Pengertian Crowd/Kerumunan

Posted on

Crowd atau kerumunan biasanya terjadi ketika banyak orang berkumpul di satu tempat atau ruang terbuka. Kerumunan bisa terjadi karena berbagai hal seperti kepentingan politik, acara olahraga, atau bahkan kegiatan sehari-hari seperti belanja di pasar. Namun, kerumunan juga bisa menjadi situasi yang berbahaya jika tidak diatur dengan baik.

Jenis-jenis kerumunan

Ada beberapa jenis kerumunan, yaitu:

1. Kerumunan serentak

Jenis kerumunan ini terjadi ketika banyak orang berkumpul dalam waktu yang sama di satu tempat. Contohnya adalah saat konser atau festival musik. Kerumunan serentak bisa menjadi berbahaya jika tidak diatur dengan baik karena bisa menyebabkan kepanikan dan kecelakaan.

2. Kerumunan bergerak

Jenis kerumunan ini terjadi ketika orang-orang bergerak dalam satu arah. Contohnya adalah saat evakuasi kebakaran atau saat orang berjalan di trotoar yang sempit. Kerumunan bergerak juga bisa menjadi berbahaya jika tidak diatur dengan baik karena bisa menyebabkan orang terjepit atau terinjak-injak.

3. Kerumunan yang statis

Jenis kerumunan ini terjadi ketika orang-orang berkumpul di satu tempat dalam waktu yang lama. Contohnya adalah saat demo atau aksi protes. Kerumunan yang statis bisa menjadi berbahaya jika tidak diatur dengan baik karena bisa menyebabkan kerusuhan dan kecelakaan.

Pos Terkait:  7 Jam Sama Dengan Berapa Menit: Cara Mudah Menghitung Waktu

Faktor penyebab kerumunan

Ada beberapa faktor penyebab kerumunan, yaitu:

1. Kepentingan sosial

Orang seringkali berkumpul untuk memenuhi kebutuhan sosial seperti keinginan untuk bersosialisasi atau berinteraksi dengan orang lain.

2. Kepentingan politik

Orang juga bisa berkumpul karena memiliki tujuan politik seperti aksi protes atau demonstrasi.

3. Kepentingan ekonomi

Kerumunan juga bisa terjadi karena adanya kepentingan ekonomi seperti saat ada pasar atau acara diskon besar-besaran.

Apa yang harus dilakukan saat terjadi kerumunan?

Jika Anda berada dalam kerumunan, ada beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu:

1. Jangan panik

Ingatlah untuk tetap tenang dan tidak panik saat berada dalam kerumunan. Jangan berlari atau berusaha keluar dari kerumunan secara paksa.

2. Pahami situasi

Cobalah untuk memahami situasi sekitar. Apakah kerumunan terjadi karena ada bahaya tertentu atau hanya karena banyak orang berkumpul?

3. Ikuti instruksi petugas keamanan

Jika ada petugas keamanan yang memberikan instruksi, sebaiknya ikuti instruksi tersebut. Petugas keamanan biasanya memiliki pengalaman dan tahu bagaimana cara menangani situasi kerumunan yang berbahaya.

4. Jangan berusaha keluar dari kerumunan secara paksa

Jangan berusaha keluar dari kerumunan secara paksa karena hal tersebut bisa menyebabkan kekacauan dan kecelakaan. Sebaiknya tunggu sampai kerumunan mereda atau petugas keamanan memberikan instruksi untuk keluar.

Pos Terkait:  Apa Itu PPDB Adalah?

Kesimpulan

Kerumunan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Namun, kerumunan juga bisa menjadi situasi yang berbahaya jika tidak diatur dengan baik. Oleh karena itu, saat berada dalam kerumunan, penting untuk tetap tenang dan mengikuti instruksi dari petugas keamanan.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *