Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Posted on

Ilmu ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan mengalokasikan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam ilmu ekonomi, terdapat beberapa pendapat atau pengertian dari para ahli yang berbeda-beda. Berikut adalah penjelasan mengenai pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli.

Adam Smith

Adam Smith adalah seorang ekonom asal Skotlandia yang dikenal sebagai bapak ekonomi modern. Menurutnya, ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa yang dihasilkan oleh masyarakat. Selain itu, Adam Smith juga mengemukakan konsep laissez faire yang mengarah pada kebebasan ekonomi tanpa campur tangan pemerintah.

David Ricardo

David Ricardo merupakan seorang ekonom asal Inggris yang dikenal dengan teori komparatifnya. Menurutnya, ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari hubungan antara produksi dan distribusi barang dan jasa dalam masyarakat. Selain itu, David Ricardo juga mengemukakan teori nilai kerja yang menyatakan bahwa nilai suatu barang ditentukan oleh jumlah tenaga kerja yang digunakan untuk memproduksinya.

John Maynard Keynes

John Maynard Keynes merupakan seorang ekonom asal Inggris yang dikenal dengan teori ekonomi Keynesian. Menurutnya, ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari cara untuk mengatasi masalah pengangguran dan resesi ekonomi. Keynes mengemukakan bahwa pemerintah harus campur tangan dalam mengatur ekonomi untuk mencapai keseimbangan antara produksi dan permintaan.

Pos Terkait:  Di Mana dan Kapankah Batu Magnet Pertama Kali Ditemukan?

Milton Friedman

Milton Friedman adalah seorang ekonom asal Amerika Serikat yang dikenal dengan teori ekonomi neoliberal. Menurutnya, ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari cara untuk mencapai efisiensi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pasar bebas. Friedman mengemukakan bahwa campur tangan pemerintah dalam ekonomi hanya akan menghambat perkembangan ekonomi.

Amartya Sen

Amartya Sen adalah seorang ekonom asal India yang dikenal dengan konsep kemiskinan manusia. Menurutnya, ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari cara untuk meningkatkan kesejahteraan manusia, bukan hanya melalui aspek ekonomi saja, tetapi juga melalui aspek sosial dan politik. Sen mengemukakan bahwa kemiskinan bukan hanya terjadi karena kurangnya pendapatan, tetapi juga karena kurangnya akses terhadap pendidikan, kesehatan, dan hak asasi manusia.

Conclusi

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli berbeda-beda. Ada yang menganggap ilmu ekonomi hanya mempelajari produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa, ada juga yang menganggap ilmu ekonomi harus memperhatikan aspek sosial dan politik. Namun, pada dasarnya, ilmu ekonomi bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia melalui pengaturan sumber daya yang tersedia dengan efisien dan efektif.

Related posts:
Pos Terkait:  10 Syarat Masuk Jurusan Kehutanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *