Pengertian Tangga Nada: Apa Itu dan Bagaimana Cara Mengenalinya?

Posted on

Bagi yang senang bermain musik, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah tangga nada. Tangga nada adalah susunan nada-nada dalam suatu skala musik yang diatur secara berurutan. Dalam pembelajaran musik, tangga nada menjadi satu hal yang sangat penting untuk dipelajari. Dalam artikel ini, akan dijelaskan pengertian tangga nada, jenis-jenis tangga nada, dan cara mengenali tangga nada.

Pengertian Tangga Nada

Tangga nada adalah susunan nada dalam skala musik yang diatur secara berurutan. Tangga nada ini digunakan sebagai dasar dari pembuatan melodi atau lagu. Tangga nada juga biasa disebut dengan istilah scale dalam bahasa Inggris. Secara umum, tangga nada terdiri dari 7 buah nada yang diurutkan dari rendah ke tinggi.

Tangga nada juga bisa diartikan sebagai kumpulan nada-nada yang teratur dan memiliki interval tertentu. Interval adalah jarak antara satu nada dengan nada lainnya dalam sebuah tangga nada. Dalam musik, tangga nada biasanya diwakili dengan huruf-huruf dari A hingga G.

Jenis-jenis Tangga Nada

Terdapat beberapa jenis tangga nada yang umum digunakan dalam musik, di antaranya:

Pos Terkait:  10 Persiapan Latsar CPNS yang Perlu Dilengkapi Jauh Hari

1. Tangga Nada Mayor

Tangga nada mayor merupakan jenis tangga nada yang memiliki karakter ceria dan bahagia. Tangga nada mayor terdiri dari 7 buah nada yang diurutkan dengan interval tertentu. Nada pertama dan terakhir pada tangga nada mayor adalah nada yang sama atau disebut dengan oktaf.

2. Tangga Nada Minor

Tangga nada minor merupakan jenis tangga nada yang memiliki karakter sedih atau melankolis. Tangga nada minor juga terdiri dari 7 buah nada yang diurutkan dengan interval tertentu. Pada tangga nada minor, interval antara nada ke-2 dan ke-3 serta nada ke-5 dan ke-6 lebih pendek dari pada tangga nada mayor.

3. Tangga Nada Blues

Tangga nada blues adalah tangga nada yang biasa digunakan pada musik blues. Tangga nada ini terdiri dari 6 buah nada yang diurutkan dengan interval tertentu. Nada pada tangga nada blues biasanya dimainkan dengan bentuk akor.

Cara Mengenali Tangga Nada

Untuk mengenali tangga nada, kamu bisa memperhatikan nada-nada yang dimainkan pada sebuah lagu. Biasanya, tangga nada pada sebuah lagu akan dimulai dari nada dasar (root note) dan diakhiri dengan oktaf yang sama. Kamu bisa mencoba memainkan tangga nada pada sebuah alat musik, seperti keyboard atau gitar.

Pos Terkait:  Tembang Macapat Kalebu Tembang A. Cilik b. Gedhe

Selain itu, kamu juga bisa mengenali tangga nada dengan memperhatikan interval antara satu nada dengan nada lainnya. Interval pada tangga nada mayor misalnya adalah 2-2-1-2-2-2-1, sedangkan pada tangga nada minor adalah 2-1-2-2-1-2-2.

Kesimpulan

Tangga nada adalah susunan nada dalam skala musik yang diatur secara berurutan. Terdapat beberapa jenis tangga nada yang umum digunakan dalam musik, diantaranya tangga nada mayor, tangga nada minor, dan tangga nada blues. Untuk mengenali tangga nada, kamu bisa memperhatikan nada-nada yang dimainkan pada sebuah lagu atau memperhatikan interval antara satu nada dengan nada lainnya.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *