3/5

Kesimpulan

Pengurangan pecahan merupakan operasi matematika yang dilakukan dengan cara mengurangi dua pecahan. Untuk melakukan operasi ini, penyebut dari kedua pecahan harus sama. Ada beberapa cara mudah yang dapat dilakukan untuk mengurangi pecahan, seperti mencari bilangan kelipatan, menggunakan kalkulator atau aplikasi penghitung pecahan, dan menggunakan rumus pengurangan pecahan.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *