Mau Apply Job? Pelajari Cara Mengirim Surat Lamaran Lewat WA Berikut

Posted on

Di era digital seperti saat ini, banyak perusahaan yang menerima surat lamaran melalui email atau website. Namun, ada juga perusahaan yang masih menerima surat lamaran melalui pos atau fax. Namun, dengan semakin populernya aplikasi WhatsApp, kini banyak perusahaan yang juga menerima surat lamaran melalui WA. Berikut adalah cara mengirim surat lamaran lewat WA.

1. Siapkan Surat Lamaran Dalam Bentuk File

Sebelum mengirim surat lamaran lewat WA, pastikan kamu sudah menyiapkan surat lamaran dalam bentuk file. File tersebut bisa berupa file Word atau PDF. Pastikan surat lamaran sudah diatur dengan baik dan rapi, serta tidak ada kesalahan penulisan.

2. Pastikan Nomor WA Terdaftar di Kontak Perusahaan

Sebelum mengirim surat lamaran lewat WA, pastikan nomor WA kamu terdaftar di kontak perusahaan. Jika tidak terdaftar, kamu bisa mencari nomor kontak perusahaan melalui website atau media sosial mereka. Jangan lupa, pastikan nomor WA tersebut aktif dan digunakan untuk menerima pesan dari nomor yang tidak dikenal.

3. Buat Pesan Baru di Aplikasi WhatsApp

Setelah memastikan nomor WA terdaftar di kontak perusahaan, buka aplikasi WhatsApp dan buat pesan baru. Pilih kontak perusahaan yang ingin kamu kirim surat lamaran.

Pos Terkait:  Arti Kata Bijaksana Menurut Alkitab

4. Sertakan Kata Pengantar

Sertakan kata pengantar dalam pesan agar perusahaan tahu bahwa kamu mengirimkan surat lamaran. Misalnya, “Halo, saya (nama kamu) ingin mengirimkan surat lamaran untuk posisi (nama posisi yang kamu lamar). Berikut saya lampirkan surat lamaran dalam bentuk file. Mohon diperiksa dan diberikan feedback. Terima kasih.”

5. Lampirkan File Surat Lamaran

Setelah sertakan kata pengantar, selanjutnya lampirkan file surat lamaran yang sudah kamu siapkan sebelumnya. Caranya klik ikon kertas di bagian bawah layar, lalu pilih “Dokumen. Pilih file surat lamaran yang ingin kamu kirimkan.

6. Periksa Kembali Pesan

Sebelum mengirim pesan, pastikan kamu sudah memeriksa kembali pesan dan file surat lamaran yang kamu kirimkan. Pastikan tidak ada kesalahan penulisan dan semua informasi sudah terisi dengan benar. Jika sudah, klik tombol kirim.

7. Tunggu Feedback dari Perusahaan

Setelah mengirim surat lamaran lewat WA, tunggu feedback dari perusahaan. Jika tidak ada feedback dalam waktu yang cukup lama, kamu bisa mengirimkan pesan follow-up untuk menanyakan status surat lamaran kamu. Namun, pastikan kamu tidak mengirimkan pesan follow-up terlalu sering dan terlalu mendesak.

8. Perhatikan Waktu Pengiriman

Perhatikan waktu pengiriman surat lamaran lewat WA. Pastikan kamu mengirimkan surat lamaran pada waktu yang tepat, tidak terlalu pagi atau terlalu malam. Jangan lupa, pastikan kamu mengirimkan surat lamaran pada hari kerja, bukan hari libur atau akhir pekan.

9. Jangan Mengirim Surat Lamaran ke Nomor Pribadi

Jangan mengirimkan surat lamaran ke nomor pribadi perusahaan atau nomor pribadi HRD. Hal ini bisa dianggap sebagai pelecehan dan kurang sopan. Pastikan kamu mengirimkan surat lamaran ke nomor kontak resmi perusahaan.

10. Sertakan Informasi Kontak

Sertakan informasi kontak yang bisa dihubungi dalam surat lamaran. Misalnya nomor telepon atau email. Hal ini akan memudahkan perusahaan untuk menghubungi kamu jika ada pertanyaan lebih lanjut atau untuk mengumumkan hasil seleksi.

11. Pastikan File Surat Lamaran Tidak Terlalu Besar

Pastikan file surat lamaran yang kamu kirimkan tidak terlalu besar. Jika terlalu besar, perusahaan mungkin akan kesulitan untuk mengunduh dan membuka file tersebut. Sebaiknya, ukuran file surat lamaran tidak lebih dari 2MB.

12. Gunakan Bahasa yang Baik dan Benar

Gunakan bahasa yang baik dan benar dalam surat lamaran. Pastikan tidak ada kesalahan penulisan atau tata bahasa yang buruk. Hal ini akan memberikan kesan yang baik pada perusahaan dan meningkatkan peluang kamu untuk diterima.

Pos Terkait:  Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenis Periklanan

13. Sertakan Informasi Pendidikan dan Pengalaman Kerja

Sertakan informasi pendidikan dan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Hal ini akan memudahkan perusahaan untuk mengevaluasi kemampuan dan kualifikasi kamu sebagai kandidat yang potensial.

14. Sertakan Portofolio atau Referensi Jika Diperlukan

Jika diperlukan, sertakan portofolio atau referensi yang bisa mendukung lamaran kamu. Misalnya, portofolio desain grafis atau referensi dari bos atau rekan kerja sebelumnya. Namun, pastikan portofolio atau referensi tersebut relevan dengan posisi yang kamu lamar.

15. Jangan Mengandalkan Surat Lamaran Lewat WA Saja

Jangan mengandalkan surat lamaran lewat WA saja. Pastikan kamu juga mengirimkan surat lamaran melalui email atau website perusahaan jika memungkinkan. Hal ini akan meningkatkan peluang kamu untuk diterima.

16. Perhatikan Tampilan File Surat Lamaran

Perhatikan tampilan file surat lamaran yang kamu kirimkan. Pastikan format dan layout surat lamaran sudah rapi dan mudah dibaca. Jangan terlalu banyak menggunakan font atau warna yang mencolok.

17. Jangan Mengirim Surat Lamaran Lebih dari Satu Kali

Jangan mengirim surat lamaran lebih dari satu kali ke perusahaan yang sama. Hal ini bisa dianggap sebagai tindakan yang kurang sopan dan mengganggu kerja perusahaan. Jika kamu tidak mendapatkan feedback dari perusahaan, tunggu beberapa waktu sebelum mengirim pesan follow-up.

18. Perhatikan Detail Informasi Perusahaan

Perhatikan detail informasi perusahaan sebelum mengirim surat lamaran lewat WA. Pastikan kamu mengirimkan surat lamaran ke perusahaan yang sesuai dengan kualifikasi dan minat kamu. Hal ini akan meningkatkan peluang kamu untuk diterima.

19. Jangan Mengandalkan Teman atau Kenalan untuk Memperkenalkan

Jangan mengandalkan teman atau kenalan untuk memperkenalkan kamu ke perusahaan. Hal ini bisa dianggap sebagai nepotisme dan mengurangi kesempatan kamu untuk diterima berdasarkan kemampuan dan kualifikasi.

20. Perhatikan Deadline Pengiriman Surat Lamaran

Perhatikan deadline pengiriman surat lamaran. Pastikan kamu mengirimkan surat lamaran sebelum deadline yang ditentukan oleh perusahaan. Jangan sampai kamu terlewatkan kesempatan untuk melamar hanya karena terlambat mengirimkan surat lamaran.

21. Jangan Mengirim Surat Lamaran ke Perusahaan yang Sudah Menolak Kamu Sebelumnya

Jangan mengirimkan surat lamaran ke perusahaan yang sudah menolak kamu sebelumnya. Hal ini akan memberikan kesan yang buruk pada perusahaan dan bisa mengurangi peluang kamu untuk diterima di masa depan.

22. Sertakan Motivasi Anda

Sertakan motivasi kamu dalam surat lamaran. Jelaskan mengapa kamu tertarik dengan posisi dan perusahaan yang kamu lamar. Hal ini akan memberikan gambaran tentang motivasi dan komitmen kamu dalam bekerja.

23. Jangan Menyertakan Informasi yang Tidak Relevan

Jangan menyertakan informasi yang tidak relevan dalam surat lamaran. Misalnya, hobi atau minat yang tidak berkaitan dengan posisi yang kamu lamar. Hal ini akan mengurangi kesan profesional dan serius kamu dalam melamar pekerjaan.

Pos Terkait:  Tugas Pengendalian Moneter dari Bank Sentral

24. Sertakan Bukti Prestasi Jika Ada

Jika ada, sertakan bukti prestasi yang pernah kamu raih. Misalnya, sertifikat atau piagam penghargaan. Hal ini akan memperkuat lamaran kamu dan memberikan kesan bahwa kamu merupakan kandidat yang berkualitas dan berpotensi.

25. Jangan Mengirim Surat Lamaran ke Perusahaan yang Tidak Terkait

Jangan mengirimkan surat lamaran ke perusahaan yang tidak terkait dengan kualifikasi dan minat kamu. Hal ini akan mengurangi kesempatan kamu untuk diterima dan membuang-buang waktu kamu serta perusahaan.

26. Sertakan Tautan Profil LinkedIn Jika Ada

Jika ada, sertakan tautan profil LinkedIn kamu dalam surat lamaran. Hal ini akan memudahkan perusahaan untuk mengevaluasi profil kamu secara lebih detail dan memperkuat lamaran kamu.

27. Jangan Menggunakan Bahasa yang Kurang Santun

Jangan menggunakan bahasa yang kurang santun dalam surat lamaran. Pastikan kamu menggunakan bahasa yang sopan dan tidak mengandung kata-kata kasar atau vulgar. Hal ini akan memberikan kesan yang buruk pada perusahaan dan bisa mengurangi peluang kamu untuk diterima.

28. Sertakan Informasi Gaji yang Diinginkan Jika Diminta

Jika diminta, sertakan informasi gaji yang kamu inginkan dalam surat lamaran. Namun, pastikan kamu memberikan rentang gaji yang realistis dan sesuai dengan kualifikasi dan pengalaman kamu. Jangan terlalu rendah atau terlalu tinggi.

29. Pastikan Format File Surat Lamaran Sesuai

Pastikan format file surat lamaran sesuai dengan yang diminta oleh perusahaan. Jika perusahaan meminta file surat lamaran dalam format tertentu, pastikan kamu mengirimkan file tersebut dalam format yang diminta.

30. Buat Surat Lamaran yang Menarik

Buat surat lamaran yang menarik dan berbeda dari surat lamaran lainnya. Cobalah untuk menonjolkan kelebihan dan kualitas yang kamu miliki sebagai kandidat yang potensial. Hal ini akan meningkatkan peluang kamu untuk diterima di perusahaan yang kamu lamar.

Kesimpulan

Mengirim surat lamaran lewat WA bisa menjadi alternatif yang efektif dan efisien dalam melamar pekerjaan. Namun, pastikan kamu mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas dan memperhatikan detail informasi perusahaan. Jangan lupa, buat surat lamaran yang menarik dan sesuai dengan kualifikasi dan minat kamu.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *