Lambang Lambang Fisika Beserta Satuannya

Posted on

Fisika adalah salah satu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang sifat alam semesta dan fenomena-fenomena yang terjadi di dalamnya. Dalam mempelajari fisika, kita akan sering menemukan berbagai lambang dan satuan yang digunakan untuk mengukur atau merujuk pada suatu besaran. Berikut adalah beberapa lambang dan satuan yang sering digunakan dalam fisika:

Satuan SI

Sistem Satuan Internasional atau SI adalah sistem satuan yang digunakan secara internasional untuk mengukur berbagai besaran fisika. Berikut adalah beberapa satuan SI yang sering digunakan:

Meter (m)

Meter adalah satuan dasar untuk mengukur jarak atau panjang. Satu meter sama dengan jarak yang ditempuh oleh cahaya dalam waktu 1/299.792.458 detik.

Kilogram (kg)

Kilogram adalah satuan dasar untuk mengukur massa. Satu kilogram sama dengan massa dari sebuah silinder platinum-iridium yang disimpan di International Bureau of Weights and Measures di Sèvres, Prancis.

Detik (s)

Detik adalah satuan dasar untuk mengukur waktu. Satu detik sama dengan waktu yang diperlukan oleh getaran atom Cs-133 dalam keadaan tertentu.

Pos Terkait:  Menggambar Model Ditentukan Oleh Apa

Ampere (A)

Ampere adalah satuan dasar untuk mengukur arus listrik. Satu ampere sama dengan arus yang mengalir dalam sebuah penghantar listrik yang memiliki hambatan 1 ohm jika diberikan beda potensial 1 volt.

Kelvin (K)

Kelvin adalah satuan dasar untuk mengukur suhu. Satu Kelvin sama dengan 1/273,16 dari suhu terendah yang mungkin dicapai, yaitu suhu nol mutlak.

Mol (mol)

Mol adalah satuan dasar untuk mengukur jumlah zat. Satu mol sama dengan jumlah partikel (atom, molekul, ion, dll) yang terdapat dalam 12 gram karbon-12.

Lambang Fisika

Selain satuan, dalam fisika juga terdapat berbagai lambang yang digunakan untuk merepresentasikan suatu besaran atau konstanta. Berikut adalah beberapa lambang fisika yang sering digunakan:

v (kecepatan)

Lambang v digunakan untuk merepresentasikan kecepatan. Kecepatan adalah perbandingan antara jarak yang ditempuh dengan waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak tersebut.

a (akselerasi)

Lambang a digunakan untuk merepresentasikan akselerasi. Akselerasi adalah perubahan kecepatan dalam waktu tertentu.

F (gayaberat)

Lambang F digunakan untuk merepresentasikan gayaberat. Gayaberat adalah gaya yang ditimbulkan oleh benda yang memiliki massa terhadap benda lainnya.

G (konstanta gravitasi)

Lambang G digunakan untuk merepresentasikan konstanta gravitasi. Konstanta gravitasi adalah konstanta yang menentukan besar gaya gravitasi antara dua benda dengan massa tertentu.

Pos Terkait:  Bagian Apa yang Ditanam pada Strawberry?

P (daya)

Lambang P digunakan untuk merepresentasikan daya. Daya adalah perbandingan antara energi yang digunakan dengan waktu yang dibutuhkan untuk menggunakan energi tersebut.

E (energi)

Lambang E digunakan untuk merepresentasikan energi. Energi adalah kemampuan suatu benda untuk melakukan kerja.

Satuan Lainnya

Selain satuan SI, terdapat juga beberapa satuan lainnya yang sering digunakan dalam fisika. Berikut adalah beberapa satuan tersebut:

Newton (N)

Newton adalah satuan untuk mengukur gaya. Satu newton sama dengan gaya yang dibutuhkan untuk memberikan akselerasi 1 m/s² pada benda dengan massa 1 kg.

Joule (J)

Joule adalah satuan untuk mengukur energi dan kerja. Satu joule sama dengan kerja yang dilakukan oleh gaya 1 newton yang bekerja sejauh 1 meter.

Watt (W)

Watt adalah satuan untuk mengukur daya. Satu watt sama dengan daya yang dibutuhkan untuk melakukan kerja sebesar 1 joule dalam waktu 1 detik.

Hertz (Hz)

Hertz adalah satuan untuk mengukur frekuensi. Satu hertz sama dengan satu siklus per detik.

Ohm (Ω)

Ohm adalah satuan untuk mengukur hambatan listrik. Satu ohm sama dengan hambatan yang menyebabkan arus sebesar 1 ampere mengalir jika diberikan beda potensial 1 volt.

Coulomb (C)

Coulomb adalah satuan untuk mengukur muatan listrik. Satu coulomb sama dengan muatan yang dilewatkan oleh arus sebesar 1 ampere dalam waktu 1 detik.

Pos Terkait:  Apakah Wantex Bisa Luntur? Jawaban dari Ahli Tekstil

Kesimpulan

Dalam fisika, terdapat berbagai lambang dan satuan yang digunakan untuk mengukur atau merujuk pada suatu besaran. Satuan SI adalah sistem satuan yang digunakan secara internasional, sedangkan lambang digunakan untuk merepresentasikan suatu besaran atau konstanta. Selain satuan SI, terdapat juga beberapa satuan lainnya yang sering digunakan dalam fisika seperti newton, joule, watt, hertz, ohm, dan coulomb. Dengan memahami lambang dan satuan yang digunakan dalam fisika, kita dapat lebih mudah memahami konsep-konsep yang terdapat dalam fisika dan melakukan perhitungan-perhitungan yang berkaitan dengan fisika.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *