Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli

Posted on

Interaksi sosial merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Semua orang pasti memiliki interaksi sosial dalam kehidupan sehari-harinya. Namun, apa sebenarnya pengertian interaksi sosial menurut para ahli? Berikut penjelasannya:

1. George Herbert Mead

Menurut George Herbert Mead, interaksi sosial adalah proses sosial yang melibatkan tindakan saling memberikan arti dalam suatu situasi. Dalam proses ini, individu saling berkomunikasi dan membentuk persepsi bersama mengenai situasi yang sedang dihadapi. Interaksi sosial juga mempengaruhi pembentukan identitas sosial seseorang.

2. Emile Durkheim

Emile Durkheim mendefinisikan interaksi sosial sebagai suatu bentuk hubungan yang dibentuk oleh individu dalam masyarakat. Interaksi sosial ini memengaruhi nilai-nilai, norma, dan aturan yang ada dalam masyarakat. Selain itu, interaksi sosial juga mempengaruhi pembentukan struktur sosial dalam masyarakat.

3. Max Weber

Menurut Max Weber, interaksi sosial adalah proses sosial yang melibatkan tindakan saling bertindak dan saling mempengaruhi antara individu dalam masyarakat. Proses ini meliputi persepsi, interpretasi, dan evaluasi yang dilakukan oleh masing-masing individu dalam interaksi sosial tersebut.

Pos Terkait:  Arti Kata Pasif: Pengertian, Contoh, dan Penggunaannya

4. Charles Horton Cooley

Charles Horton Cooley mendefinisikan interaksi sosial sebagai proses sosial yang melibatkan refleksi diri dan persepsi orang lain. Dalam proses ini, individu membentuk citra diri mereka sendiri melalui interaksi sosial dengan orang lain. Citra diri ini dapat memengaruhi perilaku individu dalam interaksi sosial selanjutnya.

5. Herbert Blumer

Herbert Blumer menganggap interaksi sosial sebagai suatu proses yang dilakukan oleh individu dalam konteks situasi sosial yang spesifik. Dalam proses ini, individu saling memahami dan memengaruhi satu sama lain melalui komunikasi dan tindakan yang dilakukan dalam situasi tersebut.

6. Peter L. Berger dan Thomas Luckmann

Peter L. Berger dan Thomas Luckmann mendefinisikan interaksi sosial sebagai suatu proses sosial yang melibatkan konstruksi realitas sosial. Dalam proses ini, individu membentuk pemahaman bersama mengenai realitas sosial melalui interaksi sosial yang dilakukan.

7. Georg Simmel

Georg Simmel menganggap interaksi sosial sebagai suatu proses yang melibatkan pertukaran sosial antara individu dalam masyarakat. Dalam proses ini, individu saling memberikan pengaruh dan memengaruhi satu sama lain melalui pertukaran sosial yang dilakukan.

8. Jean Piaget

Jean Piaget mendefinisikan interaksi sosial sebagai proses sosial yang melibatkan perkembangan kognitif individu. Dalam proses ini, individu belajar melalui interaksi sosial dengan orang lain dan lingkungan sekitarnya.

Pos Terkait:  Bagaimana Pengguna Tanda Koma dalam Teks Deskripsi?

9. Lev Vygotsky

Lev Vygotsky menganggap interaksi sosial sebagai suatu proses sosial yang melibatkan pembentukan pengetahuan dan keterampilan individu melalui interaksi dengan orang lain dalam lingkungan sosial.

10. Erving Goffman

Erving Goffman mendefinisikan interaksi sosial sebagai suatu proses sosial yang melibatkan peran sosial individu dalam masyarakat. Dalam proses ini, individu memainkan peran sosial yang sesuai dengan situasi dan lingkungan sosial yang ada.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa interaksi sosial merupakan suatu proses sosial yang melibatkan individu dalam masyarakat. Proses ini meliputi tindakan saling memberikan arti, komunikasi, refleksi diri, pertukaran sosial, konstruksi realitas sosial, perkembangan kognitif, pembentukan pengetahuan dan keterampilan, serta peran sosial individu dalam masyarakat.

Interaksi sosial juga memengaruhi pembentukan identitas sosial, nilai-nilai, norma, aturan, struktur sosial, dan perilaku individu dalam masyarakat. Oleh karena itu, penting bagi setiap individu untuk memahami dan mengembangkan kemampuan dalam interaksi sosial agar dapat beradaptasi dengan lingkungan sosial yang ada.

Sumber:

  • https://www.sosialpolitik.net/2019/03/pengertian-interaksi-sosial-menurut-para.html
  • https://pengajar.co.id/pengertian-interaksi-sosial-menurut-para-ahli-dan-contohnya/
  • https://ilmusosial.id/pengertian-interaksi-sosial-menurut-para-ahli/
Related posts:
Pos Terkait:  SLTA Itu SMP Apa SMA?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *