Lama Permainan Bola Basket Ditentukan dengan…

Posted on

Bola basket adalah salah satu olahraga yang populer di seluruh dunia. Permainan ini dimainkan dengan dua tim yang masing-masing terdiri dari lima pemain. Tujuan permainan ini adalah untuk mencetak poin dengan melemparkan bola ke dalam keranjang lawan. Namun, berapa lama permainan bola basket itu berlangsung?

Durasi Permainan Bola Basket

Durasi permainan bola basket ditentukan dengan waktu yang terbagi menjadi empat kuarter. Setiap kuarter memiliki durasi yang sama, yaitu 12 menit. Jadi, total durasi permainan bola basket adalah 48 menit.

Namun, perlu diingat bahwa durasi permainan bola basket bisa berubah tergantung pada level dan jenis turnamen yang sedang berlangsung. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi durasi permainan bola basket, seperti aturan, regulasi, dan keputusan pengadil.

Pengaruh Faktor Eksternal

Faktor eksternal juga dapat mempengaruhi durasi permainan bola basket. Contohnya, jika terjadi cedera pada pemain, pengadil dapat memberikan waktu tambahan untuk pemain tersebut untuk pulih atau digantikan. Selain itu, jika terjadi kerusuhan atau gangguan lainnya, durasi permainan bisa diperpanjang atau bahkan dihentikan sebelum waktu yang ditentukan.

Pos Terkait:  10 Perbedaan Prodi dan Jurusan

Di sisi lain, jika permainan berlangsung dengan sangat cepat dan kedua tim tidak melakukan banyak waktu istirahat, maka durasi permainan bisa lebih pendek dari 48 menit.

Menghitung Waktu Bermain

Setiap kuarter dalam permainan bola basket memiliki durasi yang sama, yaitu 12 menit. Namun, waktu bermain sebenarnya dalam setiap kuarter bisa lebih dari 12 menit. Hal ini disebabkan oleh adanya waktu istirahat dan waktu tambahan. Berikut adalah cara menghitung waktu bermain dalam permainan bola basket:

  1. Kuarter pertama dimulai dengan 12 menit waktu bermain.
  2. Setelah 6 menit waktu bermain, terdapat waktu istirahat selama 2 menit.
  3. Setelah waktu istirahat, waktu bermain kembali selama 6 menit.
  4. Kuarter kedua dimulai dengan waktu bermain selama 12 menit.
  5. Setelah 6 menit waktu bermain, terdapat waktu istirahat selama 2 menit.
  6. Setelah waktu istirahat, waktu bermain kembali selama 6 menit.
  7. Kuarter ketiga dimulai dengan waktu bermain selama 12 menit.
  8. Setelah 6 menit waktu bermain, terdapat waktu istirahat selama 2 menit.
  9. Setelah waktu istirahat, waktu bermain kembali selama 6 menit.
  10. Kuarter keempat dimulai dengan waktu bermain selama 12 menit.
  11. Setelah 6 menit waktu bermain, terdapat waktu istirahat selama 2 menit.
  12. Setelah waktu istirahat, waktu bermain kembali selama 6 menit.
Pos Terkait:  Apa Yang Dimaksud dengan Jungle Gym?

Dengan demikian, waktu bermain sebenarnya dalam setiap kuarter adalah 8 menit.

Perpanjangan Waktu

Perpanjangan waktu dalam permainan bola basket terjadi ketika kedua tim memiliki skor yang sama setelah empat kuarter selesai dimainkan. Perpanjangan waktu ini akan berlangsung selama lima menit.

Jika setelah lima menit waktu perpanjangan habis dan skor masih sama, maka akan ada perpanjangan waktu tambahan dengan durasi lima menit lagi. Proses ini akan terus berlangsung hingga salah satu tim berhasil mencetak poin dan memenangkan pertandingan.

Kesimpulan

Secara umum, durasi permainan bola basket adalah 48 menit, yang terdiri dari empat kuarter masing-masing 12 menit. Namun, faktor eksternal seperti cedera, kerusuhan, atau waktu bermain yang cepat dapat mempengaruhi durasi permainan. Jika terjadi skor imbang setelah empat kuarter, maka akan ada perpanjangan waktu dengan durasi lima menit.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *