Listrik Statis: Definisi, Penyebab dan Cara Menghindarinya

Posted on

Anda mungkin pernah merasakan guncangan listrik ketika menyentuh pintu mobil atau keranjang belanjaan di supermarket. Fenomena ini disebut sebagai listrik statis. Listrik statis adalah kondisi ketika muatan listrik tidak mengalir dari satu benda ke benda lainnya atau benda tersebut tidak mampu menghantarkan muatan listrik. Dalam bahasa ilmiah, listrik statis disebut sebagai elektrostatik.

Penyebab Terjadinya Listrik Statis

Ada beberapa faktor yang memicu terjadinya listrik statis. Salah satunya adalah gesekan antara dua benda dengan muatan listrik yang berbeda. Ketika dua benda tersebut bersentuhan, elektron pada salah satu benda akan berpindah ke benda lainnya sehingga terjadi ketidakseimbangan muatan listrik. Hal ini menyebabkan salah satu benda bermuatan positif dan yang lainnya bermuatan negatif.

Contoh lainnya adalah ketika Anda melepas pakaian dari badan. Ketika Anda melepas pakaian, elektron yang terkumpul pada pakaian akan berpindah ke tubuh Anda sehingga Anda akan merasakan guncangan listrik. Hal ini disebabkan oleh gesekan antara pakaian dan tubuh Anda.

Cara Menghindari Terjadinya Listrik Statis

Untuk menghindari terjadinya listrik statis, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut:

  • Pakai pakaian berbahan katun atau wool, hindari pakaian berbahan sintetis.
  • Hindari penggunaan sepatu yang berbahan karet atau plastik.
  • Gunakan pelembab udara di dalam ruangan yang kering.
  • Hindari penggunaan penggosok kain saat mencuci pakaian.
  • Gunakan penghalang listrik atau grounding untuk mengalirkan muatan listrik yang berlebih.
Pos Terkait:  10 Contoh Contoh Fiil Madhi dan Fiil Mudhari'

Kesimpulan

Listrik statis adalah kondisi ketika muatan listrik tidak mengalir dari satu benda ke benda lainnya atau benda tersebut tidak mampu menghantarkan muatan listrik. Penyebab terjadinya listrik statis adalah gesekan antara dua benda dengan muatan listrik yang berbeda. Untuk menghindari terjadinya listrik statis, bisa dilakukan dengan memakai pakaian berbahan katun atau wool, hindari penggunaan sepatu yang berbahan karet atau plastik, gunakan pelembab udara di dalam ruangan yang kering, hindari penggunaan penggosok kain saat mencuci pakaian, dan gunakan penghalang listrik atau grounding untuk mengalirkan muatan listrik yang berlebih.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *