Masa Kehidupan Berburu dan Berpindah – Pindah

Posted on

Sejak zaman purba, manusia hidup dalam kelompok-kelompok kecil dan bermigrasi dari satu tempat ke tempat lain dalam mencari makanan. Masa ini dikenal sebagai masa kehidupan berburu dan berpindah-pindah.

Pengertian Masa Kehidupan Berburu dan Berpindah-Pindah

Masa kehidupan berburu dan berpindah-pindah adalah masa ketika manusia hidup dalam kelompok-kelompok kecil dan terus bermigrasi dari satu tempat ke tempat lain dalam mencari makanan. Masa ini terjadi pada periode zaman prasejarah dan masih terjadi pada beberapa masyarakat adat.

Sejarah Masa Kehidupan Berburu dan Berpindah-Pindah

Pada masa prasejarah, manusia hidup dalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari beberapa orang. Mereka hidup di gua atau tempat yang sederhana dan tidak tetap. Kelompok-kelompok ini terus bermigrasi dari satu tempat ke tempat lain dalam mencari makanan.

Mereka adalah pemburu dan pengumpul bahan makanan. Mereka memburu hewan, mengambil buah-buahan, dan mengumpulkan akar-akaran untuk dimakan. Mereka hidup dalam lingkungan yang keras dan berbahaya karena harus selalu mencari makanan di alam liar.

Pos Terkait:  Tulislah pola penyajian dari iklan berikut: Dibutuhkan

Masa kehidupan berburu dan berpindah-pindah berlangsung selama periode waktu yang cukup lama dan menyebar di berbagai wilayah di dunia. Pada saat itu, manusia belum mengenal pertanian dan peternakan. Mereka hidup dari apa yang bisa mereka dapatkan dari alam.

Penyebab Masa Kehidupan Berburu dan Berpindah-Pindah

Salah satu penyebab utama masa kehidupan berburu dan berpindah-pindah adalah kurangnya sumber daya alam yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kelompok. Oleh karena itu, kelompok harus terus bermigrasi mencari sumber daya alam baru.

Di samping itu, kondisi alam yang keras dan berbahaya juga menjadi faktor penyebab. Manusia harus selalu mencari makanan dan berpindah-pindah untuk menghindari bahaya dari hewan buas dan kondisi alam yang sulit.

Karakteristik Masa Kehidupan Berburu dan Berpindah-Pindah

Masa kehidupan berburu dan berpindah-pindah memiliki beberapa karakteristik, antara lain:

  • Manusia hidup dalam kelompok-kelompok kecil
  • Manusia bermigrasi dari satu tempat ke tempat lain dalam mencari makanan
  • Manusia adalah pemburu dan pengumpul bahan makanan
  • Manusia hidup dalam lingkungan yang keras dan berbahaya
  • Manusia belum mengenal pertanian dan peternakan

Dampak Masa Kehidupan Berburu dan Berpindah-Pindah

Masa kehidupan berburu dan berpindah-pindah memiliki dampak yang cukup besar pada perkembangan manusia. Beberapa dampak tersebut antara lain:

  • Manusia belajar untuk beradaptasi dengan kondisi alam yang keras dan berbahaya
  • Manusia belajar untuk memanfaatkan sumber daya alam secara efektif
  • Manusia mengembangkan keterampilan berburu dan pengumpulan bahan makanan
  • Manusia mulai mengembangkan bahasa dan budaya
  • Manusia mulai mengenal seni dan musik
Pos Terkait:  Shun Apa Itu?

Perbandingan dengan Kehidupan Modern

Perbedaan kehidupan manusia pada masa kehidupan berburu dan berpindah-pindah dengan kehidupan modern sangat besar. Pada masa tersebut, manusia hidup dalam kelompok-kelompok kecil dan terus bermigrasi mencari makanan. Sedangkan pada kehidupan modern, manusia hidup dalam masyarakat yang besar dan kompleks.

Pada kehidupan modern, manusia telah mengembangkan teknologi dan sains yang memungkinkan mereka untuk memahami alam dan memanfaatkan sumber daya alam secara efektif. Mereka juga telah mengembangkan pertanian dan peternakan yang memungkinkan mereka untuk hidup secara tetap di satu tempat.

Kesimpulan

Masa kehidupan berburu dan berpindah-pindah adalah masa ketika manusia hidup dalam kelompok-kelompok kecil dan terus bermigrasi dari satu tempat ke tempat lain dalam mencari makanan. Masa ini terjadi pada periode zaman prasejarah dan masih terjadi pada beberapa masyarakat adat. Meskipun kehidupan pada masa tersebut sangat berbeda dengan kehidupan modern, namun masa tersebut memiliki dampak yang cukup besar pada perkembangan manusia.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *