Organisasi Sepak Bola yang Pertama Kali Berdiri Adalah

Posted on

Sepak bola merupakan olahraga yang sangat populer di seluruh dunia. Olahraga yang dimainkan oleh dua tim ini memang memiliki daya tarik yang luar biasa. Tak heran jika banyak organisasi sepak bola yang berdiri di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Tapi tahukah kamu, organisasi sepak bola yang pertama kali berdiri adalah The Football Association (FA) di Inggris pada tahun 1863. Organisasi ini didirikan oleh sekelompok klub sepak bola yang ingin membuat aturan main yang sama untuk semua klub.

Sejarah Berdirinya The Football Association

Pada awalnya, klub-klub sepak bola di Inggris memiliki aturan main yang berbeda-beda. Hal ini sering menimbulkan konflik antara klub-klub yang bertanding. Bahkan, sering terjadi perselisihan antara pemain dan penonton karena kurangnya aturan yang jelas.

Oleh karena itu, pada tanggal 26 Oktober 1863, sejumlah klub sepak bola di Inggris berkumpul di Freemason’s Tavern, London, untuk membentuk sebuah organisasi yang bertujuan membuat aturan main yang sama untuk semua klub. Organisasi ini kemudian diberi nama The Football Association.

Pos Terkait:  Arti Kata Rasis: Mengenal Lebih Dekat Istilah Ini

Aturan Main yang Dibuat oleh The Football Association

Setelah dibentuk, The Football Association kemudian membuat aturan main yang disebut dengan Laws of the Game. Aturan main ini menjadi dasar bagi perkembangan sepak bola modern. Beberapa aturan yang dibuat oleh The Football Association antara lain:

  • Setiap tim terdiri dari 11 pemain
  • Bola harus berbentuk bulat dan terbuat dari bahan kulit
  • Setiap gol dihitung jika bola melewati garis gawang secara utuh
  • Jika bola keluar lapangan, maka pertandingan dihentikan dan dilanjutkan dengan lemparan bola dari sisi lapangan yang sama

Aturan-aturan ini kemudian diadopsi oleh seluruh klub sepak bola di Inggris dan menjadi dasar bagi perkembangan sepak bola di seluruh dunia.

Perkembangan Sepak Bola di Indonesia

Di Indonesia, sepak bola pertama kali dimainkan oleh para pelaut Belanda pada awal abad ke-20. Pada tahun 1928, dibentuklah Perserikatan Sepak Bola Indonesia (PSI), yang kemudian berganti nama menjadi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) pada tahun 1930.

Sejak itu, sepak bola semakin populer di Indonesia. Banyak klub-klub sepak bola bermunculan di berbagai daerah, seperti Persib Bandung, Arema Malang, dan Persija Jakarta. Selain itu, Indonesia juga memiliki tim nasional sepak bola yang telah berpartisipasi dalam berbagai turnamen internasional.

Pos Terkait:  Pergerakan Nasional Indonesia: Sejarah, Tujuan, dan Contoh Organisasinya

Kesimpulan

The Football Association merupakan organisasi sepak bola yang pertama kali berdiri di dunia pada tahun 1863. Organisasi ini dibentuk untuk membuat aturan main yang sama untuk semua klub. Aturan main yang dibuat oleh The Football Association menjadi dasar bagi perkembangan sepak bola modern di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *