Pengertian Penelitian Sosial Menurut Para Ahli

Posted on

Penelitian sosial adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi tentang perilaku, kebiasaan, budaya, dan interaksi manusia dalam suatu masyarakat. Para ahli telah memberikan definisi tentang penelitian sosial yang dapat membantu memahami esensi dari penelitian ini.

Pengertian Penelitian Sosial Menurut Soerjono Soekanto

Menurut Soerjono Soekanto, penelitian sosial adalah suatu upaya untuk memperoleh penjelasan ilmiah tentang masyarakat dan perilaku manusia, dengan menggunakan metode ilmiah yang sistematis dan objektif.

Penelitian sosial menurut Soerjono Soekanto bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang masyarakat dan perilaku manusia, sehingga dapat dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan yang lebih baik dalam berbagai bidang seperti politik, ekonomi, dan sosial.

Pengertian Penelitian Sosial Menurut George Ritzer

George Ritzer mendefinisikan penelitian sosial sebagai suatu kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang masyarakat dan fenomena sosial yang ada di dalamnya.

Menurut Ritzer, penelitian sosial memiliki beberapa tujuan, yaitu untuk mengembangkan teori sosial yang lebih baik, untuk memahami fenomena sosial yang kompleks, dan untuk membuat kebijakan yang lebih efektif dalam mengatasi masalah sosial yang ada di masyarakat.

Pos Terkait:  Perkiraan Biaya Kuliah Teknik Perminyakan

Pengertian Penelitian Sosial Menurut Robert K. Yin

Robert K. Yin mendefinisikan penelitian sosial sebagai suatu kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang fenomena sosial dalam situasi yang nyata.

Menurut Yin, penelitian sosial dilakukan untuk mengembangkan teori sosial yang lebih baik, untuk mengevaluasi program atau kebijakan yang sudah ada, dan untuk menyediakan informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan dalam berbagai bidang.

Pengertian Penelitian Sosial Menurut John W. Creswell

John W. Creswell mendefinisikan penelitian sosial sebagai suatu kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang fenomena sosial dengan menggunakan metode-metode ilmiah yang sistematis.

Menurut Creswell, penelitian sosial memiliki beberapa tujuan, yaitu untuk mengembangkan teori sosial yang lebih baik, untuk menilai efektivitas program atau kebijakan yang sudah ada, dan untuk menghasilkan informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan.

Pengertian Penelitian Sosial Menurut Clifford Geertz

Clifford Geertz mendefinisikan penelitian sosial sebagai suatu kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang makna sosial yang diberikan oleh orang-orang dalam suatu masyarakat.

Menurut Geertz, penelitian sosial bertujuan untuk memahami pemikiran, keyakinan, dan nilai-nilai yang ada di dalam masyarakat, sehingga dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang perilaku manusia dalam konteks sosial.

Pos Terkait:  Gaji Cook Helper: Pekerjaan yang Menjanjikan di Bidang Kuliner

Pengertian Penelitian Sosial Menurut Max Weber

Max Weber mendefinisikan penelitian sosial sebagai kegiatan yang dilakukan untuk memahami bagaimana tindakan manusia dikaitkan dengan nilai-nilai dan tujuan-tujuan yang ada di dalam masyarakat.

Menurut Weber, penelitian sosial bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang perilaku manusia dalam konteks sosial, sehingga dapat memberikan dasar untuk mengembangkan teori-teori sosial yang lebih baik.

Pengertian Penelitian Sosial Menurut Emile Durkheim

Emile Durkheim mendefinisikan penelitian sosial sebagai suatu kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang struktur sosial dan cara-cara orang berinteraksi dalam masyarakat.

Menurut Durkheim, penelitian sosial bertujuan untuk mengembangkan teori-teori sosial yang dapat membantu memahami fenomena sosial yang ada di dalam masyarakat, sehingga dapat memberikan dasar untuk pengambilan keputusan yang lebih baik dalam berbagai bidang.

Pengertian Penelitian Sosial Menurut Anthony Giddens

Anthony Giddens mendefinisikan penelitian sosial sebagai suatu kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang interaksi sosial dan cara-cara manusia beradaptasi dengan perubahan sosial.

Menurut Giddens, penelitian sosial bertujuan untuk mengembangkan teori-teori sosial yang dapat membantu memahami fenomena sosial yang ada di dalam masyarakat, sehingga dapat memberikan dasar untuk pengambilan keputusan yang lebih baik dalam berbagai bidang.

Pos Terkait:  Orang yang Mengumandangkan Adzan Disebut

Pengertian Penelitian Sosial Menurut Pierre Bourdieu

Pierre Bourdieu mendefinisikan penelitian sosial sebagai suatu kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang struktur sosial dan cara-cara manusia mempertahankan posisi sosialnya dalam masyarakat.

Menurut Bourdieu, penelitian sosial bertujuan untuk mengembangkan teori-teori sosial yang dapat membantu memahami fenomena sosial yang ada di dalam masyarakat, sehingga dapat memberikan dasar untuk pengambilan keputusan yang lebih baik dalam berbagai bidang.

Penutup

Dari beberapa definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa penelitian sosial adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang masyarakat dan perilaku manusia dalam konteks sosial. Penelitian sosial memiliki banyak tujuan, seperti mengembangkan teori-teori sosial yang lebih baik, menilai efektivitas program atau kebijakan yang sudah ada, dan menyediakan informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan.

Untuk melakukan penelitian sosial, diperlukan metode-metode ilmiah yang sistematis dan objektif untuk memperoleh data dan informasi yang akurat. Dengan demikian, penelitian sosial dapat memberikan kontribusi yang besar dalam mengembangkan ilmu sosial dan memberikan solusi yang lebih baik dalam mengatasi masalah sosial yang ada di masyarakat.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *