Menjelaskan Teks Eksplanasi: Pengertian, Ciri-ciri, dan Contoh

Posted on

Pendahuluan

Teks eksplanasi merupakan jenis teks yang bertujuan untuk memberikan penjelasan atau informasi tentang suatu fenomena atau kejadian. Teks ini biasanya ditulis dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan disertai dengan contoh-contoh yang relevan. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang pengertian, ciri-ciri, dan contoh teks eksplanasi.

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi adalah jenis teks yang memberikan penjelasan atau informasi tentang suatu fenomena atau kejadian. Tujuannya adalah untuk memperjelas atau menjelaskan sesuatu yang mungkin masih kurang dipahami oleh pembaca. Teks eksplanasi biasanya dijumpai dalam buku-buku pelajaran, artikel, atau bahkan dalam bentuk video tutorial di internet.

Ciri-ciri Teks Eksplanasi

Ada beberapa ciri-ciri yang dapat digunakan untuk mengenali teks eksplanasi, di antaranya:

  1. Teks eksplanasi berisi penjelasan atau informasi tentang suatu fenomena atau kejadian.
  2. Teks eksplanasi ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami.
  3. Teks eksplanasi disertai dengan contoh-contoh yang relevan.
  4. Teks eksplanasi seringkali menggunakan gambar atau diagram untuk memperjelas penjelasan.
  5. Teks eksplanasi biasanya disusun secara sistematis, mulai dari pengenalan, penjelasan, dan kesimpulan.
Pos Terkait:  Apakah Gajah Bertelur atau Beranak?

Contoh Teks Eksplanasi

Berikut adalah contoh teks eksplanasi tentang proses pembuatan mie instan:

Pengenalan

Mie instan adalah salah satu makanan instan yang populer di Indonesia. Mie instan terbuat dari tepung terigu, garam, dan bahan-bahan lain yang dicampur menjadi satu. Proses pembuatan mie instan sangatlah sederhana.

Penjelasan

Proses pembuatan mie instan dimulai dengan mencampurkan tepung terigu, garam, dan bahan-bahan lainnya dalam sebuah mesin pencampur. Setelah itu, campuran tersebut diaduk hingga tercampur rata.

Selanjutnya, campuran tersebut diproses dalam mesin pembuat mie. Mesin pembuat mie akan mengepress campuran tersebut hingga menjadi mie yang panjang dan tipis.

Setelah mie terbentuk, maka mie tersebut akan diolah lebih lanjut dengan cara dikeringkan dalam oven. Mie yang sudah kering tersebut kemudian akan dipotong sesuai ukuran dan dikemas dalam kemasan yang sudah siap.

Kesimpulan

Itulah proses pembuatan mie instan yang sederhana. Dalam waktu singkat, mie instan siap untuk dikonsumsi. Namun, perlu diingat bahwa mie instan mengandung banyak bahan pengawet dan tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

Kesimpulan

Teks eksplanasi adalah jenis teks yang memberikan penjelasan atau informasi tentang suatu fenomena atau kejadian. Teks ini memiliki ciri-ciri yang mudah dikenali, seperti penggunaan bahasa yang mudah dipahami, disertai dengan contoh-contoh yang relevan, dan menggunakan gambar atau diagram untuk memperjelas penjelasan. Dalam teks eksplanasi, penjelasan atau informasi disusun secara sistematis, mulai dari pengenalan, penjelasan, dan kesimpulan. Contoh teks eksplanasi yang paling umum adalah dalam bentuk buku pelajaran, artikel, atau video tutorial di internet.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *