Langkah-Langkah dalam Mendongeng

Posted on

Mendongeng merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Baik bagi si pencerita maupun bagi yang mendengarkan. Namun, agar mendongeng bisa berjalan dengan baik dan menyenangkan, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Berikut adalah langkah-langkah dalam mendongeng.

1. Memilih Cerita yang Akan Diceritakan

Langkah pertama dalam mendongeng adalah memilih cerita yang akan diceritakan. Pilihlah cerita yang tepat untuk usia pendengar. Misalnya, cerita yang mengandung kekerasan atau adegan yang tidak pantas tidak cocok untuk anak-anak kecil.

2. Mempersiapkan Diri

Setelah memilih cerita, persiapkan diri sebaik mungkin. Bacalah cerita tersebut berkali-kali agar Anda paham betul alurnya. Selain itu, persiapkan juga tempat dan suasana yang tepat untuk mendongeng.

3. Mengenalkan Karakter dan Latar Cerita

Sebelum mulai mendongeng, kenalkan terlebih dahulu karakter dan latar cerita kepada pendengar. Hal ini akan membantu pendengar lebih mudah memahami cerita yang akan diceritakan.

Pos Terkait:  Arti Kata Training: Pentingnya Latihan Bahasa untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

4. Mulai Mendongeng dengan Suara yang Jelas dan Menarik

Mulailah mendongeng dengan suara yang jelas dan menarik. Gunakan intonasi yang tepat sesuai dengan suasana dalam cerita. Selain itu, gunakan juga gerakan tubuh dan ekspresi wajah yang tepat untuk membantu menambah kesan dramatis dalam cerita.

5. Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

Pilihlah bahasa yang mudah dipahami oleh pendengar. Hindari menggunakan kata-kata yang sulit atau tidak umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

6. Beri Kesempatan pada Pendengar untuk Bertanya

Setelah selesai mendongeng, beri kesempatan pada pendengar untuk bertanya. Hal ini akan membantu memperjelas cerita yang telah diceritakan dan membantu meningkatkan pemahaman pendengar.

7. Beri Pesan Moral pada Akhir Cerita

Setelah selesai mendongeng, beri pesan moral pada akhir cerita. Hal ini akan membantu pendengar memahami pelajaran yang dapat dipetik dari cerita yang telah diceritakan.

8. Berikan Ucapan Terima Kasih

Sebelum berakhir, berikan ucapan terima kasih kepada pendengar yang telah mendengarkan cerita Anda. Hal ini akan membantu meningkatkan rasa respect dan menghargai pendengar yang telah meluangkan waktu untuk mendengarkan cerita Anda.

9. Lakukan Evaluasi

Setelah selesai mendongeng, lakukan evaluasi terhadap diri sendiri. Evaluasi ini dapat membantu Anda meningkatkan kualitas mendongeng Anda di masa depan.

Pos Terkait:  Tari Saman dari Aceh Memiliki Pola Lantai Berbentuk

10. Latihan Terus-Menerus

Terakhir, latihan terus-menerus adalah kunci untuk menjadi pencerita yang handal. Semakin sering Anda mendongeng, semakin baik pula kemampuan Anda dalam mendongeng.

Kesimpulan

Mendongeng merupakan kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat. Namun, agar mendongeng dapat berjalan dengan baik dan menyenangkan, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Memilih cerita yang akan diceritakan, mempersiapkan diri, mengenalkan karakter dan latar cerita, mulai mendongeng dengan suara yang jelas dan menarik, menggunakan bahasa yang mudah dipahami, memberi kesempatan pada pendengar untuk bertanya, memberi pesan moral pada akhir cerita, memberikan ucapan terima kasih, melakukan evaluasi, dan latihan terus-menerus adalah langkah-langkah dalam mendongeng yang perlu dilakukan.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *