Komponen Pompa Injeksi Tipe In Line: Fungsi dan Cara Kerja

Posted on

Pendahuluan

Pompa injeksi adalah komponen penting dalam sistem bahan bakar diesel. Pompa injeksi bertugas memompa bahan bakar dari tangki ke ruang bakar mesin. Salah satu jenis pompa injeksi yang umum digunakan adalah tipe in line.Pada artikel ini, kita akan membahas tentang komponen-komponen yang terdapat pada pompa injeksi tipe in line. Mari kita simak bersama!

Komponen Utama Pompa Injeksi Tipe In Line

Pompa injeksi tipe in line terdiri dari beberapa komponen utama, di antaranya:

1. Casing Pompa

Casing pompa adalah bagian luar dari pompa injeksi yang berfungsi sebagai pelindung dan penahan komponen-komponen lain di dalam pompa. Casing pompa biasanya terbuat dari logam tahan karat yang kuat.

2. Rotor

Rotor adalah komponen yang berputar di dalam casing pompa. Rotor terdiri dari beberapa bilah yang berbentuk seperti baling-baling pesawat. Ketika rotor berputar, bilah-bilah ini memompa bahan bakar dari tangki ke ruang bakar mesin.

Pos Terkait:  Mengapa Membaca Disebut Jendela Dunia

3. Plunger

Plunger adalah komponen yang berfungsi untuk memampatkan bahan bakar yang dihisap oleh rotor. Plunger umumnya terbuat dari logam tahan karat yang kuat dan dilengkapi dengan seal untuk mencegah kebocoran.

4. Camshaft

Camshaft adalah poros yang berputar di dalam casing pompa. Camshaft berfungsi untuk menggerakkan plunger agar dapat memampatkan bahan bakar dengan tepat.

5. Spring

Spring adalah komponen yang digunakan untuk menahan plunger agar tidak bergerak terlalu jauh. Spring juga berfungsi untuk mengembalikan plunger ke posisi semula setelah melakukan pemampatan.

Cara Kerja Pompa Injeksi Tipe In Line

Sekarang kita akan membahas tentang cara kerja pompa injeksi tipe in line. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Hisap

Pada langkah pertama, rotor akan berputar dan menghisap bahan bakar dari tangki. Ketika rotor berputar, bilah-bilahnya akan membuka dan menutup lubang hisap pada casing pompa.

2. Pemampatan

Setelah bahan bakar terhisap, plunger akan bergerak ke atas dan memampatkan bahan bakar yang masuk ke dalam ruang plunger. Gerakan plunger ini dikendalikan oleh camshaft yang terhubung dengan rotor.

3. Injeksi

Setelah bahan bakar terpampat dengan tepat, plunger akan turun dan membuka lubang injeksi pada casing pompa. Bahan bakar akan keluar dari lubang ini dan masuk ke dalam ruang bakar mesin.

Pos Terkait:  Kerajaan Makassar Merupakan Gabungan dari Dua

Kesimpulan

Pompa injeksi tipe in line memiliki beberapa komponen utama, seperti casing pompa, rotor, plunger, camshaft, dan spring. Cara kerja pompa injeksi tipe in line meliputi tahap hisap, pemampatan, dan injeksi.Dengan memahami komponen dan cara kerja pompa injeksi tipe in line, kita dapat memperbaiki atau memperbaiki masalah yang terjadi pada sistem bahan bakar diesel. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *