Pengertian Forehand dan Backhand

Posted on

Forehand dan backhand adalah dua teknik dasar dalam permainan tenis. Dalam artikel ini, kita akan membahas arti dari forehand dan backhand serta bagaimana cara melakukan kedua teknik ini dengan benar.

Pengertian Forehand

Forehand adalah teknik menggiring bola dengan menggunakan tangan yang lebih dominan. Pada umumnya, pemain tenis yang tangan dominannya adalah tangan kanan akan menggunakan forehand untuk menggiring bola yang berada di sebelah kanannya, sedangkan pemain yang tangan dominannya adalah tangan kiri, akan menggunakan forehand untuk menggiring bola yang berada di sebelah kirinya.

Forehand juga sering disebut sebagai groundstroke karena bola yang digiring dengan teknik ini biasanya masih berada di permukaan tanah atau di sekitar pinggir lapangan.

Cara Melakukan Forehand

Untuk melakukan forehand, pertama-tama letakkan kaki kanan di depan dan kaki kiri di belakang (untuk pemain yang tangan dominannya adalah tangan kanan). Kemudian, pegang raket dengan tangan kanan dan letakkan tangan kiri di depan raket. Pastikan posisi badan tegak dan mata fokus pada bola.

Gerakan forehand dimulai dari posisi siap dengan raket diangkat ke atas kepala. Kemudian, ayunkan raket ke belakang sedikit di atas bahu dan ayunkan ke depan ketika bola datang. Ketika memukul bola, usahakan untuk memukul bola di depan tubuh dan hindari memukul bola terlalu dekat dengan badan.

Pos Terkait:  Jelaskan Apa yang Dimaksud dengan Keseimbangan Energi

Pengertian Backhand

Backhand adalah teknik menggiring bola dengan menggunakan tangan yang lebih tidak dominan. Jika pemain tangan dominannya adalah tangan kanan, maka backhand akan digunakan untuk menggiring bola yang berada di sebelah kiri, dan sebaliknya.

Backhand juga sering disebut sebagai groundstroke karena bola yang digiring dengan teknik ini biasanya masih berada di permukaan tanah atau di sekitar pinggir lapangan.

Cara Melakukan Backhand

Untuk melakukan backhand, letakkan kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang (untuk pemain yang tangan dominannya adalah tangan kanan). Pegang raket dengan tangan kanan dan letakkan tangan kiri di belakang raket. Pastikan posisi badan tegak dan mata fokus pada bola.

Gerakan backhand dimulai dari posisi siap dengan raket diangkat ke atas kepala. Kemudian, ayunkan raket ke belakang sedikit di atas bahu dan ayunkan ke depan ketika bola datang. Ketika memukul bola, usahakan untuk memukul bola di depan tubuh dan hindari memukul bola terlalu dekat dengan badan.

Perbedaan Antara Forehand dan Backhand

Perbedaan antara forehand dan backhand terletak pada tangan yang digunakan untuk menggiring bola. Pada forehand, tangan yang dominan digunakan untuk menggiring bola, sedangkan pada backhand, tangan yang tidak dominan digunakan.

Pos Terkait:  Mengapa Dinamika Penduduk Dapat Menyebabkan Terjadinya Perubahan Sosial

Selain itu, forehand lebih mudah dilakukan karena menggunakan tangan yang lebih dominan dan gerakan yang lebih alami. Sedangkan backhand lebih sulit dilakukan karena menggunakan tangan yang tidak dominan dan gerakan yang kurang alami.

Kesimpulan

Forehand dan backhand adalah dua teknik dasar dalam permainan tenis. Kedua teknik ini memiliki pengertian dan cara melakukan yang berbeda. Namun, keduanya sama-sama penting untuk dikuasai oleh pemain tenis.

Untuk menguasai teknik forehand dan backhand dengan baik, diperlukan latihan yang teratur dan konsisten. Dengan latihan yang cukup, pemain tenis dapat mengembangkan tekniknya dan meningkatkan performa di lapangan.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *