Pengertian Isi dan Tujuan Trikora

Posted on

Trikora adalah singkatan dari “Tri Komando Rakyat”, yang merupakan perintah dari Presiden Soekarno pada 19 Desember 1961 untuk mempersiapkan kemerdekaan Irian Barat (sekarang Papua Barat) dari Belanda. Trikora juga memiliki makna yang lebih luas, yaitu untuk menggalang semangat nasionalisme dan memperkuat persatuan Indonesia.

Isi Trikora

Isi dari Trikora terdiri dari tiga komando penting, yaitu:

1. Komando Operasi Militer

Komando ini bertujuan untuk mempersiapkan kekuatan militer Indonesia untuk mengambil alih Irian Barat dari Belanda. Pada saat itu, Belanda masih menguasai wilayah tersebut dan menolak untuk menyerahkan kekuasaannya kepada Indonesia.

2. Komando Operasi Politik

Komando ini bertujuan untuk memperkuat dukungan politik terhadap Indonesia dalam upaya merebut Irian Barat. Presiden Soekarno mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu dan mendukung usaha pemerintah dalam memperjuangkan kemerdekaan Irian Barat.

3. Komando Operasi Diplomatik

Komando ini bertujuan untuk memperkuat dukungan internasional terhadap Indonesia dalam upaya merebut Irian Barat. Presiden Soekarno mengajak negara-negara yang memiliki hubungan baik dengan Indonesia untuk membantu memperjuangkan kemerdekaan Irian Barat.

Pos Terkait:  10 Perbedaan Akademi dan Universitas

Tujuan Trikora

Tujuan dari Trikora adalah untuk memperkuat semangat nasionalisme dan persatuan Indonesia dalam menghadapi tantangan kemerdekaan dan persatuan bangsa. Selain itu, Trikora juga bertujuan untuk:

1. Merebut Irian Barat dari Belanda

Tujuan utama dari Trikora adalah merebut Irian Barat dari Belanda dan mengembalikannya kepada Indonesia. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memperkuat kedaulatan Indonesia di seluruh wilayahnya.

2. Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Trikora juga bertujuan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Dalam perjuangan merebut Irian Barat, Presiden Soekarno mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu dan mendukung usaha pemerintah.

3. Memperkuat Dukungan Internasional

Trikora juga bertujuan untuk memperkuat dukungan internasional terhadap Indonesia dalam upaya merebut Irian Barat. Presiden Soekarno mengajak negara-negara yang memiliki hubungan baik dengan Indonesia untuk membantu memperjuangkan kemerdekaan Irian Barat.

Kesimpulan

Trikora adalah perintah dari Presiden Soekarno pada 19 Desember 1961 untuk mempersiapkan kemerdekaan Irian Barat dari Belanda. Trikora memiliki tiga komando penting, yaitu komando operasi militer, politik, dan diplomatik. Tujuan dari Trikora adalah untuk memperkuat semangat nasionalisme dan persatuan Indonesia, merebut Irian Barat dari Belanda, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta memperkuat dukungan internasional.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *