Pada Tumbuhan Pembelahan Reduksi Terjadi

Posted on

Tumbuhan mempertahankan hidupnya dengan melakukan pembelahan sel. Pembelahan sel ini terjadi sebagai bagian dari proses reproduksi. Salah satu jenis pembelahan sel yang terjadi pada tumbuhan adalah pembelahan reduksi. Pembelahan reduksi ini terjadi pada saat sel induk membelah menjadi sel anak yang memiliki jumlah kromosom setengah dari sel induk.

Apa itu Pembelahan Reduksi?

Pembelahan reduksi adalah proses pembelahan sel yang terjadi pada sel-sel yang akan digunakan untuk proses reproduksi. Selama proses ini, sel induk membelah menjadi dua sel anak yang memiliki jumlah kromosom yang lebih sedikit dari sel induk. Hal ini terjadi karena proses meiosis yang terjadi selama pembelahan reduksi.

Proses Meiosis

Proses meiosis terjadi selama pembelahan reduksi. Proses ini terdiri dari dua tahap yaitu meiosis I dan meiosis II. Pada tahap pertama, sel induk membelah menjadi dua sel anak yang memiliki jumlah kromosom setengah dari sel induk. Pada tahap kedua, dua sel anak tersebut membelah lagi menjadi empat sel yang memiliki jumlah kromosom setengah dari sel induk.

Proses meiosis ini terjadi pada sel-sel yang akan digunakan untuk proses reproduksi. Proses ini juga terjadi pada tumbuhan dan hewan. Namun, pada tumbuhan, proses meiosis terjadi pada organ reproduktif yang berbeda-beda tergantung pada jenis tumbuhan.

Pos Terkait:  10 Alasan Memilih Les Privat

Pembelahan Reduksi pada Tumbuhan

Pada tumbuhan, pembelahan reduksi terjadi pada organ reproduksi yang disebut dengan gametofit. Gametofit adalah organ reproduksi pada tumbuhan yang menghasilkan sel-sel reproduksi yang disebut dengan gamet. Gamet ini nantinya akan bergabung dengan gamet lainnya untuk membentuk zigot yang akan tumbuh menjadi individu baru.

Pada tumbuhan berbunga, gametofit terdapat pada bagian bunga. Bagian bunga yang menghasilkan sel-sel reproduksi jantan disebut dengan sari bunga, sedangkan bagian bunga yang menghasilkan sel-sel reproduksi betina disebut dengan putik bunga. Pada tumbuhan berbiji, gametofit terdapat pada biji dan disebut dengan endosperma.

Manfaat Pembelahan Reduksi

Pembelahan reduksi memiliki manfaat yang sangat penting dalam proses reproduksi tumbuhan. Dengan adanya pembelahan reduksi, jumlah kromosom pada sel-sel reproduksi akan menjadi setengah dari jumlah kromosom pada sel-sel tubuh. Hal ini menjaga kestabilan jumlah kromosom pada individu baru yang dihasilkan. Jika sel-sel reproduksi memiliki jumlah kromosom yang sama dengan sel-sel tubuh, maka individu baru yang dihasilkan akan memiliki jumlah kromosom yang berlebih dan tidak stabil.

Kesimpulan

Pembelahan reduksi adalah proses pembelahan sel yang terjadi pada tumbuhan selama proses reproduksi. Proses ini terdiri dari dua tahap yaitu meiosis I dan meiosis II. Pada tumbuhan, pembelahan reduksi terjadi pada organ reproduksi yang disebut dengan gametofit. Pembelahan reduksi memiliki manfaat yang sangat penting dalam menjaga kestabilan jumlah kromosom pada individu baru yang dihasilkan.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *