Mengapa Asam Klorida Tidak Merusak Lambung?

Posted on

Asam klorida adalah zat kimia yang sangat kuat dan dapat menyebabkan kerusakan pada banyak bahan organik. Namun, lambung manusia terdiri dari sel-sel yang menghasilkan asam klorida setiap hari. Jadi, mengapa asam klorida tidak merusak lambung?

Struktur Lambung

Lambung manusia terdiri dari beberapa lapisan, termasuk lapisan mukosa, submukosa, dan lapisan otot. Lapisan mukosa adalah lapisan terluar lambung dan terdiri dari sel-sel yang menghasilkan asam klorida. Namun, sel-sel ini dilindungi oleh lapisan lendir. Lapisan lendir menghasilkan lendir yang melapisi lapisan mukosa dan melindunginya dari asam klorida.

Regulasi pH Lambung

pH lambung normalnya sekitar 1 hingga 3. pH ini sangat asam dan dapat melarutkan banyak bahan organik. Namun, pH ini diatur oleh sistem yang kompleks yang melibatkan banyak hormon dan enzim.

Salah satu hormon yang berperan dalam regulasi pH lambung adalah gastrin. Hormon ini dikeluarkan oleh sel-sel di usus kecil ketika makanan masuk ke usus. Gastrin merangsang sel-sel di lambung untuk menghasilkan asam klorida. Namun, ketika pH lambung sudah terlalu rendah, sel-sel di lambung menghentikan produksi asam klorida.

Pos Terkait:  Bagaimana Ciri-ciri Tanaman Lengkuas

Sistem Imun Lambung

Lambung juga dilindungi oleh sistem kekebalan tubuh. Sel-sel di lapisan mukosa lambung menghasilkan enzim yang dapat membunuh bakteri dan virus. Selain itu, lambung juga memiliki sel-sel yang menghasilkan hormon yang merangsang produksi sel darah putih. Sel darah putih ini membantu melindungi lambung dari infeksi.

Kesimpulan

Asam klorida memang sangat kuat dan dapat merusak banyak bahan organik. Namun, lambung manusia dilindungi oleh lapisan lendir, sistem regulasi pH yang kompleks, dan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, asam klorida tidak merusak lambung.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *