Orang yang Tinggal Berdiam dalam Suatu Negara Disebut Apa?

Posted on

Apakah Anda pernah bertanya-tanya apa sebenarnya istilah yang tepat untuk menyebut orang yang tinggal berdiam dalam suatu negara? Sebenarnya, istilah yang digunakan untuk menyebut orang yang tinggal dalam suatu negara dapat berbeda-beda tergantung pada konteks dan bahasa yang digunakan.

Istilah yang Digunakan dalam Bahasa Indonesia

Dalam bahasa Indonesia, istilah yang digunakan untuk menyebut orang yang tinggal berdiam dalam suatu negara adalah penduduk. Penduduk adalah istilah yang umum digunakan untuk merujuk pada orang yang secara resmi tercatat sebagai penduduk suatu negara, baik itu warga negara maupun bukan warga negara.

Di Indonesia, setiap orang yang tinggal lebih dari 6 bulan di suatu wilayah dianggap sebagai penduduk dan harus terdaftar di catatan sipil setempat. Penduduk Indonesia juga dibedakan menjadi penduduk asli dan penduduk non asli, tergantung pada asal usul dan keturunan mereka.

Istilah yang Digunakan dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, istilah yang digunakan untuk menyebut orang yang tinggal berdiam dalam suatu negara adalah resident atau citizen. Resident merujuk pada orang yang secara resmi tinggal dalam suatu negara, baik itu sebagai warga negara maupun bukan warga negara, sedangkan citizen merujuk pada orang yang memiliki kewarganegaraan suatu negara.

Pos Terkait:  Kendaraan-kendaraan Berikut yang Paling Ramah

Di Amerika Serikat, misalnya, setiap orang yang tinggal di negara tersebut selama lebih dari 6 bulan dianggap sebagai resident dan harus memiliki kartu identitas penduduk setempat. Sedangkan citizen merujuk pada orang yang memiliki kewarganegaraan Amerika Serikat.

Istilah yang Digunakan dalam Bahasa Lainnya

Di beberapa negara lain, istilah yang digunakan untuk menyebut orang yang tinggal berdiam dalam suatu negara dapat berbeda-beda. Misalnya, di Jerman istilah yang digunakan adalah Einwohner, sedangkan di Prancis istilah yang digunakan adalah résident atau citoyen, tergantung pada konteks penggunaannya.

Di negara-negara yang memiliki tingkat imigrasi yang tinggi, seperti Australia dan Kanada, istilah yang digunakan untuk menyebut orang yang tinggal di negara tersebut dapat dibedakan menjadi permanent resident dan temporary resident, tergantung pada status legal mereka di negara tersebut.

Kesimpulan

Secara umum, istilah yang digunakan untuk menyebut orang yang tinggal berdiam dalam suatu negara adalah penduduk atau resident. Namun, istilah yang tepat dapat berbeda-beda tergantung pada konteks dan bahasa yang digunakan.

Jadi, jika Anda ingin menyebut orang yang tinggal di negara tertentu, pastikan untuk mempertimbangkan konteks dan bahasa yang tepat untuk digunakan. Dengan begitu, Anda dapat menghindari kesalahan dalam penggunaan istilah dan menunjukkan penghormatan pada budaya dan bahasa negara tersebut.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *