Pekerjaan yang Cocok untuk Lulusan SMK Jurusan Administrasi Perkantoran

Posted on

Jurusan Administrasi Perkantoran merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati oleh siswa-siswi SMK. Jurusan ini mempelajari tentang bagaimana mengelola administrasi perkantoran seperti pengetikan surat, pengarsipan, pengolahan data, dan sebagainya. Menjadi lulusan SMK jurusan Administrasi Perkantoran, tentunya banyak peluang kerja yang bisa diambil. Berikut adalah beberapa pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMK jurusan Administrasi Perkantoran:

1. Sekretaris

Sekretaris merupakan pekerjaan yang sangat cocok untuk lulusan SMK jurusan Administrasi Perkantoran. Seorang sekretaris bertanggung jawab untuk mengatur jadwal, menyusun laporan, membuat presentasi, serta melakukan tugas-tugas administratif lainnya. Kemampuan menguasai bahasa Inggris dan mengoperasikan komputer menjadi kelebihan yang harus dimiliki oleh seorang sekretaris.

2. Customer Service

Customer Service merupakan pekerjaan yang membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik. Seorang customer service bertugas untuk melayani kebutuhan pelanggan, memproses pesanan, serta menyelesaikan keluhan pelanggan. Kemampuan mengoperasikan komputer dan berbahasa asing juga menjadi kelebihan untuk posisi ini.

Pos Terkait:  Unsur-unsur yang Ditekankan pada Senam Irama Yaitu...

3. Front Office

Front Office merupakan posisi yang bertanggung jawab untuk menerima tamu, mengatur jadwal, dan memberikan informasi kepada tamu. Seorang front office harus memiliki penampilan yang rapi dan sopan serta kemampuan komunikasi yang baik.

4. Operator Komputer

Seorang operator komputer bertugas untuk mengoperasikan dan merawat peralatan komputer. Kemampuan menguasai software seperti Microsoft Office, Photoshop, dan Corel Draw menjadi kelebihan untuk posisi ini.

5. Staff Administrasi

Staff administrasi bertanggung jawab untuk melakukan tugas-tugas administratif seperti pengarsipan, pengetikan surat, pengolahan data, dan sebagainya. Posisi ini cocok untuk lulusan SMK jurusan Administrasi Perkantoran yang memiliki kemampuan multitasking.

6. Asisten Pribadi

Asisten pribadi bertanggung jawab untuk membantu atasan dalam menjalankan tugas-tugasnya. Tugas-tugas yang dilakukan antara lain mengatur jadwal, menyusun laporan, melakukan penelitian, dan sebagainya. Kemampuan mengoperasikan komputer, berbahasa asing, dan kemampuan menulis yang baik menjadi kelebihan untuk posisi ini.

7. Staf Keuangan

Staf keuangan bertanggung jawab untuk melakukan tugas-tugas administratif di bagian keuangan seperti menyusun laporan keuangan, membuat anggaran, mengelola pembayaran, dan sebagainya. Kemampuan mengoperasikan komputer dan memiliki pengetahuan tentang akuntansi menjadi kelebihan untuk posisi ini.

8. Staf HRD

Staf HRD bertanggung jawab untuk melakukan tugas-tugas administratif di bagian sumber daya manusia seperti melakukan rekrutmen, mengatur jadwal pelatihan, mengelola data karyawan, dan sebagainya. Kemampuan mengoperasikan komputer dan memiliki pengetahuan tentang manajemen sumber daya manusia menjadi kelebihan untuk posisi ini.

Pos Terkait:  Apa Artinya Pria Paruh Baya?

9. Staf Sales dan Marketing

Staf sales dan marketing bertanggung jawab untuk melakukan tugas-tugas administratif di bagian penjualan dan pemasaran seperti membuat presentasi, mengelola promosi, melakukan riset pasar, dan sebagainya. Kemampuan mengoperasikan komputer dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik menjadi kelebihan untuk posisi ini.

10. Staf Pengadaan Barang dan Jasa

Staf pengadaan barang dan jasa bertanggung jawab untuk melakukan tugas-tugas administratif di bagian pengadaan seperti membuat permintaan pengadaan, membuat kontrak, mengelola data vendor, dan sebagainya. Kemampuan mengoperasikan komputer dan memiliki pengetahuan tentang proses pengadaan menjadi kelebihan untuk posisi ini.

Itulah beberapa pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMK jurusan Administrasi Perkantoran. Dengan kemampuan yang dimiliki, diharapkan lulusan SMK mampu bersaing di dunia kerja dan menemukan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *